Jusami, Waktu buat Keluarga

Posted: January 29, 2012 by Eva in Kuliner

Jus apa yang paling enak? saya pasti menjawabnya dengan Jusami apa itu? Jusami adalah singkatan dari Jumat Sabtu Minggu, dimana saya menikmati hari libur setelah bekerja selama tiga hari yatu, selasa, rabu, kamis. Sebenarnya masih ada hari senin waktu libur, tapi biasanya kalau hari senin, aku sama mas arif suka pergi keluar atau sudah sibuk dengan kegiatan lain berkaitan dengan usaha, maupun kebutuhan lainnya.

Nah, setelah melewati kamis sore, saya biasanya senang dan bergembira, karena jumat paginya bisa jadi bangsawan, alias bangsa tangi awan hahaha. Biasanya jumat pagi aku bangun, habis sholat langsung ke dapur. Aku betah berada lama di dapur karena dapur itu tempat berkreasi aneka macam masakan.

Dapurku tempat berkreasi

Dapurku tempat berkreasi

Pisang Bakar Coklat

Biasanya kalau pagi kita sarapannya pisang bakar coklat. Kita berdua gak suka sama roti karena gak tahu ya, kurang pas, mas arif lebih suka gethuk atau pisang. Kalau gethuk biasanya beli di yang lewat, kalau pisang bakar biasanya saya bikin sendiri, meniru teh neng a iwan di sukabumi yang suka bikin pisang bakar. Bikinnya juga gampang, panaskan wajan, beri mentega sedikit, watakan mentega hingga meleleh, terus masukkan pisang bangka, potong dua dan masukkan dalam wajan hingga berwarna kecoklatan, angkat dan taburi dengan coklat ceres.

Pisang Bakar Coklat

Pisang Bakar Coklat

Telur Bumbu Bali

Jumat ini aku masak yang simple aja, kebetulan masih banyak telur di kulkas, jadi hari ini saya aku bikin telur bumbu bali. Stok sayuran belum ada, karena Jumat saya belum belanja ke tukang sayuran langganan, biasanya saya masak bahan yang tersedia, kebetulan kamis kemarin beli tempe dan dimasukkin ke tupperware jadi masih bagus buat di orek.

Telur bumbu bali

Telur bumbu bali

Cara bikin telur bumbu bali juga sederhana dan cepat.

BAHAN:

* 4 butir telur ayam, rebus
* 1 ruas jari leng-kuas, memarkan
* 2 lembar daun jeruk
* garam dan gula pasir secukupnya
* 2 sendok makan minyak goreng

BUMBU HALUS:

* 5 buah cabai merah
* 4 butir bawang merah
* 2 siung bawang putih
* 1 buah tomat
Kalau malas ngulek blender aja,

CARA MEMBUAT:

1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas dan daun jeruk hingga harum.
2. Masukkan telur, garam, dan gula pasir, masak hingga matang. Angkat dan saji-kan sebagai lauk lontong.

Tempe Orek

Sebagai sajian pendamping saya bikin tempe orek, tempe ini aku suka bikin sejak masih tinggal di Condong Catur Jogja.

Tempe Orek

Tempe Orek

Cara membuat tempe orek
1 kotak tempe,iris kecil kecil.
Bumbu:
3 butir bawang merah,rajang halus
2 siung bawang putih,rajang halus
3 buah cabe merah,iris serong
2 lembar daun salam, dan dua lembar daun jeruk
1 cm lengkuas
100 gr gula merah,iris halus
2 sdm kecap manis
garam secukupnya
minyak goring
Cara membuat:
• Goreng tempe sampai agak kering. Sisihkan.
• Di wajan masukkan sedikit minyak, tumis cabe, bawang merah, bawang putih ,lengkuas dan daun salam sampai harum dan agak kering.
• Masukkan gula merah, aduk kembali hingga gula larut. Masukkan garam, kemudian masukkan kecap, sambil terus dicampur dengan semua bumbu.
• Masukkan tempe yang telah digoreng, sambil terus di aduk hingga rata.

Pisang Keju

Pada hari Sabtu seperti biasa setelah bangun, langsung bikin minum teh manis dan pisang bakar. Tapi hari ini coklat ceresnya habis jadi pake keju parut. Habis sarapan pisang, biasanya aku mencuci dan beres-beres rumah dan merawat tanaman.

Pisang Keju

Pisang Keju

Soto Ayam Bening

Kalau sabtu biasanya aku masak agak berat, hari ini aku bikin soto bening. Pagi-pagi sebelum masak, aku belanja ke tukang sayur untuk belanja kebutuhan masak soto ayam bening.

Soto Ayam Bening

Soto Ayam Bening

Bahan :
1/4 kg dada
1 liter air
3 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas digeprek
1 sachet masako rasa ayam
1 sdm garam
2 sdt gula pasir
Bumbu halus :
4 butir bawang merah
3 butir bawang putih
½ sdt merica, pala, kayu manis
Bahan pelengkap :
Soun, tauge, kol, daun bawang, jeruk nipis, bawang merah goring, saus sambal, kecap manis, dan saambal cabe rawit.

Cara Membuat :
Gongso bumbu halus hingga mengharum, masukan ayam aduk hingga menyerap dan ayam mulai sedikit matang. Masukan daun jeruk, masako, garam, gula pasir dan ayam.
Setelah ayam matang dan empuk lalu diangkat, pisahkan ayam dan kaldunya.
Ayam diggoreng hingga kecoklatan, lalu ayam di suwir-suwir.
Kaldu ayam dipanaskan lagi, masukan, aduk, didihkan lagi.

Masukan suwiran ayam ke dalam kaldu

Masukan suwiran ayam ke dalam kaldu

Penyajian :
Susun didalam mangkok, kol, soun, kentang goreng, tauge, daun bawang, ayam suwir, dan siram dengan kuah soto lalu taburi dengan bawang goreng, sajikan dengan saus sambal, sambal cabe rawit, jeruk nipis dan kecap manis.

Sayuran pelengkap soto disajikan terpisah

Sayuran pelengkap soto disajikan terpisah

Mangut Lele

Sedangkan pada hari minggu, aku masak Mangut Lele yang merupakan masakan Jawa Timur. Mas Arif suka banget sama mangut lele dan lele goreng, kalau gak bosan aku dua minggu sekali masak lele. Selang seling saja sama masakan yang lain.

Mangut Lele

Mangut Lele

BAHAN:
– ½ lele, buang isi perutnya, buang patilnya, cuci bersih dan dikerat-kerat
– 250 ml santan kental
– 1 batang sereh, dimemarkan
– 2 sendok makan gula putih
– cabe rawit dan daun kemangi
BUMBU HALUS:
– 5 siung bawang merah
– 5 siung bawang putih
– 3 cm jahe
– 3 cm lengkuas
– 3 cm kunyit
– garam secukupnya

CARA MEMASAK:
– Lele digoreng kering
– bawang merah, siung bawang putih, cm jahe, lengkuas, kunyit di ulek sampai halus, kemudian di tumis dengan api kecil. Setelah harum masukkan masukkan 250 ml santan kental dan 1 batang sereh yg sudah dimemarkan. Aduk jangan sampai pecah. Masukkan 2 sendok makan gula putih dan garam secukupnya. Masukan daun kemangi, cicipi bila perlu. Setelah mendidih masukkan lele yang telah digoreng kering dan beberapa cabe rawit. Biarkan beberapa saat dengan api kecil

Setelah lele mangut matang, makannya sama bakwan jagung dan sambal.

Bakwan Jagung

Bakwan Jagung

Habis masak, acara hari minggu ini banyak, karena aku harus membersihkan rumah, ngepel, nguras akuarium dan nyetrika. Kayak sekarang ni, nulis blog mulai sore menjelang malam, karena habis ini aku mau nyetrika, jadi setrikaanku sudah menanti. Semoga kegiatanku di akhir pekan ini berguna yaa, Selamat wiken teman, semoga besok aku bisa puasa hari senin, kalau gak jadi puasa, rencananya pengen berenang….

Heppy Wiken….

Advertisements
Comments
  1. […] Jadi tunggu apalagi yuuk kita menanam di lahan sempit.  Menanam apa saja yang sekiranya bermanfaat bagi kita makan sehari-hari. Kita bisa menikmati  segarnya soto ayam bening dengan perasan jeruk limo, atau bisa juga jeruk nipis, disamping makanan pelengkap lainnya seperti tempe goreng, perkedel, sate ati dan kerupuk. Resep ada disini, silahkan klik Resep Akhir Pekan. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s