Banyak Jalan Menuju Sukses Berbisnis

Posted: January 14, 2008 by Eva in Inspirasi

Banyak Jalan Menuju Sukses Berbisnis

Sebagai jurnalis di Majalah SWA yang hampir tiap minggu bertemu entrepreneur sukses dari skala UKM hingga konglomerat, saya sering ditanya sobat-sobat dan kawan yang baru merintis bisnis sendiri. “Dari pertemuan dan perkenalan dengan mereka, apa sih sebenarnya rahasia sukses bisnis mereka? Kenapa sih kok mereka itu bisa sukses dan bisnis mereka bisa membesar hingga skala korporasi?”.

Terus terang, tidak mudah menjawab pertanyaan seperti ini. Jawabannya bisa puluhan halaman. Tapi kalau kalau saya boleh memberikan beberapa catatan kecil,  dari yang saya dapatkan informasinya, bahwa jalan menuju sukses itu bisa berbeda-beda, sesuai pengalaman dan konteks bisnisnya masing-masing. Ada yang mengatakan kunci sukses berbisnis adalah ‘menjaga kepercayaan karena dari dipercayalah kemudian muncul trust dari para mitra kita, termasuk pembeli”. Biasanya mereka yang mengatakan seperti ini bisnisnya di bidang jasa dan bisnis banyak berurusan dengan klien-klien besar secara B2B. Dua kenalan saya yang satu kontraktor bisnis pertambangan dan satunya pengusaha kurir sama-sama mengatakan ‘kunci sukses ialah menyenangkan orang lain dan menjaga hubungan baik”. Bisa jadi karena dia banyak pelanggan korporat dan pekerjaan dia harus menservis setiap demand dari klien — dalam artian positif, bukan menyogok.

Sementara kawan yang bisnisnya garmen, fashion, dan consumer good, cenderung mengatakan, “inti sukses berbisnis ialah membangun merek, membangun nama baik di hadapan semua konsumen”.  Karena itu tahapan tersulit ialah membangun merek dari produk kita agar dikenal konsumen secara luas, diakui sebagai produk yang baik dan dibeli. Pendapat ini tentu saja juga betul, sesuai konteks industri yang digeluti.

Bahkan diantara sesama pengusaha yang bisnisnya sama-sama B2B, atau sama-sama ritel ke mass consumer pun pendapatnya masih bisa berbeda-beda. Karena momentum sukses dari masing-masing orang itu juga beragam. Kalau ada diantara kawan- kawan yang sudah membaca buku baru terbitan Gramedia “10 PENGUSAHA YG SUKSES MEMBANGUN BISNIS DARI 0” tulisan saya (Sudarmadi), mungkin bisa lihat contoh Pak Roni Lukito, pengusaha tas dari Bandung.

Pak Roni ini punya merek tas yang amat terkenal di Indonesia seperti Exsport, Eiger, Bodypac, dll. Beliau hanya lulusan STM tapi sukses dan punya ribuan karyawan. Nah, saya lihat momentum yang membuat beliau bisa berkembang itu setelah dia diterima sebagai pemasok di Matahari. Untuk bisa diterima sebagai pemasok Matahari ia ditolak 13 kali, tapi terus mencoba dan kemudian setelah 13 kali baru berhasil diterima. Dari sinilah ia mulai mendapatkan ‘ruang’ untuk membuktikan bahwa produknya memang baik dan digemari konsumen. (Catatan: Pak Roni ini pengusaha sukses yg sangat low profile yang tidak pernah diwawancara media, makanya profilnya nggak pernah kelihatan di media massa. Saya beruntung sekali bisa dipercaya beliau sehingga mau saya profilkan).

Saya lihat, meskipun beliau ini sekarang bisnisnya sudah bermacam-macam, termasuk sukses membangun proyek perumahan mewah di Bandung dan bahkan punya klub pacuan kuda dan segala fasilitas lapangannya, namun momentum yang membuat dia sukses ialah ketika ia diterima sebagai pemasok Matahari saat merintis bisnis tas itu. Karena dari situlah jalannya menjadi lebih lempang dan cepat. Saya kira tugas kawan-kawan yang ingin sukses membangun usaha sendiri ialah ‘menemukan momentum’ seperti itu dan kalau sudah ketemu lalu menggenjotnya’. Kalau istilahnya Hermawan Kertajaya, menemukan G-Spot-nya. Kita tidak boleh lelah mencari ‘kendaraan’ agar bisa menemukan momentum seperti itu.

Tentu saja kita juga harus selalu rendah hati untuk belajar dari banyak orang. Entah kebetulan atau tidak, ternyata sebagain besar pengusaha sukses yang saya temui, juga sangat menyukai bacaan-bacaan baru dan buku-buku yang menginspirasi, seperti biografi mereka-mereka yang telah terbukti sukses. Mereka rajin menggali inspirasi dari berbagai sumber, baik dari pelakunya langsung atau pihak lain yang tahu seperti para konsultan. Contohnya pengusaha kurir, Pak Budiyanto yang juga diprofilkan di buku  ’10 Pengusaha Sukses…” ini,  ternyata beliau sudah sangat sering membaca profil pengusaha-pengusaha sukses sejak masih mahasiswa D3 UGM. Entah dari buku, majalah, koran, dll. Saya kira pilihan ‘suka membaca’ seperti itu bisa dimengerti karena bagi kita sendiri mungkin belum tentu bisa ketemu pengusaha besar si A, B, dan C — kalau harus mendengar dia ceramah di sebuah sesi seminar mungkin biayanya diatas Rp 2 juta — namun kita bisa mengakses lebih murah cara-cara berpikir dan kiat mereka dari hasil wawancara dengan media tertentu atau buku.

Disini, message-nya, sebenarnya orang sukses itu ialah orang mau berendah hati untuk selalu belajar, bisa dari buku-buku bacaan dan media massa, bisa juga dari pembicaraan langsung dengan pengusaha yang telah lebih dulu sukses.

Dan tentu saja juga orang yang selalu berusaha terus-menerus tanpa putus asa. Ibarat batu, sekeras-kerasnya batu kalau tiap hari kena tetesan air, lama-lama akan tergerus juga dan lama-lama batu itu bisa habis. Kita semua ini adalah air yang terus menetes itu. Selama kita tidak pernah lelah untuk ‘menetes’ maka yakinlah bahwa batu-batu itu akan habis. Dan jangan lupa, dalam setiap mengeluarkan ‘tetesan’ itu seraya bersyukur dan mengingat Sang Pencipta agar semua tetesan kita diberkahi. Jangan sampai kita sukses berbisnis tapi hati kita gersang kan?…

Semoga usaha kawan2 semua sukses sesuai rencana dan diberkati. Amin.

Salam hormat

Sudarmadi (Darma) dikutip dari Milis Inspirasi

Advertisements
Comments
  1. Arsyad Salam says:

    istilah entrepreneur mengingatkan saya pada segelintir pengusaha Indonesia yang bersafari dan masih muda2 tapi sukses luar biasa..
    artikel ini menarik karena disertai contoh2 dekat dengan penulis
    Salam

  2. Eva says:

    Terimakasih pak Arsyad atas komentarnya salam kenal.

  3. ninu says:

    klo bisa dsni dterangkan jga langkah2nya dari 0 sampai suksesnya dari salah satu usaha yang sukses dicapainya, makasih tetap sukses

  4. marda suwetno says:

    bagaimana cara nya mencari mitra..saya orangnya agak pemalu..dan bgaimana punya uang..

  5. anton says:

    artikelnya menarik bgt, sy setuju sekali. Bisnis itu bisa dipelajari.. Sekarang pertanyaannya, apakah Berbisnis itu suatu pilihan atau suatu keharusan?

  6. Septiardi says:

    Wah bagus banget. Tambah lagi donk artikel kiat suksesnya.

  7. terima kasih mas artikelnya , sangat memotivasi yang ingin terus berwiraswasta , Sukses terus buat para wiraswasta indonesia . A…min…

  8. nizam says:

    wah kiatnya oke tuh…sukses untuk kita…

  9. amri says:

    mau dund jadi orang sukses

  10. kova says:

    sukses bwt tulisan’y…..
    Pak saya mau belajar jadi pengusaha tapi saya tidak punya suhu,bisa bapak bantu saya…saya ingin sekali belajar untuk maju…mohon petunjuk..terima kasih pak

  11. Remon says:

    terima kasih atas inspirasinya

  12. Ade says:

    Luar biasa adakah lagi tulisan mengenai langkah2 memulai entrepreneur?

  13. anggalia says:

    Saya setuju jika kita ingin sukses memang kita harus senantiasa berusaha, melakukan improvement dengan belajar dan yang lebih penting haruslah diiringi dengan doa

    Dengan tulisan ini saya merasa termotivasi untuk maju begitu juga ketika saya membaca tulisan di blognya Pak Joko Susilo

  14. Hartono says:

    siap laksanakan

  15. Edy says:

    seperti proses yang sedang saya alami. mencari dan terus mencari jalan untuk menjadi enterpreneur walaupun dengan modal 0 rupiah. tapi saya yakin akan menemukan jalan itu, karena semua proses yang aku jalani ini semuanya mengarah ke sana, ternyata begitu banyak kesempatan yang terbuka.

    saya pasti sukses, karena kesuksesan saya benar benar akan saya dedikasikan untuk orang orang yang benar benar membutuhkan pertolongan saya nantinya.

    Salam sukses

  16. […] Banyak Jalan Menuju Sukses Berbisnis « Torehan Kisah dan Perjalanan […]

  17. deby setyo prabowo says:

    bagaimana sih orang2 kok bisa sukses,gimana sih caranya jadi orang yang sukses?????????

  18. arnie says:

    thx. more dong!!

  19. Agnes says:

    Mksh mas infonya..
    Saya punya semangat yang tinggi untuk berbisnis dan tulisan ini membuat saya lebih termotivasi, tapi saya bingung bagaimana memulainya dan bagaimana agar bisa berhasil… mksh..

  20. ManChE says:

    Sukses slalu buat smuanya…

  21. putu sugara says:

    wah bagus bgt pak…sangat memotivasi…a puna bisnis kecil”an ya lumayan lah buat nutupin uang kuliah…tapi bisnisnya keliatannya dilarang,a bantu buat skripsi temen” n adik kelas, ya biar terus menerus aku buat tim gt biar gak musiman
    Aku perlu ide ni, mwna a mw berbisnis yg legal lah mungkin masih seputar seperti bisnisku ini, bisa bantu gak pak??
    Belakangan ini a juga tertarik dengan bisnis properti, tapi gmn yaa modal n ilmuku terbatas,,ada si modal dikit tapi ya namana bisnis kan perlu trik n strategi buat meminimalikan kerugian,,bisa bantu gak??
    ato mas punya ide bisnis yg lain gak, seputar properti or dunia pendidikan.
    AKU harap mas bisa berbagi ilmu n ide.
    tolong ya dikirim ke emailku (putusugara@gmail.com)

    terimakasih sebelumnya…

  22. Suyoto says:

    banyak orang yang menginginkan dirinya sukses , dengan langkah apapun akan dilangkauinya.
    jadi, cita-cita ingin sukses memang harus melalui beberapa hal. ……………….

    salam sukses

  23. Amy says:

    Bgmana caranya spy sukses di bidang kecantikan atau salon..trims.

  24. sujito says:

    poin meskipun bisnis jangan sampai hati kita gersang saya setuju banget dengan itu tuhan selalu memberi jalan terbaik buat kita

  25. Ika says:

    Terima Kasih,,,artikelnya bagus, belakangan ini saya sedang ingin sekali berbisnis. Tapi rasanya binggung mau menjalankan bisnis apa. Sekarang ini saya masih kuliah, kira-kira bisnis apa yang cocok,,,? Mohon bantuannya…

  26. Fandi Sufis says:

    wah bgus nih artikel……..trimakasih ya

  27. Fandi Sufis says:

    wah bgus nih artikel……..
    smoga ini artikel byk mamfaatx bagi yang lagi putus asa
    termasud saya

  28. Bisnis Mudah says:

    Tetap semangat dalam menjalani hidup ini..
    karena kita tidak tau apa yang akan terjadi pada diri kita di masa depan,, maka teruslah semangat untuk mendapat kesuksesan di dunia dan akhirat…
    🙂

  29. Jajang supriatna says:

    wah pak,,,,,,,klo bukan karena bapak menulis artikel ini saya tidak tau yang punya merek tas eiger itu ,ternyata pengusaaha asal bandung,,,,saya juga ingin sukses seperti beliau,,,,,,dan yang paling penting pak,saya gak mau menjadi orang miskin,karn miskin itu tidak enak pak???// sakit rasanya…

  30. saya juga pasti bisa seperti pak Roni Lukito,,,,,,,,,,,

  31. fineke says:

    artikel keren..bisa dijadikan penyemangat

  32. rey oktonar says:

    tolong dong kasih resepnya buat sukses?soalnya aku bingung mau bisnis apa di bangka?tolong ya………………..

  33. suyoto says:

    sukses slalu…..trimakasih

  34. kiat sukses says:

    sangat inspiratif bangat!! artikel yang seperti ini yang seharusnya banyak di publish, biar lebih banyak yang termotivasi. sukses mas.. di tunggu artikel berikutnya

  35. aby says:

    hanya bsa mengucap kan trimakasih yg sebesar2 nya
    hendak mencoba & menjalani pa yg tu benar n halal

  36. yoseph says:

    wah saya setuju banget bhw tuk sukses harus banyak BELAJAR….BELAJAR….DAN BELAJAR…….BELAJAR DARI BUKU DARI PENGALAMAN DARI PELAKU BSNIS DLLL MAKA BENAR PESAN ORTU SAYA DULU…..BELAJARLAH TEEERRRUUUUSSS SAMPAI MATI………TUK ITU SALAM KENAL SAYA PAK PUTRA BERAMI PENSIUN…..TUK BISNISSSSS…….INSYAALLAH….AMIN….AMIN….AMIN.

  37. irfan juliandi says:

    terimakasih artikelnya…tapi dikit tambahan,selain momentum peran keberuntungan juga besar dalam hal berbisnis,ya moga yg baca artikel ini sukses semua.Amin

  38. Arie Wibowo says:

    hanya dengan belajar,belajar,berusaha dan berdoa kita semua bisa sukses………..

  39. asep sumirat says:

    Dalam hal berusaha apapun tujuannya…dan proses perjalanannya…tidak akan lepas dengan kata keberhasilan dan kegagalan…kuncinya ada pada kesabaran dan tawakal…tidak ada yang instan di dunia ini…kesuksesan dan kegagalan hanya sebuah kata dan itu semua padahal ujian kita dalam berusaha…kuncinya ada di kesabaran dan tawakal…dan dibentengi dengan iman dan taqwa…semoga kita dapat menjadi para wirausaha yang sukses di dunia dan mau berbagi dgn sesama sehingga akn membantu kita di akherat nanti….amin

  40. rahmatmuntaha says:

    nice info…thanks for the share…

  41. cuycuey says:

    bagus banged…
    bisa belajar lagi..
    jadi tambah semangat nie berbisnis..

  42. ristisetiadi says:

    saya sedang merintis usaha, terimakasih atas share-nya, pasti bermanfaat buat saya, tetap semangat, sukses ya…

  43. Inna says:

    Terimakasih Jadi inspirasi buat saya untuk terus semangat jadi pengusaha sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s