Aktivitas Matahari Meningkat Seabad Terakhir

Posted: January 15, 2008 by Eva in Lingkungan
Aktivitas Matahari Meningkat Seabad Terakhir

Sumber: LiveScience.com
Dimuat: Kompas Cyber Media

Energi yang dihasilkan Matahari meningkat secara signifikan sepanjang abad ke-20. Tren hasil pengukuran ini dilaporkan tim peneliti internasional yang dipimpin Ilya Usoskin dari Observatorium Geofisika Sodankyla di Universitas Oulu, Finlandia.Banyak penelitian yang berusaha menguak apakah terjadi tren peningkatan aktivitas sunspot dan lidah api di permukaan Matahari. Namun, sejauh ini masih sedikit bukit-bukti yang menguatkan terjadinya tern peningkatan tersebut. Salah satu usaha dilakukan Badan Antariksa Jepang (JAXA) dengan mengirim satelit pemantau SolarB dua hari yang lalu.


Dengan metode yang berbeda, tim peneliti internasional yang dipimpin Usoskin mempelajari meteorit yang jauh ke permukaan Bumi selama 240 tahun terakhir. Dengan menganalisis kandungan Titanium-44, salah satu isotopnya yang bersifat radioaktif, tim menemukan peningkatan radioaktivitas Matahari selama abad ke-20.

Meski demikian, dalam beberapa dekade terakhir, aktivitas Matahari stabil pada level tertentu. Aktivitas Matahari berkisar pada level lebih tinggi dari level tertinggi yang pernah dicapai dalam catatan data historis.

Pada penelitian sebelumnya, para peneliti mengukur tren aktivitas Matahari dengan mempelajari lingkaran garis pertumbuhan pohon dan lapisan es di Greenland dan Antartika. Padahal, proses perubahan ini tidak hanya dipengaruhi aktivitas Matahari namun juga proses di permukaan Bumi.

Sedangkan, pada penelitian terakhir, isotop yang diukur tidak terpengaruh kondisi di Bumi. Hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Astronomy & Astrophysics Letters ini merupakan bukti terjadinya peningkatan aktivitas Matahari dalam 100 tahun terakhir.

matahari.jpg

Pemanasan global

Pengaruh Matahari pada perubahan cuaca telah dipelajari dengan baik. Namun, sampai sekarang para ahli masih memperdebatkan pengaruh perubahan aktivitas Matahari dengan perubahan iklim Bumi.

“Selama beberapa dekade terakhir, aktivitas matahari tidak meningkat meski stabil pada level yang tinggi. Namun iklim di Bumi masih memperlihatkan kecenderungan berupa kenaikan suhu,” kata Usoskin. NASA mencatat kenaikan suhu permukaan Bumi berkisar 0,2 derajat Celcius dalam setiap dekade pada 30 tahun terakhir.

Tim peneliti dari Institut Studi Antariksa Goddard milik NASA juga menyatakan bahwa suhu Bumi saat ini sudah dalam kisaran satu derajat Celcius lebih tinggi dari perkiraan kenaikan suhu dalam satu juta tahun. Laporan tersebut dimuat dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

Kalaupun aktivitas Matahari berpengaruh, Usoskin yakin terdapat faktor lain yang dominan. Sampai sekarang, peningkatan kegiatan industri yang memicu kadar gas rumah kaca ditunduh sebagai pemicu naiknya suhu Bumi.


Advertisements
Comments
  1. supriyanto says:

    Ternyata bumi kita semakin rusak, kalo kita gak menjaganya pasti anak cucu kita gak tahu lagi menikmati indahnya bumi kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s