Berbagai Khasiat Daun Kemangi

Posted: September 28, 2007 by Eva in Kesehatan

daun kemangi

Berbagai Khasiat Daun Kemangi

KEMANGI (Sunda: surawung) tidak asing lagi bagi kita, sering kita jumpai
di pasar tradisoinal ataupun dipajang di rak-rak pasar swalayan yang
dijual dalam ikatan-katan kecil. Harganya bisa dibilang relatif murah,
kita biasa membelinya sekadar untuk lalap atau sebagai bumbu aromatik
dalam masakan.
Kemangi merupakan anggota famili lamiaceae yang berarti kelompok tanaman
dengan bunga berbibir. Nama genus kemangi adalah ocimum yang berarti
tanaman beraroma. Aroma khas tersebut muncul dari daunnya. Kemangi
berkerabat dekat dengan tanaman selasih (ocimun sancium), daun mint
(mentha arvensis), dan daun bangun-bangun alias daun jinten (coleus
amboinicus). Daun mint di Sunda dikenal dengan karesmen, lazim dilalap
mentah. Kerabat yang paling dekat dengan kemangi adalah basil (ocimun
amboinicus).

Di Jakarta, basil segar hanya dijual di pasar swalayan yang dikemas
dalam wadah tabung kecil. Daun basil banyak digunakan sebagai bumbu
aromatik untuk campuran masakan Italia, seperti saus sphagetti atau saus
pizza. Tanaman basil inilah yang kemudian menurunkan bermacam-macam
varietas kemangi.

Kemangi yang ada di Indonesia bernama botani ocimum basillicum. Karena
tumbuhnya menyemak, kemangi dikelompokkan dalam kelompok basil semak
(bush basil).

Di Jakarta, kemangi lazim digunakan dalam sajian khas Betawi, seperti
laksa ataupun nasi ulam. Di Jawa Barat, kemangi alias surawung digunakan
dalam beragam masakan Sunda yang lezat seperti ulukutek oncom leunca
(tumis leunca), pais lauk (pepes ikan), laksa bogor ataupun karedok.
Sementara di daerah Jawa Timur, daun kemangi disajikan dengan nasi
krawu, botok, trancam (urap), pencek tempe ataupun ikan bumbu pesmol
yang rasanya kurang pas dan juga kurang nikmat tanpa daun kemangi. Dalam
khazanah masakan khas Menado — seperti bubur gurih komplet — dibubuhi
kemangi sebagai pelengkap sajian.

Di India dan sebagian wilayah di Afrika, seduhan ”teh kemangi” lazim
disajikan menggantikan seduhan daun teh asli. Minuman tersebut biasanya
disajikan pada saat pergantian musim, yaitu ketika orang mudah terserang
batuk, pilek, ataupun demam.

Berbeda dengan di Eropa, di sana kemangi disuling dan diambil minyak
atsirinya. Minyak atsiri kemangi banyak digunakan sebagai bahan campuran
pembuatan obat ataupun untuk perawatan tubuh seperti sabun mandi, biang
parfum, body lotion, minyak gosok, permen pelega tenggorokan, dan juga
minyak aroma terapi.

Menurut ”Daftar Komposisi Bahan Makanan” Direktorat Gizi Departemen
Kesehatan RI, kemangi termasuk sayuran kaya provitamin A. Setiap 100 g
daun kemangi terkandung 5.000 SI vitamin A. Kelebihan lainnya, kemangi
termasuk sayuran yang banyak mengandung mineral kalsium dan fosfor,
yaitu sebanyak 45 dan 75 mg per 100 g daun kemangi.

BANGSA kita telah lama mengenal kemangi sebagai makanan fungsional yang
lezat sekaligus berkhasiat obat. Secara turun-temurun, kemangi
dimanfaatkan untuk mengatasi perut kembung atau masuk angin. Apabila
bayi dan balita Anda menderita kembung atau demam, oleskan saja remasan
kemangi bersama bawang merah dan minyak kelapa pada bagian perut, dada,
dan punggung (karena bayi belum bisa makan).

Apabila kita menghadapi masalah-masalah dengan bau badan, bau mulut,
atau ASI macet, dapat diatasi dengan membiasakan diri mengonsumsi lalap
kemangi segar. Cara lainnya, minum air perasan daun kemangi yang telah
dihaluskan bersama daun beluntas dan daun kunyit. Dalam buku ”A
Dictionary of Practical Material Medical”, John Henry M. menyebutkan,
sari daun kemangi berkhasiat menyembuhkan diare, nyeri payudara, batu
ginjal, gangguan pada vagina, dan juga dapat mengatasi albuminaria,
yaitu adanya konsentrasi albumin di dalam urin.

Menurut tim peneliti dari Center for New Crops and Plant Products,
Purdue University, AS, daun kemangi terbukti ampuh untuk menyembuhkan
sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, dan gangguan ginjal.
Mereka pun mengemukakan keampuhan pengobatan menggunakan daun kemangi,
yaitu dapat mengatasi sakit maag, perut kembung, masuk angin,
kejang-kejang, dan badan lesu. Selain itu, aroma kemangi dapat menolak
gigitan nyamuk.

Sejak zaman dahulu, kemangi disuling untuk diambil sari minyak
atsirinya. John Henry menggolongkan minyak kemangi sebagai minyak atsiri
tinggi. Artinya, aroma kemangi segera hilang setelah 24 jam dioleskan ke
tubuh. Sebagai perbandingan, minyak atsiri katagori sedang, akan hilang
aromanya setelah 3 hari dioleskan, sedangkan minyak atsiri katagori
rendah, aromanya hilang setelah seminggu.

Minyak atsiri kemangi dapat digunakan untuk pijat aroma terapi karena
minyak atsiri kemangi dapat meringankan dan menyegarkan tubuh. Namun,
wanita hamil dilarang menggunakannya karena dikhawatirkan dapat
menyebabkan terjadinya keguguran.

Selain itu, minyak kemangi berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan
seperti salah cerna, muntah-muntah, infeksi usus, radang lambung, serta
gas dalam usus. Juga, gangguan kepala (seperti sakit telinga, demam,
sakit saluran hidung, migrain), gangguan otot (kejang-kejang atau kram),
dan gangguan saraf (kecemasan, depresi, histeria, lemah saraf, insomia).

Bagi pria, kemangi ada juga manfaatnya. Senyawa 1-8 sineol dalam kemangi
dapat mengatasi masalah ejakulasi prematur. Apigenin fenkhona dan
eugenol-nya dapat memudahkan terjadinya ereksi. Sementara zat arginin
yang terkandung dalam kemangi bisa memperkuat daya hidup sperma dan
mencegah kemandulan.

Sementara bagi wanita, kemangi termasuk makanan sehat yang sangat
bermanfaat. Kemangi kaya senyawa anetol dan boron yang merangsang hormon
estrogen, sedangkan senyawa eugenolnya dapat membunuh jamur penyebab
keputihan. Zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel
telur (ovulasi), tannin, dan sengnya mengurangi sekresi cairan vagina.
Zat triptofan bisa menunda monopause. Kemangi memang bukan sayuran
biasa, jadi jangan remehkan kemangi. (Sisca Dharmayanti)

Pikiran Rakyat Cyber Media

Advertisements
Comments
  1. alhakim says:

    Tidak menyangka ternyata kemangi banyak manfaatnya ya. Nice Info 🙂

  2. hera says:

    mengkomsumsi daunn kemangi bagi orang yang memiliki asam urat dilarang, apakah hal tersebut benar ? kandungan apa yang dimilikinya sehingga dilarang ???

  3. inov says:

    katanya daun kemangi bisa menghlangkan bau badan mang bener ya???truz bisa menghilangkan bintik hitam pada wajah ???

  4. denie says:

    mang bnr y klo daun kemangi tu mengandung m.atsiri?knp g dsbutkn kandunganx tu brp persen?trz kndungan pa ja yg ad d m.atsirix?dg cr ap y biar dpt kandungan trbxk m.atsirix?thx b4.

  5. Pandu says:

    wah..wah.. ternyata selama ini ak ngga rugi nih coz saya suka daun kemangi sbg lalapan.
    Tapi LEUNCA juga bisa untuk obat lho.. coba liat di : http://www.denmas.co.cc

  6. Putrie says:

    Kira2 daun kemangi bisa buat antibiotik gak ya??

  7. indra says:

    pantesan gue selalu perkasa diranjang (kata nyonya gue seh..) gue baru sadar karna gue hobi lalapan kemangi

  8. vizi says:

    emang enak banget daun kemangi……makan pake sambel donk aja enak bgt

  9. anik says:

    katanya kemangi dapat digunakan sebagai obat diare?kandungan apa yang dapat digunakan untuk hal itu?

  10. nugrooho says:

    saya juga lagi coba nanam kemangi ini di pot, tapi yang ditanam langsung ditanah hasilnya kurang bagus, kena apa, ya ?
    Mohon informasi.
    Terima kasih.
    Nugroho.

  11. Onick says:

    Pa kah udah terbukti kemangi bisa perkuat daya tahan sperma,beneran memprimakan kualitas sperma

  12. nia says:

    apakah daun kemangi bisa digunakan sebagau obat penenang atau bersifat sedatif?

  13. nayakaku says:

    Ada efeknya ga ya klo wanita hamil suka makan daun kemangi?

  14. ida says:

    weleeeh….welwh, baru tahu ternyata buanyak banget manfaat daun kemangi. mudah dan murah didapat dan ditanam. thks

  15. Klu aku makan pecel lele,pasti pesen,yg buaaaanyak ya bg kmanginy…hehe..

  16. YENNY says:

    WOW…!!!

  17. utik says:

    memang daun kemangi itu bnyk khasiatnya,apa klw terlalu bnyk mengkonsumsi daun kemangi g’ ada bahayanya?

  18. fahimah makruf says:

    alhamdulillah……ternyata ndak sia2 aku suka makan kemangi buat lalapan……

  19. dephie says:

    kebetulan akue gag suka ma kemangi,,
    tao dech rasanya kayak paw. . .
    whatever. . . !!!

  20. […] dapat dijumpai dengan mudah saat kita makan pecel ,ayam penyet, nasi ulam (Betawi) atau karedok (Sunda). Namun jangan buru-buru menyisihkannya ke pinggir piring. Ada banyak manfaat yang diperoleh bila […]

  21. wirna says:

    kalo bwt ngubatin maag gmn crx?

  22. tira says:

    kemanggi juga bisa dibuat kripik kemangi buat camilan , jadi bukan untuk lalapan saja.

  23. Priyo says:

    thanks atas infonya

  24. Sonnet martin says:

    semua daun lalap pasti ada manfaatnya,alhamdulillah saya suka semua…cayo…budayakan makan yang hiaju–hijau biar kita bugar khususnya daun kemangi ini

  25. mahardika says:

    thanks infonya…..kadang gak tau yaw yang masuk ke mulut banyak manfaat atau g…ternyata daun kemangi banyak manfaat juga….

  26. euis says:

    selain itu kalo qt sering makan kemangi sebagai lalap insyaalloh jerawat pun akan hilang tp butuh waktu lama ngk instan lho…..

  27. san says:

    Nice info…
    makasih ya

  28. rizky hadi says:

    wah keknya saya harus rajin2 makan daun kemangi nih kl buat sambel hehehe…baunya enk + khasiatnya banyak…

  29. rie_fha says:

    katanya kemangi dapat menghilangkan bau yangberada pada tubuh,
    misal:bau mulut,bau badan dLL
    apa benar????????

  30. untung says:

    Allhamdulillah, jadi tahu saya kasiat kemangi. ayo kita tanam di setiap jengkal tanah. Kasih tahu juga kakek nenek yang tidak sempat buka laptop.

  31. luzfi says:

    daun kemangi kalau di makan sebelum makan akan menghilangkan rasa lapar karena rasanya pahit pahit pedes

  32. luzfi says:

    daun kemangi di makan dg akarnya akan membentuk otot otot badan yang gempal

  33. nadilahne says:

    ternyata banyak sekali ya khasiat daun kemangi ini

  34. tuti says:

    aku nanya khasiat daun basil, karena aku suka buat pasta … tapi malahan banyak mengupas daun kemangi … lho ….

  35. man U says:

    waduh jadi kpengen maem bebek goreng nie. . . .
    ditmbh sambel yang maknyus dan kemangi yang seedap p p p. . . . .

    jd ngiler nie. . . . . . . . . . . . .

  36. man U says:

    waduh jadi kpengen maem bebek goreng nie. . . .
    ditmbh sambel yang maknyus dan kemangi yang seedap p p p. . . . .

    jd ngiler nie. . . . . . . . . . . . . . .

  37. Copii says:

    wah… I love kemangi.

  38. PRace Loco says:

    mas SEkiRANya kHASIAT daUn KEmangI bOLEH diM MAkan 4* seHARi Atau lEbiH mas?

  39. Dewi Yunita says:

    Disamping ada khasiatnya apakah Daun Kemangi juga dapat menyebabkan linu yang cenderung menyebabkan asam urat. Apakah benar begitu, karena saya sangat menyukai Daun Kemangi. Mohon penjelasan

  40. Effiyandri says:

    TQ

  41. Lia.Maratus says:

    Wah pas banget nich… sy paling suka banget makan kemangi,.. ternyata banyak khasiatnya juga ya,..
    Thank’s ya infonya….

  42. anggra says:

    emang bener y law kemangi tu berkhasiat tuk mengurangi bau badan

  43. ERMA says:

    apa sihh khasiat daun kemangi buat wajah?
    apakah bnar bisa menghilangkan flek hitam dan jerawt?

  44. ita says:

    saya sangat suka lalap kemangi. Ternyata banyak khasiatnya ya…
    Tapi apa benar kemangi bisa menyebabkan keputihan? Terimakasih sebelumnya… ^_^

  45. darish says:

    Kemangi ditanam ditanah yg berpasir.. insyaallah akan subur.

  46. kleine says:

    Kemangi hebat, tapi terus terang saya kaget setelah dapat referensi dari wikipedia id, bahwa kemangi juga mengandung estragol yg bersifat karsinogen (pemicu kanker) pada hewan percobaan meskipun belum diujicoba pada manusia. Benarkah demikian? mohon pencerahan dari yg mengerti.

    ref: http://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi

  47. sasaaarrii says:

    tararingkyu yaaCcc imfomya

  48. vivi says:

    dlu ny saya krng suka dengan kemangi karna bagi saya bau nya kurang mengenakkan..
    dan temn sya bilng manfaat kemangi itu bgus lo,,akhirny saya belajr untk menyukai kemangi wlaupun pada awal ny tidak menyukai bau ny,,dan sekarng karna bau ny saya menikmati hidangn kemangi tersebut

  49. REZA says:

    daun kemangi sekarang sudah jarang kira-kira kalau ingin mendapat kan kemangi nyarinya dimana ya….

  50. tri boes says:

    saya terinspirasi untuk merebus mie instan dengan daun kemangi, ternyata saya jadi ketagihan ama aroma kuahnya

  51. saya mula mengenali daun kemangi ketika belajar di USU medan, disana kami selalu dihidangkan dengan ulam daun kemangi. sangat baik untuk kesihatan. jika kita sedang mengalami batok. ambil terus daun tersebut dan kunyah2 kan hingga hancor dan telan saja. insyaallah, batoknya akan mula berkurang. amalkan selalu. lain2 nya yang satu tahu dan gunakan apabila kita selalu makan daun kemangi maka peluh kita tidak berbau busok. peluh kita segar selalu, walaupun kekadang kita tidak mandi mandi acap kali.

  52. saya mula mengenali daun kemangi, ketika belajar di usu medan. tika membuat kursus berkelanjutan disana. sangat enak di buat ulam, telah mengamalkannya dan tanam dengan subor di pasu2 di rumah. baik untuk yang batok, cuma ambil yang segar2 terus kunyah2 dan telah saja. amalkan selalu, insyaallah batok akan terus berkurangan. selain dari itu kemangi juga baik untuk membuang bau peloh kita yang kurang senang di hidu olah sesiapa pun. jika mengamalkannya maka bau peluh kita agak segar dan tidak berbau tengit walaupun kita tidak kerap mandi. semoga anda boleh mencubanya. pokok nya mudah hidup, cuma taborkan bunganya yang dah kering sebagai permulaan. khasiat yang lain saya sedang mencari lagi. tunggu………………..

  53. shakty says:

    oooohhhh gt to…..Mksh infonya go kemangi go

  54. gmana cara meramu nya untuk sperma

  55. Aryan Mulyadi says:

    Daun kemangi sih kesukaan saya sejak kecil, aromanya itu lho yang memancing nafsu makan sebagai lalapan atau pelengkap makanan pepes-pepesan. Karena terlalu gemar akan daun kemangi, kadang dikunyah saja sudah mengatasi kerinduan akan daun kemangi ini. Thanks juga ya, buat rekan2 yang sudah mengulas manfaat tumbuhan ini, yang jarang ditemui ditempat lain , selain di negara tercinta kita Indonesia dengan tanah yang subur lohjinawi …amin, terima kasih Tuhan atas anugerah pada negeri Indonesia.

  56. mohamad ridwan says:

    aku suka tapi ga berani makan banyak karena baunya yang kurang menarik di hidung

  57. pulzzahut says:

    sering di abaikan saat makan lalapan di warung

  58. rose says:

    salam perkenalan buat bu eva. makasih atas info daun kemangi. bu eva netap di mana. saya bisa kangan sama ikan gurame bakar dan burung dara di sertai lalapan daun kemangi. dan membuatkan saya ingin sering ke indonesia.

  59. tundungmediun says:

    budayakan tumbuhan2 yang sejak dulu dah ada di bumi pertiwi tercinta ini,kemangi,kenikir,beluntas,bayam,…………………..hemmm, BEBEK GORENG….ckckckckckckck..Uuueeenaaaaakkkkkk tenan.

  60. dion says:

    ada daun kemangi yang baunya kayak mint…….

  61. bluizzy says:

    kemangi banyak manfaatnya ya, nice info 🙂

  62. sarwo says:

    rasanya yang khas , aromanya seger, ..badan jadi ikutan seger cobalah mengkonsumsi lebih dari 7 pucuk hangat dibadan tadinya mau pilek Alhamdulilah gak jadi pileknya

  63. zeefah says:

    Aku memiliki banyak daun kemani di rumah, kira – kira berapa banyak daun dibutuhkan untuk membuat minyak kemangi. sungguh info dari mbak sisca berharga sekali. thanks

  64. tontumobeh says:

    kalau kebanyakan makan kemangi emang ga bgus juga ya?

  65. jhuzhy aja dech says:

    Waaaah… Kebtuln Nich… Aq suka bangt daun kemangi di + dengn ayam goreng & smblnx…
    mantp… Mantp…

  66. Linda Amd Ak says:

    saya bnyk brosing katanya ekstrak daun kemangi bsa menghambat pertumbhn jamur panu. soalnya kemngi ktanya bisa menyembuhkan panu. klo bnar kndungan apa yang bsa menghambat pertumbhan jamur dalm daun kemngi trsbt

  67. tia Roti says:

    waw banyak bgt manfaat kemangi

  68. indra.ansori says:

    assalamualaikum..mau tanya..benarkah kalau kemangi itu tidak boleh di komsumsi untuk penderita asamurat? untuk mengobati penyakit asamurat tanaman apa yg dapat menyembuhkannya?. terimakasih imfonya wassalam..

  69. andipandora says:

    artikelnya lengkap tentang daun kemangi, sangat bermanfaat

  70. hafni says:

    bisa ngga daun kemangi di jadikan sebagai anti nyamuk (repellent)

  71. mila says:

    banyak juga ea manfaatnya,.

  72. muhas says:

    makasih banyak infonya ini sangat bermanfaat bagi kami

  73. anna says:

    Ok… Bgs.Sbnrny sich aq g bgtu sk,tp stlh bc artikelny jd mau coba abiz bnyk m’faatny.He..he..aq g sk rasany,makany smbl byngin lg maem ayam goreng kali yeee¤¤¤.Emmmm sedaaaaapnya!!!Ksh th tipsny donk biar g getir d lidah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s