Silaturahmi dengan Rektor UMJ Masyitoh Chusnan

Posted: February 22, 2012 by Eva in Perempuan

Pada hari Rabu, 15 Februari 2012, saya ada kesempatan untuk bersilaturahmi dengan rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Prof. Dr.Hj. Masyitoh Chusnan. Sebelum datang ke kantornya saya agak sedikit lapar dan mampir ke kantin UMJ di dekat ruang rekrotat memesan mie yamin dan es teh manis. Gak nyangka, saya baru sekali ini makan mie yamin dan ternyata enak banget jadi pengen lagi :). Mie seharga enam ribu ini kecap dan mericanya sangat terasa, sehingga aku langsung melahapnya.

Mie Yamin

Mie Yamin

Karena waktu masih setengah dua, saya ada waktu untuk jalan-jalan ke pasca sarjana yang tidak jauh berada dari sebelah kiri kantin dengan jalan yang agak sedikit naik. Saya masuk ke ruang informasi dan melihat-lihat serta menanyakan program S-2 untuk Pendidikan Islam dan Komunikasi, harganya cukup murah dan terjangkau, sayangnya saya disarankan oleh dokter saya untuk tidak melanjutkan kuliah saya, jadi saya pun mengurungkan niat saya untuk bertanya lebih mendalam.

Setelah pukul dua kurang sedikit saya baru melangkahkan kaki ke ruang rektorat, rupanya Bu Masyitoh baru selesai rapat dan saya harus menunggu terlebih dahulu. Sama sekretarisnya saya dipersilahkan untuk makan siang, tapi saya menolaknya karena baru saya makan mie yamin. Setelah menunggu selama kurang lebih 10 menit saya dipanggil ke ruang rektorat dan saya pun mengobrol dengannya.

Banyak hal yang di ceritakan berkaitan dengan sepak terjang Aisyiah dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Namun justru menurut saya, yang paling menarik adalah di akhir cerita saat Bu Masyitoh menceritakan pengalaman pribadinya dan rahasia sukses sebagai perempuan yang menjadi pucuk pimpinan sebuah universitas selama dua periode dan mendidik anak-anaknya hingga sukses. Ia banyak menceritakan dukungan suaminya yang telah melatih dia untuk senantiasa mandiri dan membantu tugas-tugasnya sebagai rektor sekaligus pengurus PP Aisyiah. Dari mulai ia mendampingi suaminya yang pernah menjadi Dirjen di Depsos hingga usahanya untuk bisa menyetir sendiri mobilnya agar ia bisa aktif ke mana-mana. Kuncinya kata Bu Masyitoh dalam membina karir dan rumah tangga adalah saling mendukung dan saling pengertian. Bersilaturahmi dan berdiskusi dengannya sangat menarik, banyak wawasan yang saya dapatkan dan semangat ibu empat anak ini. Alhamdulilah saya diberi kesempatan dan mudah-mudahan suatu waktu bisa bertemu lagi.

Advertisements
Comments
  1. mayharjanti says:

    Maaf, Mbak. Sedikit ralat, beliau memiliki empat putra. Tks.

  2. Puput IMM says:

    Sayangnya, sangat disayangkan, Ibu Profesor ini sekarang jadi pendukung Syi’ah, jadi anteknya Jalaludin Rahmat. Semoga Allah memberi hidayah untuk Ibu Profesor.

    dari aktivis IMM yang kecewa terhadap elit Muhammadiyah . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s