Archive for February, 2014

Tahu Isi jeletot

Posted: February 16, 2014 by Eva in Kuliner

Hari Minggu siang ini sehabis bikin pisang bakar, aku sengaja beli tahu pengen nyoba bikin tahu isi jeletot.
Aq beli gak banyak sih cuma 10 buah karena cuma buat berdua. Berikut ini Aku tulis resepnya.

Tahu Isi Jeletot

Tahu Isi Jeletot

Tahu Isi Jeletot

Bahan
10 buah tahu pong
tauge 250 gram
2 batang bawang daun
2 batang seledri
1 buah wortel potong pendek
10 buah lombok

Bumbu
Merica secukupnya
3 siung bawang putih
garam

Bahan Kulit
50 gram tepung terigu
beri sedikit garam
satu sendok ketumbar

Cara Membuat
1. Haluskan merica, bawang putih, lombok dan garam
2. Tumis dalam wajan lalu masukkan tauge sampe bumbu meresap aduk-aduk sampe mateng
3. setelah bahan untuk isi matang, sobek sedikit tahu lalu masukkan tauge sedikit demi sedikit ke dalam tahu
4. untuk membuat kulit siapkan tepung terigu, haluskan ketumbar dan garam beri air lalu aduk-aduk kedalam tepung
5. Masukkan tahu yang sudah diisi ke dalam tepung, baluri tahu dengan tepung yang sudah dibumbuin lalu diamkan
6. Lalu Goreng tahu isi dengan api kecil dan siap dihidangkan.

Selamat Menikmati….

Puding Sutera

Posted: February 10, 2014 by Eva in Kuliner

Awalnya aku liat profil pic Nita di BB yang memasang foto puding sutera. Lalu aku cari di internet resepnya yang selalu pake NCC akhirnya ketemu juga. Lalu aku ama mas arif belanja kebutuhannya ke Tiptop dan akhirnya aku bisa bikin alhamdulillah terimakasih ya Murnita Dian Kartini.


Puding Sutra

Puding Sutera

Puding Sutera

Resep : Yeni Suryasusanti (NCC)

Bahan : – 1 bks agar2 putih –
– 1 kaleng SKM
– 5 kaleng air ( gunakan bekas kaleng skm nya )
– Sirup rasa jeruk ( aku pk ABC Squash Delight )
– Fruit Cocktail atau buah kaleng lainnya ( pake jeruk biasa juga gak papa

Cara Membuat:

– Campur susu, air dan agar2, aduk rata lalu rebus hingga mendidih dan airnya menggelegak
– Angkat dari api lalu aduk2 hingga uapnya hilang
– Tuang puding di cup2 kecil lalu biarkan hingga 1/2 beku ( kalau mau cepat bisa dimasukkan ke kulkas bawah)
– Setelah itu tuang 1 sdt sirup jeruk (tanpa diencerkan) di setiap cupnya biarkan hingga beku, sirup jeruk akan terserap oleh jeruknya
– Beri 1 sdm fruit cocktail dan 1 sdm air dari cocktailnya di masing2 cup
Sajikan dingin-dingin enak deh pastinya. Selamat Menikmati

contoh puding

contoh puding

Sop Iga

Posted: February 10, 2014 by Eva in Kuliner

Hari Minggu adalah hari yang paling pas untuk masak besar, terutama karena dari hari Senin sampai Jumat makanan yang dimasak adalah yang cepet dan ringkas karena harus disajikan pagi sebelum kerja. Seperti minggu kemarin 8 Februari 2014 saya bikin Sop Iga. Selama ini belum pernah bikin dan kurang suka dengan sup iga, tapi mas arif suka dan akhirnya aku jadi ikutan suka. Berikut saya tulis resepnya:

Sop Iga

Sop Iga

SOP IGA
Bahan
– Iga Sapi 1/2 kg
– wortel 2 buah
– Daun Bawang dan Seledri secukupnya
– kayu manis secukupnya
– cengkeh sedikit kurang lebih 8 buah
– Tomat 1 buah
Bumbu yang dihaluskan
-5 siung bawang putih
-5 siung bawang merah
-Merica secukupnya
-Pala separuh
-Garam
Sambal
-rebus 10 butir lombok dan dua butir cabe merah
-garam


Cara Membuat

1. Rebus iga 30 menit pake presto sampai empuk dagingnya
2. Haluskan bumbu dengan diblender
3. Potong wortel bulat-bulat
4. Setelah iga selesai dipresto masukkan wortel dan buka tutupnya lalu rebus lagi kurang lebih 10 menit
5. masukkan bumbu yang telah dihaluskan aduk-aduk hingga bumbu meresap
6. iris daun bawang dan seledri masukkan beserta kayu manis
7. jika wortel sudah empuk dan daging sudah matang masukkan irisan tomat
8. Ulek cabe yang direbus masukkan dengan garam dan menjadi sambal
9. Hidangkan panas-panas dan sajikan dengan nasi dan sambal dan bawang goreng

Selamat Menikmati

Kue Lumpur

Posted: February 10, 2014 by Eva in Kuliner

Setiap ada arisan atau pengajian aku paling seneng makan kue lumpur. Karena setiap ada acara aku pesen sama bu Hardy, maka untuk kesekian kalinya aku memberanikan diri membuat sendiri kue lumpur untuk pengajian RT di rumahku. Setelah diajarin ama Bu Hardy aku akhirnya bisa juga bikin, berikut aku tulis resepnya

Kue Lumpur

Kue Lumpur

Kue Lumpur

Bahan:
-Tepung 180 gram
-Kentang 1/2 kg
-susu 350 ml
-margarin 140 gr
-Santan 150 ml
-gula 180 gr
-telur kuningnya aja 4 (pake telur bebek lebih bagus)
-kismis

Cara Membuat
1.Rebus kentang buang kulitnya kemudian blender beri sedikit air
2.cairkan mentega biarkan hingga dingin
3.masukkan tepung, kuning telur dan santan kemudian mixer, masukkan gula dan susu.
4.masukkan kentang yang telah diblender dan masukkan margarin cair yang telah mendingin lalu kembali mixer hingga kurang lebih 20 menit
5. Setelah benar-benar pas adonannya oleskan diatas cetakan margarin cair lalu nyalakan api kecil
6. Cetak hingga bener-bener matang lalu angkat dan hidangkan dengan teh panas

Selamat Menikmati

Pepes Ayam

Posted: February 10, 2014 by Eva in Artikel, Kuliner
Pepes Ayam

Pepes Ayam

Setelah punya presto, aku sekarang rajin bikin pepes, salah satunya adalah bikin aneka pepes dan botok. Pepes yang aku bikin diantaranya adalah pepes ayam, pepes ikan mas dan bothok. Berikut ini aku tulis resep masakan Pepes ayam yang merupakan resep dari kakaku teh jijah di sukabumi.

Pepes Ayam

Bahan
-Ayam dada atas separo/ 1/2 kg
-Daun Pisang
-Kemangi
-salam
-Daun Pisang
Bumbu yang dihaluskan
-5 siung Bawang merah
-5 siung Bawang Putih
-jahe
-kemiri
-merica
-garam
Bahan yang diiris
-sereh digeprek terus diiris
-bawang daun
-cabe merah

Cara Membuat
1. Cuci ayam dengan bersih, tiriskan
2. Blender bumbu yang dihaluskan
3. Tumis bumbu yang dihaluskan, lalu masukkan ayam dan aduk-aduk
4. Setelah dingin masukkan bahan yang diiris, salam dan kemangi
5. Bungkus dengan menggunakan daun pisang
6. Kukus dalam presto kurang lebih satu jam
7. Angkat dan tiriskan lalu hidangkan dengan nasi panas dan sambal

pepes ayam satuan-kcl

Selamat menikmati