Menyelami Kisah Para Sahabat Nabi sebagai Generasi Muslim Pertama

Posted: November 6, 2014 by Eva in Buku dan Media

Resensi Buku

Judul : Sahabat Muhammad (Kisah Cinta dan Pergulatan Iman Generasi Muslim Awal)
Penulis : Nizar abazhah
Penerjemah : Taufik Damas dan M.Abidun
Penyunting : Juman Rofarif dan Dedi Slamet Riyadi
Penerbit : Zaman
ISBN : 978-602-1687-15-4

Sampul Buku

Sampul Buku

Banyak orang kagum setelah membaca sejarah para sahabat Rasulullah SAW. Karena berjumpa langsung dengan Rasulullah mereka memiliki posisi istimewa yang tak bisa dibandingkan dengan generasi sesudahnya. Tak sedikit yang bertanya-tanya bagaimana sebenarnya kondisi mereka, orang-orang yang tegar dan kukuh oleh dera-siksa, hinaan, pengucilan, dan segala bentuk intimidasi dari orang-orang kafir, demi mempertahankan akidah? Para sahabat yang telah beriman akan menjaga komitmen keimanan mereka, apapun resikonya. Tidak ada yang mereka harapkan selain syahid di hadapan Allah SWT.

Buku yang terdiri dari delapan bab ini menjelaskan secara terperinci bagaimana kisah para sahabat nabi baik yang berada di Mekkah maupun di Madinah, pertamakali masuk islam dan berjuang bersama Nabi Muhammad SAW. Di mulai dari bab pertama tentang Pancaran Cahaya, sang penulis buku ini menceritakan dengan indah bagaimana ketika Nabi sedang mendapat Wahyu di Gua Hira dimana permulaan Iman itu menjadi dasar. Pada bab kedua, nabi menceritakan tentang para sahabatnya yang menetap di Mekkah seperti Bilal, Abu Bakar, Thalhah ibn Ubaidillah, Keluarga Yasir, Mush’ab ibn Umair, Zubair ibn Awam, Sa’ad Ibn Abi Waqqash, Umar Ibn Khattab hingga perjalanan pertama nabi ke Habsyah.

bab ketiga, Rasulullah SAW menceritakan tentang beberapa rangkaian peristiwa penting seperti tahun berkabung dimana ia kehilangan orang-orang tercinta hingga peristiwa Isra Miraj yang bersejarah. Sedangkan pada bagian keempat Nizar Abazhah menceritakan tentang cakrawala baru dimana mulai diceritakan kekhawatiran kaum Quraisy dan perjalananan nabi dengan Sahabat Abu Bakar.

Cahaya Islam di Negeri Hijrah adalah bab kelima buku ini dimana pada bagian ini mulai terasa bentuk-bentuk persaudaraan di kota Madinah. Dikupas beberapa kisah sahabat dalam bab ini diantaranya adalah Abdurrahman ibn Auf, Salman Al-Farisi, Abu Qais, Abdullah Ibn Salam, Mikhyariq, Abu Hurairah dll.

Bab keenam buku ini menjelaskan tentang kisah setelah Penaklukkan Makkah. Pada bab ini dijelaskan bagaimana delapan tahun berlalu sejak Rasulullah pergi dari Mekkah ke Madinah dalam keadaan terusir, hina dan teraniaya. Kaum Musyrik Quraisy mengejarnya dengan senjata terhunus, mengadakan sayembara dan terus berusaha mengganggu ketentramannya. Kini setelah delapan tahun pergi meninggalkan tanah air, Rasulullah dan kaum muslim kembali ke kota Mekkah sebagai penakluk.

Pada bagian ketujuh buku ini ada tiga sub bab yaitu Kematian yang mengejutkan, Khalifah Rasulullah dan sifat-sifat sahabat. Ada banyak sifat-sifat sahabat nabi yang patut diteladani. Pemaparan buku ini yang menceritakan para sahabat nabi dengan tutur kata yang mudah dicerna dan dengan bahasa yang apik menjadikan buku ini layak dibaca disaat kita senggang. Kisah tauladan para sahabat nabi memacu keimanan kita untuk senantiasa menjaga akidah dan ahlak kita di masa sekarang ini. Bagi anda yang suka sejarah nabi dan bagaimana generasi muslim pertama ini berjuang di jalan Allah, Anda wajib membaca buku ini.

Eva Rohilah
Pecinta buku tinggal di Depok
Twitter: @evarhl

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s