Pertamakali Bikin Rawon

Posted: October 9, 2014 by Eva in Kuliner

Hari raya Iedul Adha ini alhamdulillah kami mendapat lumayan banyak daging kurban dari RT, tetangga juga dari kantor Mas Arif. Pada hari pertama, kami memasak rendang daging sapi, udah sering sih aku bikin jadi gak usah dimuat di blog. Hari ini aku memasak Empal gepuk tapi kelamaan ngerebusnya jadi dagingnya ancur, gak jadi deh aq foto hehehe, dan yang ketiga aku bikin Masakan khas Jawa Timur yaitu Rawon. Ya rawon, meski suamiku orang Blitar seumur-umur aku belum pernah bikin rawon. Lalu aku ingat mukti ali atau mbah temen di kantor lama yang pintar masak rawon, aku kontak lewat bbm dan beginilah resepnya:

Rawon

Rawon

Rawon
Bahan: Daging bagus dan daging sandung lamur atau yang berlemak ½ kg
Kuahnya 1,5 liter

Bumbu halus:
Bawang merah 8 siung, bawang putih 5 siung, ketumbar 1 sendok teh, merica lada bubuk 1 set, jahe 1 cm, daun jeruk 4 lembar, kunyit 2 cm, sangrai bumbu, terus blender, tambahkan kluwak sekitar 6 biji ambil isinya taruh di gelas/mangkuk kasih air cemek2, atau sangrai, setelah itu campur dalam blender dan haluskan. Tambah jinten sedikit.

Bumbu geprek
Serai satu batang, laos sejempol kaki, sama 3 lembar daun jeruk, daun jeruk agak banyak karena khasnya rawon.
Cara memasak:
Setelah bumbu dihaluskan, bumbu ditumis dengan minyak yang cukup, termasuk lengkuas, daun jeruk dan serai sampai benar2 wangi. Harus dioseng2 karena waktu diblender bercampur air, usahakan waktu numis bumbu airnya bisa habis.

Setelah itu, daging yang sudah direbus dan diiris-iris masukkan dalam bumbu yang ditumis, tambahkan sedikit air sampai kira2 bumbu menyatu dengan daging.
Setelah bumbu keliatan meresap dengan daging, (warna daging sudah kehitaman) masukkan ke dalam panci yang ada kaldu dagingnya tadi tambahkan air secukupnya.

Kasih setengah sendok air asam dan tomat utuh 2 biji jangan diiris biarkan sampai mendidih dg api sedang. Waktu masukkan daging dalam kuah tambahkan garam, gula, dan penyedap secukupnya, usahakan waktu daging sudah dimasukkan kuah mendidihnya sedang atau kecil saja tapi keliatan mendidih, cek rasa asin manisnya kalau sudah pas biarkan dalam keadaan mendidih sekitar 15 menit. Kemudian masukkan irisan bawang irisan bawang daun (2 batang) sama bawang goreng dan siap disantap.

Rawon Perdanaku

Rawon Perdanaku

Oh ya aku sengaja pake kluwek agak banyak, karena setelah dibuka kluwek itu banyak yang kopong, dari 13 biji mungkin yang bagus hanya 6, Aku juga enggak pakai bawang daun sengaja, disajikan ama tauge pendek dan sambal soto. Sambalnya isinya cuma cabe lombok dan garam terus di ulek, lebih nikmat lagi kalau dimakannya sama kerupuk. Di jamin mantap deh, makasih ya mbah mukti atas resepnya Maknyoss

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s