Kiat Hidup Sehat dan Bugar Hingga Lanjut Usia

Posted: September 23, 2014 by Eva in Buku dan Media, Kesehatan

Resensi Buku
Judul : Rahasia Hidup Sehat 30 orang Tertua di Dunia
Penulis : Zaenuddin HM
Penyunting : Abu Ibrahim
Cetakan : I, Juni 2014
Penerbit : Pustaka Inspira

Pertamakali melihat buku ini saya melihat dari judulnya yang menarik, yaitu Rahasia Hidup Sehat 30 orang Tertua di Dunia dengan sampul foto seorang lelaki setengah baya yang sedang bersantai di taman terbuka hijau, terlihat cerah, bugar dan bahagia.

Sampul Buku

Sampul Buku

Buku ini merupakan rencana jangka panjang dari sang penulis, Zaenudin HM seorang jurnalis yang pernah meliput di redaksi kesehatan Harian Merdeka. Analisis yang mendalam dan berbagai hasil riset tentang rahasia sehat orang-orang tertua di dunia di paparkan dalam buku ini dengan sangat gamblang.

Terdiri dari Tiga bagian. Bagian pertama berisi tentang rahasia orang-orang berumur panjang dan tetap sehat. Menurut Zaenudin, ada 11 resep sehat 30 orang tertua di dunia, diantaranya yaitu pola pikir positif, bersykur dan berdoa, pola makan sehat, makan secukupnya, rajin berolahraga, aktif bergerak, kebiasaan jalan pagi, gemar makan tomat, hidup mandiri, gemar membaca buku dan suka memberi sedekah.

Jus Tomat

Jus Tomat

Pada bagian kedua, Buku ini mengisahkan tentang Kisah hidup orang-orang tertua masa kini. Dalam bagian ini diulas tentang 30 orang yang memiliki umur panjang, kebanyakan adalah yang memecahkan rekor orang yang tertua di dunia oleh Guinnes World Records. Rata-rata usia mereka adalah diatas 110 tahun. Dari 30 orang itu yang terbanyak adalah orang Jepang, dimana kebiasaan orang Jepang yang memiliki porsi makan sedikit dan cara pengolahan makannya di rebus, dikukus atau di bakar. Dari 30 orang itu hanya dua dari Indonesia, yaitu Dasiyem yang berusia 165 tahun dari Tuban Jawa Timur dan Mbah Katijah yang mencapai 120 tahun dari Kediri Jawa Timur.

Dasiyem 165 tahun

Dasiyem 165 tahun

Pada bagian ketiga Zaenudin memaparkan tentang Anjuran Ilmuwan dan Para Pakar Medis. Bagian ini hampir mirip dengan bagian pertama tapi lebih mendetail. Ada 11 resep sehat ilmuwan dan pakar medis. Pertama, makan dan tidur teratur. Makan sayuran mentah tiap hari dan diusahakan tidur siang juga di anjurkan agar tetap sehat. Tidurlah 6,5 jam sehari dan perbanyaklah makan buah apel. Kedua, Perbanyaklah tertawa, hilangkan amarah.

Tidur teratur

Tidur teratur

Dengan tertawa kita bisa membakar kalori, menghilangkan stress, memperbanyak kekebalan tubuh,menurunkan kadar gula darah dan membuat awet muda. Ketiga, Makan kacang bikin umur panjang, keempat Lakukanlah beberapa hal penting seperti lindungi DNA, lebih teliti, berhenti merokok, meditasi 15 menit sehari, jadilah sukarelawan, menikah atau berkeluarga, turunkan berat badan, dan batasi minum beralkohol.

Langkah yang kelima adalah mengikuti kegiatan keagamaan, yang keenam mengikuti olahraga ringan, yang ketujuh rukun dengan keluarga, teman dan tetangga. Berikutnya kedelapan adalah rajin berpuasa dan kesembilan meniru gaya hidup orang di beberapa negara yang memiliki rata-rata umur penduduknya diatas 80 tahun seperti Jepang, Scandinavia, Islandia, Mediterania, Prancis dan Spanyol.

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang

Langkah berikutnya masih menurut saran para ilmuwan dan pakar medis adalah yang kesepuluh menerapkan gaya hidup suku Hunza Pakistan yang menerapkan pola makan sehat dengan konsumsi utama makanan yang masih alami berupa sayuran, kacang-kacangan, gandum dan buah-buahan yang segar, juga memiliki sikap yang positif.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Terakhir langkah kesebelas, adalah menerapkan hidup gaya orang Ikaria. Orang Ikaria tinggal di pegunungan. Mereka makan sayuran, buah dan biji-bijian, minum susu kambing serta teh herbal. Mereka juga memiliki waktu istirahat yang cukup, menikmati waktu yang ada serta mempererat hubungan keluarga dan sosial.
Jika anda ingin tahu lebih mendalam dan ingin memiliki badan yang sehat dan bugar sampai usia senja, tidak ada salahnya buku ini jadi rujukan. Buku ini Cocok sebagai referensi bagi anda yang sedang menerapkan pola hidup sehat, atau juga sebagai kado buat orang tua atau orang terdekat Anda yang sangat berarti dan anda ingin melihat mereka sehat, bahagia dan diberi umur yang panjang.

Eva Rohilah
Pecinta buku tinggal di Depok
Twitter : @evarhl

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s