Menikmati Hidup Dengan Penuh Rasa Syukur

Posted: August 20, 2014 by Eva in Buku dan Media

Resensi Buku
Judul : Efek Terimakasih (Tindakan Bersyukur Sederhana yang Mengubah Hidup)
Penulis : John Kralik
Penerjemah : Dewi Wulansari
Editor : Nunung Wiyati
Penyelia : Chaerul Arif
Proof reader : Arif Syarwani
Penerbit : Gemilang (Kelompok Pustaka Alvabet)
Edisi : I, Mei 2014

Sampul buku

Sampul buku

Buku ini merupakan kisah nyata dari seorang pengacara/advokat yang mengalami kegagalan dan jatuh bangun dalam hidupnya. Dimulai dengan menceritakan hari paling kelam dalam hidupnya, saat itu tahun 2007, dimana John Kralik memiliki firma hukum dalam kondisi rugi besar dan kehilangan sewa kantor. Ia juga tengah berjuang melewati perceraian yang sulit, sama sekali tidak punya uang dan tinggal di apartemen yang kecil dan sumpek, serta tinggal jauh dari anak-anaknya.
Dalam kondisi yang tertekan, Kralik melakukan perjalanan ke Gunung Echo yang mengarah ke Hutan Nasional Angeles di atas Pasadena. Bertepatan dengan tahun baru, ia pun membuat sebuah resolusi saat itu. “Ini adalah saat yang tepat untuk berubah, tentu saja saya pernah merasa seperti ini, pada usia lima puluh dua, banyak resolusi tahun baru yang tidak terwujud.Tahun ini saya tidak hanya ingin menjadi pecundang dalam pekerjaan saya, saya ingin melakukan sesuatu yang lebih berarti dengan hidup saya, saya ingin menjadi lebih berarti dari sekedar pengacara yang melemparkan kebencian untuk mencari nafkah”. (Hal 15)

Duduk diatas bongkahan beton yang merupakan satu-satunya bagian yang tersisa dari hotel di pegunungan Echo akhirnya ia menemukan ide cemerlangnya yang selama ini belum pernah ia lakukan yaitu dengan mengucapkan terimakasih. Ia akan berusaha menemukan satu orang untuk berterimakasih setiap hari. Satu orang akan ia kirimi surat ucapan terimakasih, hingga pada akhir tahun ia akan menulis 365 ucapan terimakasih.

Buku yang terdiri dari 24 bab ini memuat beberapa ucapan terimakasih yang ia sampaikan kepada anak, saudara, kolega, klien dan berbagai macam orang yang pernah berbuat baik kepadanya.
Ucapan terimakasih pertama ia ucapkan pada anak pertamanya yang memberinya kado natal bahkan sampai kepada pegawai starbucks pun ia mengucapkan banyak terimakasih karena telah melayaninya.

Pada akhir Juni, Kralik telah menulis 168 ucapan terimakasih, ia pun menerima banyak telepon, pelukan dan email juga surat ucapan terimakasih, bahkan lebih banyak dari ucapan terimakasih yang pernah ia terima seumur hidup. Ia pun mulai menyimpan kartu, email dan ucapan terimakasih. “Saya menganggapnya sebagai milik yang berharga dan menyimpan mereka dengan baik. Bagi saya, ucapan terimakasih adalah benda koleksi yang tidak ternilai. Membuka-buka kembali ucapan2 yang saya terima sama menenangkannya dengan memeriksa daftar ucapan terimakasih yang saya tulis,” (hal 156).

Sebagian orang menulis bahwa kekuatan dari surat ucapan terimakasih di dalam hidup mereka telah mendorong mereka untuk menulis surat yang sama kepada orang lain, yang lain menyatakan bahwa menulis surat seperti itu membantu mereka dalam melunasi tagihan-tagihan.

Buku ini disertai beberapa ucapan terimakasih John kepada kekasihnya,anaknya, koleganya serta orang-orang yang selalu berhubungan dengannya baik bisnis, pertemanan maupun keluarga ia ungkapkan dalam buku ini, bahkan ia menulis satu bab sendiri tentang petunjuk menulis ucapan terimakasih.

Akhirnya John Kralik bisa menulis 365 ucapan terimakasih dalam lima belas bulan, memang bukan cara yang mudah, menurutnya hal ini membuat ia melihat kembali betapa banyaknya hal yang patut ia syukuri dalam hidup. Pada September 2009, John Kralik ditunjuk oleh Gubernur California Arnold Scwarzenegger menjadi Hakim Pengadilan tinggi Los Angeles.

Buku ini sangat inspiratif, bagi anda yang ingin menjalin komunikasi yang baik dengan orang-orangyang telah berbuat baik bagi anda, dengan cara yang paling sederhana sekalipun, menikmati hidup dengan penuh syukur dengan cara berterimakasih kepada orang yang paling dekat dengan anda.

Eva Rohilah
Pecintabuku tinggal di Depok
http://www.evarohilah.wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s