Empat nilai luhur Cao San Chun Hui

Posted: May 27, 2008 by Eva in Inspirasi

Empat nilai luhur Cao San Chun Hui

Sampai dengan serial ke-28 aku semakin penasaran dengan kisah lanjutan Ketika Gladiol Bersemi. (Cao San Cun Hui), terutama saat Kisah cinta bagaimana Dong Lang bertemu dengan pasangannya lewat perjodohan. Geli banget deh waktu Dong lang di jodohkan ama A Xue dan orang tuanya, pada gadis yang sama.

Dong Lang yang pendiam adalah tipe pekerja yang ulet. Lelaki jarang bicara ini terlihat kaku dan hanya memikirkan bagaimana membuat keramik yang bagus. Ide ini membuat istri Dong Lang membuka usaha keramik di depan rumah Ming Zhong.Pada awalnya sepi, tapi setelah ada pembeli dari Jepang yang menguasai tentang keramik membeli keramik buatannya, adik Dong Lang Gao Ming Shan memiliki ide untuk membuat galeri bernama Jian Tai. Galeri ini berada dalam rute wisata kunjungan turis dari Jepang ke Taiwan. Ketekunan Dong Lang yang mewarisi sifat ayahnya adsalah nilai pertama yang menurut saya bagus disampaikan pada pemirsa.

Lama kelamaan, galeri ini ramai dan memiliki banyak pekerja. Gao Ming Shan sebagai direktur memiliki insting bisnis yang kuat. Selain sebagai direktur di Jian Tai, ia juga melanjutkan proyek property milik keluarga. Ming Shan sangat sibuk, sehingga menginjak usia diatas 30 tahun ia belum memikirkan jodoh.

Hingga suatu hari ia ketemu Wen Xin Hua seorang perempuan cantik modern yang memiliki kemampuan bahasa Inggris bagus menarik perhatiannya. Kisah cinta mereka berdua sangat lucu dan alamiah. Ketegasan sikap Xin Hua sangat disukai ming shan, begitu pula saat Ming Shan memperhatikan ibunya yang lagi sakit di rumah sakit dengan penuh perhatian membuat hati Xin Hua luluh.

Tak lama mereka pun menikah, dengan menikahnya Xin Hua Pak RT dan Bu RT Gao tinggal di rumah Ming Shan yang megah. Ming shan sengaja melarang orang tuanya tinggal di rumahnya agar tidak kembali ke gunung. Meskipun sudah mapan, orang tua Ming Shan sangat hemat terutama ibunya. Usai menikah Xin Hua sempat serba salah menyesuaikan dengan keluarga Gao. Tidak boleh membuang kertas dan plastik, tidak menyalakan penghangat ruangan, dan  jangan terlalu sering beli baju baru adalah tiga sikap mulia bu RT Gao yang melekat di benak menantu.

 

Hemat adalah nilai kedua dari drama ini. Seringkali mereka anak-anak keluarga Gao memuji ibunya yang hemat, jika tidak hemat tidak mungkin mereka bisa sekolah dan sukses seperti sekarang ini. Demi membahagiakan mertua seringkali para menantunya berbohong menyebutkan harga aslinya.

 

“Seringkali kalau kita ke gunung sesama ipar saling mengingatkan tentang baju baru yang kita pakai, kita simpan dulu waktu pulang baru kita pakai,” ujar tokoh  Xin Hua asli pada guest room seraya tertawa.  Pernikahan Xin Hua dan Ming Shan yang sangat sibuk membuat Xin Hua banyak menyesuaikan diri dengan suaminya. Disinilah saling pengertian suami istri dimulai. Saya salut atas pengertian Xin Hua yang periksa ke dokter hanya ditemani kakak ipar saat periksa hamil, begitu juga sangat mengharukan ketika ming shan yang kaku dan tidak bisa dansa meminta Xin Hua berdansa dengan romantis.

 

Rukun dengan Pasangan adalah nilai ketiga dari drama ini. Aku berusaha untuk tidak emosi dengan suamiku yang juga sepertinya mulai menyenangi serial ini. Selain rukun, aku juga berusaha untuk berlapang dada. Empat nilai seperti tekun, hemat, rukun dengan pasangan dan berlapang dada merupakan kunci sukses dalam kehidupan keluarga Gao.

Karena ada film ini, aku jadi semangat menjalani hari-hariku terutama kalo udah pengen shopping, please hemat deh dan jangan sering ganti baju hehe3x, selain itu aku juga selalu ingin pulang cepat sampai di rumah, karena aku gak boleh ketinggalan satu episode pun. Setiap jam 9 teng aku udah siap nongkrong sambil nyemil nonton DAAI TV.  

 

 

 

Advertisements
Comments
  1. janet says:

    O,ya, ada yang punya photo Huo Zheng qi (pemerang Ming shan) nggak ?
    Aku ngefans banget sama dia n Zeng Guo- cheng !

  2. yanz says:

    salam kenal… bu, tau CD atau DVD nya ga? saya pengen punya neh…ga puas rasanya kalo cuma nonton di TV. mungkin buat besok-besok biar bisa ditonton lagi..klo tau tempat jualnya saya tolong dikasih tau ya buk, ke imel saya aja..makasih..

  3. yanz says:

    eh lupa…email saya yantieyanz@gmail.com..

  4. sita says:

    wah sama mbk, saya juga ngefans sama ketika gladiol bersemi, biasanya nontn yang jam 9 malam, habis itu dilanjut dengan Guest room…aduhhh pengen ketemu langsung sama keluarga GAO yang nyata n para pemainnya.
    kalau sekarang aku nontonya yang serial tiap jam 7-8 pagi itu mbk, baru beberapa seri sih, tapi keknya menarik…..pemeran Gao ming zhi, Ny RT Gao, sama chai sung juga ikut maen.

  5. kezia ratna says:

    syg ‘cao san chun hui’ udah gak tyg di DAAI TV, padahal aku suka bgt sama Ming-zhong, Ming-shan, Xin hua dan A mi

  6. andini puspa says:

    ada foto nya pemeran ming-shan (hou zheng-qi)gak?? susah banget nyari fotonya,, saya nge fans banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s