Archive for March, 2008

GMHR bikin Macet jadi Menyenangkan

Posted: March 12, 2008 by Eva in Pribadi

 

GMHR bikin Macet jadi Menyenangkan

  hard-rock.jpg

Hari ini aku berangkat kerja lebih pagi dari biasanya, jam delapan dari rumah supaya sampai kantor lebih cepat. Enggak tahunya dari mulai Plaza Ciputat sampe masuk tol Pondok Pinang aduh maceeeeeeeet banget gak nahan deh.

Biasanya pas keluar tol Cilandak macet tapi hari ini lancar banget, mungkin gara-gara mobil sama motor kejebak di ciputat hehe…tapi tidak lama lancarnya Cuma sampe halte imigrasi. Dari Imigrasi macet lagi deh sampe pertigaan Duren tiga. Tapi kalau sudah sampai situ sih gampang, kantorku udah deket tinggal belok kanan.

Tapi waktu macet sepanjang ragunan buncit, aku terhibur banget ama guyonannya Steny Agustaf dan Pandji Pragiwaksono di 87,5 Good Morning Hard Rock FM/ GMHR (www.hardrockfm.com). Lagunya asyik-asyik banget dan penyiarnya gokil-gokil banget. Aku tuh sampe ketawa-ketawa sendiri di jalan.

Masa empat penyiar itu bacain belanjaannya seharian, ngapain aja dan habis berapa duit sehari hahaha, kayak ibu-ibu aja yak dan pada rajin banget lagi nulisnya sampe ke beli siomay ama parkir dicatet. Aih segitunya.

Kadang aneh juga ama Steny, aku gak kenal orangnya tapi salut deh, masak malemnya dia jadi MC Mamamia di Indosiar, paginya udah nyaring  di GMHR. Terus kalo Pandji lucu banget waktu bawain kuis di RCTI. Asli kocak mereka berdua.

 steny_agustaf.jpg

Nah waktu udah mau sampai kantor, tadi kan muterin lagu “Falling Slowly”  By Glenn Hansard www.youtube.com/watch?v=_LMv0BOKkWc  yang jadi pemenang Oscar tahun ini untuk kategori musik terbaik. Lagunya emang oke banget.

Top deh buat Hard Rock FM, Lifestyle and Entertainment Station juga buat Steny dan Pandji tentunya. Terimakasih banyak sudah menemani hari-hari macet setelah sterilisasi busway………….

 

  

Waktu Senggang

Posted: March 6, 2008 by Eva in Pribadi

Waktu Senggang

 Aku sedang membaca novel “Salma” karya Fadia Faqir, seorang penulis perempuan Jordania yang lahir di Mesir. Sudah lama rasanya aku tidak membaca novel, karena disibukkan oleh kegiatan rutin yang menyita habis waktu senggangku.

 Membaca Kadang aku ditertawakan oleh temanku karena aku pecinta sinetron  hehehe, tapi itulah aku. Aku gak bisa menghindari sinetron AZIZAH dan CINTA INDAH yang selalu membuatku untuk segera pulang cepat dari kerja. Bahkan aku rela bertengkar dengan suamiku jika dia mau nonton siaran bola. Aku tahu betul bahwa saat Sinetron, ada siaran TV lain yang menayangkan Discovery Channel, kadang aku lihat juga. Lagian saat pulang kerja, acara apa sih yang murah meriah selain nonton TV hehehe.  Untuk hang out ama teman-teman rasanya sekarang amat melelahkan sejak aku pindah rumah ke Pamulang, gak terlalu sering kayak dulu lah. Tapi kadang-kadang aja. Aku sekarang lebih menikmati sociolife di komplek perumahan lewat belanja bareng, aerobic atau berenang.  

Sebenarnya kalau aku hitung waktu dalam sehari 24 jam, delapan jam bekerja, tiga jam perjalanan, sembilan jam tidur, satu jam waktu buat masak dan bersih-bersih rumah, masih ada tiga jam waktu senggang. Nah disitulah aku nonton TV, baca buku, dengerin musik, dan nonton film.

 Nonton Film Tapi hampir setahun ini aku jarang baca buku. Aku lebih banyak nonton TV dan dengerin musik. Nonton film jarang ke Bioskop paling liat di DVD, tapi sekarang jarang lagi sejak ada youtube.  

Sebenarnya ada satu hal yang aku tinggalin lama banget sejak aku menikah, yaitu kebiasaan aku menulis baik cerpen, puisi ato sekedar catatan kejadian yang ada di sekitar kita. Selama ini aku banyak menulis hanya untuk tugas-tugas jurnalistik, buku, artikel atau feature. Sama sekali aku jarang menulis fiksi atau curahan hati.

 Dengerin Musik Saat ini aku mulai menulis karya fiksi, satu kebiasaan yang sudah lama aku tinggalkan. Sebenarnya saat kita menulis, kita bisa menjadi apapun yang kita inginkan melampaui ruang dan waktu. Menulis juga melatih kepekaan kita terhadap dunia yang ada di sekitar kita. Dari dulu aku percaya apa bahwa Writing is Lonely Profesion.  

  menulis.jpg

Latihan Meditasi Dalam Lima Menit

Posted: March 4, 2008 by Eva in Pribadi

LATIHAN MEDITASI DALAM 5 MENIT

dr. Yuda Turana

Meditasi dapat membuat perubahan dalam hidup anda. Saat hidup kita penuh dengan tekanan , kita dapat beralih ke meditasi sejenak untuk kembali menjernihkan pikiran dan masuk ke dalam pikiran yang damai.

Kenapa kita membutuhkan meditasi ?Dunia ini penuh dengan kecemasan, kekuatiran dan frustasi. Berbagai energi negatif berada disekitar kita, khususnya berbagai berita di tv, koran, majalah yang merasuk ke alam ketakutan kita. Meditasi dapat membawa kita ke tempat yang damai dalam alam pikiran. Meditasi dapat memenuhi rasa lapar jiwa kita akan kedamaian.

Saat meditasi membutuhkan ketenangan. Kita perlu mengosongkoan pikiran sesaat untuk melepaskan sejenak bagian jiwa untuk mencapai suatu tingkat kedamaian

Apakah meditasi ? meditasi merupakan suatu komunikasi dengan alam semesta. Apakah meditasi sama dengan berdoa? Pada bayak orang mungkin ya namun pada lain orang meditasi hanya sebuah langkah untuk menemukan kedamaian dalam jiwa. Namun meditasi dan doa bukanlah sesuatu yang tidak saling berhubungan. Bagaimana cara bermeditasi dapat beragam tergantung kebiasaan masing-masing individu. Pada artikel ini disajikan contoh meditasi yang mungkin dapat anda ikuti bila anda baru akan mencoba suatu meditasi.

Buatlah jadwal kapan anda akan melakukan meditasi. Mungkin anda dapat memulai dengan 5 menit meditasi pagi hari sebelum anda memulai suatu kerja. Siapkanlah segala sesuatunya sore hari sebelumnya agar saat anda memulai meditasi di pagi hari ,pikiran anda tidak sibuk dengan segala persiapan kerja.

Anda dapat mempersiapkan lilin dengan aroma ( dapat dibeli di toko) , kerang . dan dupa / ’hio’ wangi /aroma.

Siapkan diri anda. Rileks dan tenang. Nyalakan lilin dan dupa/ hio. Tariklah nafas dalam dan biarkan udara segar merasuk dalam jiwa anda. Hembuskan segala pikiran negatif dan kecemasan anda. Lihatlah pada kerang dan bayangkan diri anda rileks dan tenang di pantai , di laut. Anda adalah bagaikan anak kecil, berlari bebas , bahagia, bermain lepas di pantai. Tetaplah mata anda terbuka dan pikiran anda terpusat pada lilin yang menyala dan kerang. Bila mata anda tertutup ada kemungkinan anda akan tertidur kembali. Saat pikiran anda berpindah ke alam meditasi , otak anda akan berpindah dari gelombang alfa ke beta, yang merupakan awal dari proses relaksasi.

Apa yang anda cari dari alam semesta pagi hari ini ?.Anda dapat memulainya dengan mensyukuri segala berkat mengawali hari yang baru dan meresapi segala positif aspek dari alam semesta, CINTA, KEDAMAIAN ,KEBIJAKSANAAN, KETENANGAN, MEMAAFKAN Dupa/ hio wangi memberiakn simbol dari pemurnian saat anda menghirup nafas positif yang merasuki tubuh dan mengeluarkan energi negatif. Kerang membantu anda untuk memandu pikiran saat kecil kepada suatu tempat yang indah dan damai di tepi pantai maupun danau. Sedangkan lilin yang menyala mengingatkan kita yang merupan bagian dari alam dan kepada pencita alam semesta. Anda dapat melakukan meditasi dalam posisi apapun yang membuat anda rileks , namun saya anjurkan tidak dalam posisi berbaring , karena akan membuat anda tertidur . Biarkan anda bernafas teratur, perlahan dan rileks. Menarik nafas energi positif dan hembuskan energi negatif . hembuskan kekuatiran dan ketakuatan anda. Rasakan diri anda bersatu dengan alam semesta. Rasakan diri anda bertambah rileks. Anda akan merasakan bahwa hari yang akan dilalui akan lebih rileks untuk dinikmati.

Apabila anda Sakit Hati

Posted: March 4, 2008 by Eva in Inspirasi

Apabila anda sakit hati

Jangan bertanya bagaimana rasanya sakit hati. Jangan pula bertanya
siapa yang membuat hati terasa pedih, perih, dan nyeri. Sulit diungkapkan,
tapi sangat jelas menyayat dada bagian dalam. Sakit hati adalah sakit dari
segala sakit. Mungkin Anda pernah mengalaminya.

Sakit hati tidak selalu disebabkan oleh putus cinta, tetapi bisa juga
disebabkan oleh perbedaan pendapat atau pertentangan dengan teman
atau anggota keluarga. Namun, sakit hati hampir sama rasanya dengan putus
cinta, demikian juga dampaknya.

Siapa pun Anda, pasti ingin dicintai, mencintai, dipercayai, dan
mempercayai orang lain. Tetapi, ketika sakit hati tiba, sulit bagi
Anda untuk kembali memaafkan dan mempercayai orang yang melakukannya.
Bahkan Anda mungkin merasa sulit untuk membuka hati dan perasaan kepada
orang lain yang tidak tahu apa-apa.

Ini adalah dilema yang harus dihadapi. Terserah Anda, memilih untuk
berjalan sendiri atau melanjutkan hubungan setelah apa yang terjadi.
Satu hal yang pasti, hidup akan terus berjalan dengan atau tanpa sakit
hati.

Berdasarkan pengalaman beberapa sumber dapat disimpulkan bahwa
belajar untuk membuka kembali hati, perasaan cinta dan rasa percaya kepada
orang-orang yang pernah menyakiti atau orang lain yang, suatu saat
nanti, akan menyakiti Anda, merupakan hal yang penting. Kenapa?

Karena cepat atau lambat, setiap orang akan menyakiti dan disakiti
hatinya.
Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila Anda menyadari bahwa tidak
ada satu orang pun di dunia ini yang luput dari sakit hati, termasuk Anda.

Anggaplah sakit hati sebagai hal biasa.
Tanpa bermaksud mengurangi rasa percaya kepada orang-orang yang Anda
cintai, ada baiknya Anda menyadari bahwa siapa pun dia, teman biasa,
sahabat, pacar atau keluarga dan sebaik apa pun dia, suatu saat nanti
akan menjadi orang yang menyakiti Anda – walaupun mungkin tidak disengaja.

Oleh sebab itu, ada baiknya apabila Anda menganggap bahwa mereka
tidak serius dengan ucapannya. Anda bisa menganggapnya angin lalu atau bisa
mengatakan kepada diri bahwa perbuatan mereka sebenarnya tidak
ditujukan kepada Anda. Cuek saja, jangan dimasukkan ke hati.

Belajar untuk bertanggung jawab dan menghargai orang lain juga sangat
penting. Coba bertanya pada diri, apa yang tidak dinginkan dalam
hubungan Anda, apa yang bisa membuat Anda sakit hati, dan apa yang Anda ingin
orang lain lakukan. Buatlah daftarnya dan coba utarakan hal itu kepada
orang-orang di sekitar Anda.

Apabila Anda sakit hati lagi, ada baiknya mengingat cara mengatasi
sakit hati terdahulu. Tetapi mencoba keluar dari masalah dan melupakannya
dengan cepat, akan sangat membantu. Apabila perlu, hang out bersama
teman-teman dan alihkan perhatian kepada pekerjaan atau olah raga.

Anda juga perlu mengetahui bahwa kata kunci untuk menyelamatkan diri
dari sakit hati adalah bukan percaya kepada orang lain tetapi percaya
kepada diri sendiri dan perasaan Anda. Ingatlah bahwa tidak ada jaminan
orang lain tidak akan menyakiti perasaan Anda.

Berusahalah menjadi orang baik, sopan, bijak, peduli kepada orang
lain dan dapat dipercaya. Untuk menjadi itu semua, tentu saja Anda harus dapat
mempercayai diri sendiri agar Anda merasa bebas berbuat dan menentukan
hubungan.

Berkomunikasi secara efektif dan lugas sangat penting. Ungkapkan
perasaan Anda, apa yang disukai dan apa yang dibenci. Hal itu sangat membantu
orang lain mengerti Anda dan berusaha untuk tidak melakukan tindakan
yang mungkin bisa menyakiti hati Anda.

Belajar mempercayai opini sendiri mengenai diri, tindakan dan
perbuatan Anda adalah lebih penting dari mempercayai opini orang lain. Bisa
jadi Anda justru bertambah sakit hati dengan opini mereka. Belajarlah untuk
percaya dan hargai diri Anda sendiri.

Hal paling utama yang harus Anda lakukan adalah belajar memaafkan kesalahan
orang lain karena memaafkan adalah hal paling baik dalam sebuah hubungan.