Mencoba mengajar

Posted: July 18, 2010 by Eva in Pendidikan

Anak-anak baca doa dulu ya sebelum ngajiAku sedang mengajar ngaji

Tidak terasa sudah 8 bulan tidak menulis di Blog ini, dan selama itu pula aku mencoba belajar menerapkan ilmu yang aku punya di bangku kuliah, yaitu menjadi guru, tapi guru yang kumaksud bukan guru sekolah formal, tapi mengajar anak-anak mengaji habis magrib di komplek perumahan Pamulang Elok. Awalnya sih Bunda Yuli yang minta, karena Bu Toha yang biasa ngajar ngaji sibuk. Sempat ragu juga mau terima karena aku gak pede ama kompetensi aku, dan kayaknya kok gak merasa belum pantas dengan akhlak dan cara berpakaian aku yang belum sempurna secara syari’at apalagi kalau di rumah. Tapi setelah aku diskusikan ama mas Arif akhirnya aku terima juga tawaran itu dan aku coba mengajar ngaji dengan segala kemampuan yang aku miliki.  Jadwal mengajarku tiap hari adalah dari pulul 18.30 s.d 19.30.WIB.

Sedang mengantri wudhu

Sedang Mengantri Wudhu

Aku mulai menyusun silabus dan kurikulum untuk setiap hari mengajar, dari hari Senin sampai Jum’at karena Sabtu dan Minggu mengaji libur. Ada beragam materi seperti Fiqih, Akhlak, Tajwid, Tarikh, Tauhid, dan Tafsir Hadits. Aku mulai cari bahan di internet dan literatur buku-buku sekolah di tempatnya Winda, anaknya mama winda tetangga kontrakan di Ciputat. Ternyata jadi guru ngaji cukup menyenangkan, meski aku harus belajar exstra  memahami psikologi anak dan sabar menghadapi kemauan anak yang terkadang mood-moodan. Aku jadi teringat waktu aku kuliah di jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Sunan Kalijaga, aku diajari beragam mata kuliah dan metodologi mengajar, dan saat inilah aku mempraktekkan. Karena sejak 2003 aku jadi wartawan dan biasa bekerja meliput berita pendidikan, ternyata menjadi guru itu tidak mudah.

Ke Ragunan bersama murid-murid

Ke Ragunan bersama murid-murid

Murid-muridku cuma sedikit sebenarnya, 10 orang saja, mereka adalah anak-anak tetanggaku yang baik di Pamulang elok, anak-anak  yang lugu, polos, cerdas dan calon pemimpin masa depan. Murid-muridku urut abjad adalah sbb: 1.Airin, 2.Anya 3.Augie, 4.Fatih, 5.Fikri, 6. Illina, 7. Sekar, 8.Putri, 9.Vidia, 10.Wina. Selama delapan bulan mengajar banyak suka duka yang kudapat. Ada kepuasan tersendiri jika aku sudah bercerita kisah-kisah nabi atau faedah ibadah lainnya, mereka senang dan mengangguk angguk, tapi ada dukanya juga kadang kalau materi yang aku sampaikan tidak sampai sasaran dan hanya sepintas lalu. Kadang suka bingung juga kalau aku masih di perjalanan, anak-anak sudah siap di rumah aku terlambat sampai rumah karena macet. Yang menarik adalah kalau usai mereka tartil atau mengaji dan membaca materi, menjelang pulang mereka suka minta tebak-tebakan, cerita, menulis di depan, hafalan atau mendengarkan musik seperti waka-waka dan lain sebagainya. Lucu banget deh tingkah laku mereka.

Aku, mas Arif dan murid-murid ngajiku di ragunan pas jalan-jalan

Aku, mas Arif dan murid-murid ngajiku

Aku juga harus mengatur jadwal dengan  Gerai Amira, jam 5 sudah harus tutup, karena aku harus persiapan mengajar, supaya seimbang antara kebutuhan lahir dan Bathin. Menjelang puasa ini aku juga harus siap-siap membuat rapor buat mereka karena tanggal 9 Agustus adalah hari terakhir mengaji jadi harus ada Imtihan kalau mengikuti cara sekolah madrasah Diniyah dimana aku dulu sekolah di sukabumi. Aku menyayangi murid-muridku, mereka adalah generasi penerus masa depan, sejak dini harus diterapkan moral yang baik dan akhlak yang mulia agar berguna bagi bangsa dan negara. Meskipun aku merasa belum begitu banyak ilmu yang aku berikan pada mereka karena keterbatasan aku , tapi hanya itulah kemampuan yang bisa aku berikan pada murid-muridku.

Pamulang,Minggu 18 Juli 2010, pukul 22.16 Eva

Advertisements
Comments
  1. cahya nugroho says:

    assalamu’alaikum.wr.wb
    bagi dong silabusnya. saya juga mau menyampaikan silabusnya kpd murid2 ku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s