Ketika Gladiol Bersemi

Posted: May 12, 2008 by Eva in Inspirasi, Seni, Film dan Budaya

Ketika Gladiol Bersemi

 

Setelah serial Cerita di Balik Kisah yang menceritakan Si Kun San, yang disiarkan di DAAI TV setiap jam 7, aku benar-benar menjadi kecanduan lihat drama DAAI TV,  karena pada jam 9 ada siaran  Ketika Gladiol Bersemi (KGB). Sebelumnya aku gak tahu jika pada 2007 drama ini sudah pernah disiarkan. Setelah aku cari di internet, ternyata banyak sekali penggemar serial ini.

Ketika Gladiol Bersemi merupakan sebuah drama seri televisi yang ditayangkan stasiun DAAI TV Jakarta. Diangkat dari kisah nyata pengusaha-pengusaha sukses dari keluarga Pak RT Gao yang tinggal di Taiwan. Beruntung saya bisa mengikutinya meski bukan dari awal benar. Karena banyak hal yang bisa saya ambil sebagai pelajaran dalam hidup ini.

Keluarga Pak RT Gao awalnya adalah sebuah keluarga petani yang hidup di Danau Rebung, yakni sebuah wilayah gunung bambu yang tandus dan susah ekonominya. Keluarga ini terdiri atas:

Kakek. Ia seorang yang begitu mencintai sastra sehingga berkenan memberikan pendidikan dan pengajaran bagi para tetangganya. Ia pun rajin memberikan petuah-petuah dan nasihat-nasihat bijak kepada cucu-cucunya.

Pak RT Gao. Ia seorang petani yang tekun, ulet, senang berderma dan suka membantu orang lain. Ia rela mengeluarkan hartanya untuk mereka yang memerlukan. Ia cerdas, senang melakukan riset tentang tanaman bunga dan selalu bekerja mulai dinihari dan pulang pada petang hari.

Ibu RT. Ia adalah tipe wanita yang hemat. Tidak suka berfoya-foya. Setiap pengeluaran perlu pertimbangan yang matang. Meski terkadang dianggap terlalu berlebihan, tapi sebenarnya sikap itulah yang justru bisa membuat keluarga Gao bisa eksis. Bisa dibayangkan bila ibu tidak bersikap hemat. Tentu anak-anaknya akan sulit mendapatkan pendidikan yang memadai.

Lokasi syuting drama ini sekarang menjadi daerah kunjungan wisata. Pada saat lagi meledak di pasaran  sekitar September – Oktober  2005, ada beberapa tour lokal yang menyelenggarakan paket wisata menuju titik-titik syuting drama ini di gunung Yang Ming (Yang Ming Shan).

 

Drama ini merupakan drama Daai TV yang paling cepat menyebar hanya dari mulut ke mulut.Ketiga saudaranya yang perempuan akhirnya juga bergabung di Tzu Chi dan salah satunya menjadi relawan di Stasiun Daai TV Taipei. Hingga hari ini, di desanya di Yang Ming-shan, keluarga Gao masih menjadi keluarga yang sangat dihormati, meskipun anak-anaknya sendiri sudah jarang ke sana. Drama ini mengangkat posisi Daai TV di Taiwan ke posisi 3 untuk waktu prime time yang persaingannya sangat ketat.

 

Melihat drama ini aku jadi lebih bersemangat, mengingat aku juga berasal dari keluarga besar. Tidak jarang aku menangis tertawa dan termenung mengingat tingkah mereka. Apalagi usai acara ini selalu ada wawancara dengan para tokoh asli maupun aktris yang berperan.

 

Sangat inspiratif dan menyenangkan

 

Jangan Lupa  Menonton ya

  

Advertisements
Comments
  1. and_if says:

    iya setuju.. banyak yang bisa kita ambil dari drama ini.. aku juga jadi seneng nonton DAAI TV coz ini stasiun TV beda dari yang lain…
    wah… dah pernah di tayangin ya 2007?
    aku baru tau nih…
    untungnya aku nonton dari episode awal (walopun gak dari episode 1)
    dari keluarga GAO mang banyak yang bisa diambil pelajarannya…

  2. realylife says:

    ayo berjuang menjadi yang terbaik

  3. tmarlina says:

    gw juga penggemar gladiol meski gak ngikutin dari awal. coba sinetron indonesia lebih membumi kayak gitu, jangan cuma jual mimpi dan kemewahan doang…salut buat keluarga RT Gao!

  4. metha says:

    film ini sangat menyentuh krn mengajarkan kdp kita tentang keluarga yang harmonis dan hemat demi memenuhi kebutuhan sehari-hari

  5. ayung says:

    dramaaaaaaaaaaaaaaaa ya sssssssaaaaaaaangat beguuuuuuuuuuuusssssssssssssss tetaplah menampilkan daram2 yang berasal dari kisah nyataaaaaaaaaaaaaa,,chayo

  6. twinklegl0ry says:

    daai tv chaaaaayo ya tetap pertahankan menjadi acara tv nomo.1 diindonesiaaaaaaaa

    ————————————————————

    aku suka cerita nyata: ketika gladiol bersemi(ming zhong-cai shuang) dan suatu cobaan (sin kun san)

  7. lifehappy says:

    semangaaaaaaaaaaaat

  8. ayung-metha says:

    aku suka semua film yang ditayangi daai tv

    selain utk pelajaran hidup tapi juga kita dapat mencontohkan dalam kehidupan sendiri2

  9. kusnia nasser says:

    aku seneng sekali dan bersyukur ada serial yang memberikan nilai2 luhur kehidupan bagi penonton manapun di dunia . mudah2an bisa mengekang akhlak generasi mendatang menjadi manusia berkualitas luar dalam , beragama, bermoral sekaligus pekerja keras …

  10. Eva says:

    Wah seneng banget neh, KGBku banyak yang komentar. Btw, hari kamis ampe jumat kemarin aku ke Jogja gak lihat beberapa episode (31-36) ada yang mau cerita gak ya hehehe…Thanks for comment

  11. ruth says:

    bener2 cerita yang bagus.
    aku ntn cerita ini setelah ibu ntn berhari2 di daai, sejak saat itu gag pernah kelewatan 1 seripun!

    aaahhh akhirnya ming zhi byusul ke amerika ma A mi!

    A MI UDAH HAMIL!!!
    SENANG!!!!

  12. fianinuri says:

    aku dan mamaku seneng banget nonton drama ini. sampai saling sms an ngingetin kalo ada si ming shan di behid the scenes :).

  13. rembo lazuardi says:

    ya ceritanya beda dengan cerita serial tv yang kebanyakan sekarang di putar. Ketika gladiol bersemi ceritanya sangat bagus dan membangun good untuk daai tv

  14. janet says:

    Bentar lagi dramanya mo habis lo…
    Tapi aku nyesel gak nonton ep. 46 & 47 nih.
    Ada yang mo ceruta nggak ?

  15. erni says:

    Setelah bertahun kita disuguhi sinetron-sinetron yang sangat tidak mendidik dan bahkn merusak akhlak – mengikuti drama Ketika Gladiol bersemi sungguh menemukan makanan jiwa yang sarat makna….. Semoga ini bisa menjadi cermin yang mendidik buat pertelevisian di negeri kita. Amin

  16. padmi says:

    yak, setuju…

    saya juga suka dengan ceritanya, banyak pelajaran yg dapat diambil.

    moga sinetron Indonesia juga bisa menghadirkan serita yg sarat makna

  17. norie says:

    saya juga suka serial itu. 🙂

  18. Yanto says:

    ya gldiol kayak oasis dipadang pasir, jd muak ntn sinetron indo stlh ntn gladiol. gw emg lg cari serial bermutu kayak gladiol bersemi

  19. Windy says:

    Ada yg punya soundtrack nya ga? sama drama “menebar benih kasih”? Kalau ada tolong kirim beritahu ke :
    windie_nehh@yahoo.com
    Makasi

  20. GraCia says:

    HALO TEMAN TEMAN SEMUA NAMAKU GRASIA PUTRI MANURUNG. AKU BERSEKOLAH DI BPK PENABUR MODERLAND TANGERANG SEBELUM AKU MENEMUKAN FILM KETIKA GLADIOL BERSEMI DULU AKU SUKA MENONTON SINETRON YANG TIDAK ADA INTIFNYA, AKHIRNYA SAYA MENEMUKAN FILM YG PALING BAGUS DARI SEMUA FILM YANG SAYA TONTON,APALAGI DENGAN PELAJARAN HEMAT,JADI KAYA DAN MISKIN TIDAK JADI MASALAH KALAU KITA HEMAT.MAMAKU SENAG KARENA WALAUPUN AKU KELAS LIMA AKU TETAP BISA HEMAT,JADI WALAUPUN AKU KAYA ATAU MISKIN AKU HARUS MENJADI ANAK YG HEMAT.

  21. Jesslyn says:

    Pemerannya itu ganteng-ganteng dan keren-keren kan???!!!!
    Terutama pemerannya si Gao Ming Shan
    Keren bangeeet,apalagi kalau dia itu pake jas.

  22. Mimi says:

    Wah kyk’a gw ktggalan ya,
    btw…

    ‘h@pPy nEW Year’…

    gw jg nonton tuh drama n rerun’a jg gw tonton, pokok’a ga ada 1 episode pun yg terlewatkan.. Pemain2’a bnr2 kompak, sayang’a pas di simfoni kebahagiaan suara mereka didubbing 😦

  23. Erik Tapan says:

    Dear teman-teman,
    Bagi teman-teman yang tertarik untuk memiliki DVD (dengan subtitle Bahasa Indonesia) Ketika Gladiol Bersemi, bisa kontak saya.
    Silakan masuk ke Facebook group:
    PEMIRSA DAAI TV

  24. LILI says:

    Salam hangat buat DAAI TV.Kami sekeluarga sangat favorit dengan serial drama di DAAI TV.Sangat menyentuh dan sesuai dengan kehidupang kita sehari2.apalagi soundtrack2 lagu sangat bagus.Boleh kan kirimkan ke kami soundtrack lagu”Ketika Gladiol Bersemi’.Thanks berat buat DAAI TV.

  25. cai su lian says:

    aku g prnah nnton. cma tw lgux aja. da yg ska zeng bao g? crta please. aku g nnton dri awal. atau namaku a tao? a chua? yg mna yg ska nnton?

  26. kezia ratna says:

    Aq suka bgt drama ini, terutama yg jadi Ming shan

  27. kezia ratna says:

    aq juga suka sama Ming zhong, lucu bgt orangnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s