MADINA; Ringan, Segar dan Mencerahkan

Posted: January 27, 2008 by Eva in Buku dan Media

maj-madina.jpg 

Akhir pekan ini, saya baru saja membaca majalah bulanan Madina. Saya rasa majalah ini memberikan perspektif yang berbeda tentang Islam. Di tengah beredarnya majalah Islam yang membosankan dan menyeramkan, MADINA hadir menyegarkan pikiran dan membuka cakrawala kita tentang Islam sebenarnya.

Rubrik Arsitektur Islam, Buku, Wawancara, Olahraga, Spiritualitas,dan Kuliner adalah rubrik yang saya suka pada edisi perdana ini, disamping rubrik wawancara Hanung Bramantyo yang mengupas tentang pembuatan film Ayat-ayat Cinta. Saya agak terkejut ketika Hanung mengatakan bahwa setelah Ayat-Ayat Cinta dia akan membuat film “Perempuan Berkalung Sorban” karya Abidah Al-Khaelaqi.Itu novel baguuus banget, saya membaca novel itu waktu mahasiswa dan sudah gak sabar tentunya ingin segera melihat Hanung membuat filmnya. Pemilihan fotonya juga pas, terutama pada rubrik arsitektur, keren deh. Sedangkan pada rubrik olahraga saya baru tahu jika ujung tombak Arsenal Robin van Persie yang sekarang lagi berjaya di puncak liga Inggris adalah seorang muslim yang taat.

Membaca Madina saya merasa banyak sekali sisi lain dari Islam yang diungkap dengan ringan tapi menukik, dan tentu saja mencerahkan. Sebagai majalah bulanan, saya kira 96 halaman kurang tebal. Usul saya halaman bisa ditambah, sehingga tidak sekali buka langsung habis dilahap. Selamat buat bang Ihsan, Farid Gaban dan Ade Armando.Saya tunggu kejutan-kejutan berikutnya.

Advertisements
Comments
  1. Arifin says:

    Bicara mengenai wahyu dan akal ada dua pendapat yang ekstrim, satunya adalah dua hakekat yang berbeda, lainnya dua wajah dari satu hakekat tunggal. Yang bener letak diantara keduanya, tetapi dimana persisnya itu sangat soft dan fluid, tidak stabil dan mudah berubah bentuk. Tapi sudah tentu kita harus menatapnya /menghadapinya (Cak Nur). MADINA MENCOBA MENGHADAPINYA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s