Mencari Kedamaian dengan Mendalami Psikologi Sufi

Posted: October 31, 2014 by Eva in Buku dan Media

Resensi Buku

Judul : Psikologi Sufi (Untuk Transformasi Hati, Jiwa dan Ruh)
Penulis : Robert Frager,Ph.D
Penerjemah : Hasyimah Rauf
Penyunting : Qamaruddin SF
Penerbit : Zaman
Cetakan : I, 2014

Sampul Buku

Sampul Buku

Kebanyakan para sufi meyakini bahwa terdapat kebenaran mendasar dari seluruh agama. Agama-agama besar memiliki inti ajaran yang sama. Dalam buku yang bersampul putih kecoklatan ini, pembaca akan memfokuskan diri pada tiga konsep dasar psikologi sufi yaitu hati, diri dan ruh. Hati maksudnya adalah hati spiritual. Menurut Psikologi sufi, hati menyimpan kecerdasan dan kearifan kita yang mendalam. Ia lokus makrifat, gnosis atau pengetahuan spiritual. Cita-cita para sufi adalah menumbuhkan hati yang lembut dan penuh kasih sayang, dan juga menumbuhkan kecerdasan hati. Ini kecerdasan yang lebih mendalam dan mendasar daripada kecerdasan abstrak akal. Jika mata kita terbuka, kita dapat mendengar kebenaran yang tersembunyi dibalik kata-kata yang diucapkan.

Konsep yang kedua adalah Diri. Dalam psilologi sufi, diri, jiwa, atau nafs adalah sebuah aspek psikis yang pertama sebagai musuh terburuk kita. Namun ia dapat tumbuh menjadi alat yang tak terhingga nilainya. Tingkat terendah adalah nafs tirani. Ia adalah seluruh kekuatan dalam diri yang menjauhkan kita dari jalan spiritual. Di sisi lain tingkat tertinggi nafs dikenal sebagai nafs yang suci. Pada tingkat ini, kepribadian bagaikan kristal murni dan sempurna yang memantulkan cahaya ilahi hampir tanpa cacat dan penyimpangan.
Ruh, konsep yang ketiga mencakup sebuah model ruh manusia yang didasari oleh prinsip evolusi. Ruh memiliki tujuh aspek atau dimensi: mineral, nabati, hewani, pribadi, insani, rahasia dan maha rahasia. Setiap diri kita memiliki tujuh tingkat kesadaran. Tasawuf bertujuan agar ketujuh tingkat kesadaran ini bekerja secara seimbang dan selaras.

Buku yang terdiri dari delapan bab ini menjelaskan secara mendetail tentang ketiga konsep psikologi diatas disertai kisah-kisah dan obrolan sufi yang membawa kedamaian dalam hati. Membaca setiap lembarnya buku ini kita semakin diajak secara mendalam tentang beberapa aspek dalam kehidupan orang-orang sufi. Dalam buku ini juga kita akan memahami beberapa istilah dalam psikologi sufi seperti menjadi seorang Darwis, Mursyid dan menghormati Syekh yang sangat dihormati.

Buku yang ditulis oleh Robert Frager, Ph.D ini kaya akan renungan dan nasihat bagaimana seharusnya menjadi seorang sufi. Penulis yang meraih gelar doktor psikologi sosial dari Harvard Ubiversity ini juga seorang syekh atau mursid. Ia menjadi Presiden Tarekat Jerrahi California dan sudah 25 tahun menjadi pembimbing spiritual.

Buku ini menjadi referensi wajib bagi Anda yang ingin mendalami tentang sufi dan seluk beluk di dalamnya. Juga menjadi bacaan alternatif bagi anda yang mungkin terlalu disibukkan dengan urusan duniawi dalam aktivitas sehari-hari. Anda akan mengalami kesegaran dalam berfikir dan berusaha merenungkan kembali tentang hakekat hidup seorang sufi. Selamat Membaca.

Eva Rohilah
Pecinta Buku, tinggal di Depok
Twitter: @evarhl

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s