Memasak itu Menyenangkan, Resep Bekal ke Kantor Selama Seminggu

Posted: October 12, 2015 by Eva in Kuliner

Alhamdulilah pekerjaan kantor lagi santai jadi bisa mulai menulis di blog beberapa hobi yang ingin aku tulis selama beberapa bulan terakhir ini terkait dengan aktifitas masak memasak dan kuliner. Setelah hampir sembilan tahun menikah aku telah mencoba aneka macam resep makanan baik masakan, kue maupun aneka desert seperti puding dan agar-agar.

Setelah tiga tahun merintis usaha aku akhirnya bekerja lagi di sebuah penerbitan di Kebayoran lama. Aku sama mas Arif tiap hari naik kereta dan berangkat jam 7.15. Biasanya mas Arif sarapan pagi jam 7 kurang dikit sambil minum teh, nah aku bikin sarapan sekalian aja buat aku bawa bekal ke kantor dan buat makan malam jadi bikinnya agak banyak masakan yang bisa awet seharian sampai malam.

Berikut aku tulis resep masakanku selama seminggu yang biasanya aku gilir dua atau tiga minggu berikutnya.

Hari Senin
Cumi Cabai Hijau

Hari senin biasanya agak males-malesan kerja karena habis libur panjang. Aku masak cumi basah biar semangat. Aku biasanya beli sekantung, mungkin setengah kg beratnya seharga Rp.25.000 di mamang tukang sayur langganan. Bumbunya bawang merah, bawang putih dan cabai hijau saja simple gak ribet. Buang mata dan bagian depan cumi ambil dagingnya lalu potong dadu, iris bumbu lalu tumis, masukkan cumi dan aduk-aduk, kalau sudah agak matang masukkan cabai hijau masukkan daun jeruk dan masak hingga matang sekitar 10 menit lalu kasih kecap saori, kalau sudah dikasih saori jangan diberi garam nanti juga gurih. Kalau bumbu sudah meresap masak lalu tiriskan.

Cumi Cabai Hijau

Cumi Cabai Hijau

Hari Selasa
Ikan Kembung Berlada

Untuk hari selasa, aku masak ikan kembung. Gak banyak masaknya cuma 4 biji tapi yang ukuran sedang jangan yang besar-besar dan jangan yang terlalu kecil. Biasanya kalau masak yang agak berat gini aku masaknya malam pulang kerja karena masaknya cukup lama. Resepnya bersihkan empat ekor ikan dan tiriskan lalu goreng kering. Rebus cabe 10 biji, setelah itu blender cabe dan haluskan bersama bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan kemiri. Langkah berikutnya masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis, masukkan garam dan gula setelah harum masukkan ikan kembung dan aduk pelan tambah air asam kandis 3 biji aja lalu aduk-aduk lagi hingga matang lalu tiriskan. Ada dua macam cara masak ikan kembung berlada ini ada yang kering cuma dikasih air saja sedikit ada yang bersantan.

ikan berlada Kering

ikan berlada Kering

Ikan Kembung berlada Santan

Ikan Kembung berlada Santan

Hari Rabu
Sayur Bayam Jagung Manis

Setelah dua hari makan ikan dan santan, hari rabu saya pengen masak yang bening-bening. Pilihanku hari ini adalah sayur bayam dengan tambahan jagung manis. Karena bayam ini hanya kuat sehari, malam sebelum tidur saya rebus jagungnya sampai matang buang airnya. Lalu kalau sudah pagi, potong daun bayam dan cuci bersih. Panaskan air, Lalu masukkan bawang merah dan bawang putih masukkan bayam dan jagung manis pada air yang sudah berisi sayuran, setelah setengah matang masukkan potongan tomat satu biji aja tambah garam dan gula lalu angkat. Biasanya bayam ini disajikan dengan ikan keranjang atau tempe tahu goreng juga sambal.

Sayur Bayam Jagung Manis

Sayur Bayam Jagung Manis

Hari Kamis
Rendang Ayam

Untuk hari kamis biasanya aku juga masak malam, rabu pagi aku belanja ayam setengah kg bagian dada atas potong enam lalu bersihkan simpan di bawah freezer. Cabe di rebus dan haluskan bersama kemiri, bawang merah, bawang putih dan bawang bombay, jahe dan laos juga blender. Setelah itu bumbu yang dihaluskan tumis hingga harum lalu masukkan ayam sampai berminyak beri garam dan gula. Rebus kara satu buah sampai mendidih lalu masukkan dalam ayam yang sudah diberi bumbu dan aduk-aduk hingga setengah jam sampai airnya mengental.Jangan lupa beri serai digeprek,daun kunyit dan daun jeruk secukupnya. Angkat lalu tiriskan.

Rendang Ayam Kental

Rendang Ayam Kental

Hari Jumat
Botok Ikan Teri Petai Cina

Kalau hari Jumat kan hari pendek, saya pengen masak yang serba kukus. Idenya adalah masak botok ikan teri petai cina. Mas Arif suka banget masak botok dan bikinnya pun gampang. bahan-bahannya adalah ikan teri medan, petai cina, kelapa muda dan tempe, ukurannya menyesuaikan saja. Bersihkan seperempat kg ikan teri bersihkan, tuang di dalam baskom kecil masukkan petai cina lalu haluskan bawang merah, bawang putih dan daun jeruk. Setelah bumbu halus masukkan bumbu ke dalam baskom dan aduk-aduk masukkan garam dan sesendok gula, oh ya kalau mau pedas masukkan lombok rawit kalau pengen pedes ya banyak kalau tidak pedas ya sedang saja, tapi kalau pengen botoknya warna merah masukkan cabai merah. Lalu kukus pake daun pisang selama kurang lebih setengah jam. Angkat lalu tiriskan, enak dimakan ama kerupuk atau lalapan dan sambal.

Botok Ikan Teri Petai Cina Lombok rawit

Botok Ikan Teri Petai Cina Lombok rawit

Botok Ikan Teri Petai Cina Cabe Merah

Botok Ikan Teri Petai Cina Cabe Merah

Nah itu saja ya, beberapa resep masakan selama senin-jumat yang biasa aku bawa ke kantor. Minggu depan di sambung lagi. Aku masih punya juga resep akhir pekan atau sabtu minggu dan aneka daging olahan kurban. Sekarang udah sore mau pulang ke rumah dulu. Semoga berguna yaa…

Kebayoran lama, 12 Oktober 2015

Selamat mencoba dan maknyuuus

Eva

Advertisements
Comments
  1. Ratna Dewi says:

    Botok ikan teri petai cina kesukaanku tuuh,yummyy. Apalagi kalo makannya pake nasi anget…

  2. Wahhhh bermanfaat banget kebutulan aku lagi mentok ode mau masak qpa, pas bgt jadi oengen masak cumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s