Jaminan Kesehatan Nasional dan Revolusi Sistem Kesehatan di Indonesia

Posted: October 16, 2015 by Eva in Artikel, Humaniora, Kesehatan
Tags: , ,

Sebenarnya sudah lama aku ingin menulis tentang Sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan terobosan dan revolusi besar dalam sistem kesehatan di Indonesia. Sebenarnya banyak yang belum bisa membedakan apa itu JKN dan BPJS Kesehatan. JKN merupakan program pelayanan kesehatan terbaru yang merupakan kepanjangan dari Jaminan Kesehatan Nasional yang sistemnya menggunakan sistem asuransi. Artinya, seluruh warga Indonesia nantinya wajib menyisihkan sebagian kecil uangnya untuk jaminan kesehatan di masa depan. Bagaimana dengan rakyat miskin? Tidak perlu khawatir, semua rakyat miskin atau PBI (Penerima Bantuan Iuran) ditanggung kesehatannya oleh pemerintah. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi rakyat miskin untuk memeriksakan penyakitnya ke fasilitas kesehatan.

Sementara BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS Kesehatan ini adalah perusahaan asuransi yang kita kenal sebelumnya sebagai PT Askes. Begitupun juga BPJS Ketenagakerjaan merupakan transformasi dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja). Antara JKN dan BPJS tentu berbeda. JKN merupakan nama programnya, sedangkan BPJS merupakan badan penyelenggaranya yang kinerjanya nanti diawasi oleh DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional).

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2013 jenis Iuran dibagi menjadi:
– Iuran Jaminan Kesehatan bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah daerah dibayar oleh Pemerintah Daerah (orang miskin dan tidak mampu).
– Iuran Jaminan Kesehatan bagi peserta Pekerja Penerima Upah (PNS, Anggota TNI/POLRI, Pejabat Negara, Pegawai pemerintah non pegawai negeri dan pegawai swasta) dibayar oleh Pemberi Kerja yang dipotong langsung dari gaji bulanan yang diterimanya.
– Pekerja Bukan Penerima Upah (pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri) dan Peserta bukan Pekerja (investor, perusahaan, penerima pensiun, veteran, perintis kemerdekaan, janda, duda, anak yatim piatu dari veteran atau perintis kemerdekaan) dibayar oleh Peserta yang bersangkutan.
Untuk jumlah iuran Jaminan Kesehatan bagi Peserta Pekerja Penerima Upah yang terdiri atas PNS, Anggota TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri akan dipotong sebesar 5 persen dari gaji atau Upah per bulan, dengan ketentuan 3 persen dibayar oleh pemberi kerja, dan 2 persen dibayar oleh peserta.
Tapi iuran tidak dipotong sebesar demikian secara sekaligus. Karena secara bertahap akan dilakukan mulai 1 Januari 2014 hingga 30 Juni 2015 adalah pemotongan 4 persen dari Gaji atau Upah per bulan, dengan ketentuan 4 persen dibayar oleh Pemberi Kerja dan 0,5 persen dibayar oleh Peserta. Namun mulai 1 Juli 2015, pembayaran iuran 5 persen dari Gaji atau Upah per bulan itu menjadi 4 persen dibayar oleh Pemberi Kerja dan 1 persen oleh Peserta.

Kartu BPJS Kesehatan

Kartu BPJS Kesehatan

Sementara bagi peserta perorangan akan membayar iuran sebesar kemampuan dan kebutuhannya. Untuk saat ini sudah ditetapkan bahwa:

– Untuk mendapat fasilitas kelas I dikenai iuran Rp 59.500 per orang per bulan
– Untuk mendapat fasilitas kelas II dikenai iuran Rp 42.500 per orang per bulan
– Untuk mendapat fasilitas kelas III dikenai iuran Rp 25.500 per orang per bulan
Pembayaran iuran ini dilakukan paling lambat tanggal 10 setiap bulan dan apabila ada keterlambatan dikenakan denda administratif sebesar 2 persen dari total iuran yang tertunggak paling banyak untuk waktu 3 (tiga) bulan. Dan besaran iuran Jaminan Kesehatan ditinjau paling lama dua tahun sekali yang ditetapkan dengan Peraturan Presiden.

Saya sendiri mulai awal tahun ini lupa kapan daftarnya menjadi anggota BPJS secara mandiri. Saat itu secara tidak sengaja sedang mengantri di BNI Pamulang mau nabung. Sebelah saya dua orang perempuan sedang mengantri mau bayar BPJS Kesehatan. Lalu saya tanya siapa yang sakit? Lalu dia jawab ayahnya sakit di sebuah rumah sakit di Gaplek Pamulang rawat inap atas rekomendasi dari klinik Mitra Sehat Jl.Surya Kencana Pamulang. Dia cerita kalau pihak klinik Mitra Sehat mengadakan pendaftaran secara massal untuk pasien yang biasa berobat di BPJS. Jadi yang mengurus pihak klinik ita gak usah capek-capek antri di kantor BPJS.

Klinik Mitra Sehat Pamulang

Klinik Mitra Sehat Pamulang

Karena prosesnya mudah dan tidak perlu mengantri esok harinya saya mendaftarkan diri menjadi anggota BPJS melalui jalur klinik seperti yang dilakukan orang yang saya temui di kantor BNI tempo hari. Saya melengkapi ktp kk dan mengisi formulir BPJS Kesehatan serta membayar uang administrasi sebesar Rp.30.000 dan diminta seminggu kemudian datang lagi ke Klinik Mitra Sehat untuk mengambil kartu. Jangan lupa mencantumkan nomor HP yang bisa dihubungi.

Setelah sekitar kurang lebih seminggu saya kembali dan alhamdulilah ternyata kartu saya sudah jadi dan saya diharuskan membayar angsuran pertama untuk saya dan suami yang mengambil kelas 1 dengan biaya 120.000 perbulan satu kk. Saya lebih memilih mandiri karena kalau dari kantor kan kita tidak tahu akan selamanya kerja atau akan berhenti jadi saya dan suami lebih memilih jalur mandiri meskipun dianjurkan juga oleh kantor masing-masing.

Bulan kedua atau ketiga pembayaran saya lupa, tiba-tiba suami saya meriang dan panas mungkin karena kecapekan kerja. Biasanya saya pergi ke Pamulang Medical Centre (PMC) dan biasa dengan dokter disana habis sekitar 300.000 – 400.000 sekali berobat. Akan tetapi karena sekarang sudah ada BPJS Kesehatan, kami mencoba memakainya ke klinik Mitra Mehat. Alhamdulilah meski dokternya masih mudan dan imut-imut beserta obat2nya yang minimalis suami saya sembuh setelah beberapa hari. Setiap bulannya saya utamakan membayar BPJS Kesehatan bareng bersama bayar listrik dan pembayaran lainnya sebelum tanggal 10. Saya berusaha tepat waktu agar tidak kena penalti.

Plang Klinik Mitra Sehat

Plang Klinik Mitra Sehat

Setelah itu lama tidak memakai lagi BPJS kesehatan dan pada bulan Agustus, suami saya sakit lagi ada jerawat di punggung dan berobat ke Mitra Sehat lagi. Namun, kali ini cukup mengecewakan karena obat dan salep yang dikasih kurang bagus dan kurang mempan. Akhirnya saya tanya ke teman yang kerja jd dokter spesialis kulit dan diberi obat kulit khusus jerawat dan obat minumnya. Alhamdulillah sekarang berkurang jerawatnya. Jadi ada benarnya juga jika memang banyak yang mengeluh tentang BPJS, terutama tentang kualitas obat dan dokter. Tapi saya memakluminya karena mungkin baru tahap awal saja pelaksanaan BPJS Kesehatan mengalami kekurangan disana-sini. Ke depan, premi asuransi dari anggota yang daftar juga makin banyak saya yakin pelayanannya akan semakin baik.

Terlepas dari kekurangan disana sini, yang saya rasakan besar manfaatnya dari BPJS Kesehatan ini adalah bagusnya pelayanan dokter gigi di Mitra Sehat yang saya akui bagus. Gigi kanan saya berlubang dan saya harus tambal gigi. Setelah beberapa kali yang memakai BPJS Kesehatan adalah suami, kini saya yang harus periksa gigi. Satu bulan yang lalu tepatnya bulan September saya ditambal di dokter gigi Mitra Sehat gigi saya diberi obat dan ditambal sementara serta saya diminta untuk kembali seminggu lagi. Namun karena saya sibuk kerja saya baru kembali dua minggu kemudian. Untuk daftar di dokter gigi, saya harus datang sebelum jam 5 untuk daftar, alhamdulillah saya selalu dapat urutan awal terus karena izin dari kantor pulang lebih awal. Pada pertengahan september saya periksa yang kedua kalinya dan dan tambalan sementara dibongkar lalu diberi obat dan ditambal lagi. Saya sarankan bagi yang mau tambal gigi sebelumnya harus makan karena setelah ditambal saya tidak boleh makan dan minum selama dua jam. Saya disarankan untuk datang seminggu lagi untuk tambal permanen.

Antri Pasien Dokter Gigi

Antri Pasien Dokter Gigi

Nah untuk kali ketiga ini saya antri lamaa banget, karena saya datang terlambat ke klinik Mitra Sehat. Saya datang jam 5 dan dapat antrian no 10, alhasil mengular dan saya dapat giliran setelah magrib. Tapi alhamdulilah penanganannya cepat tambal permanen paling 20 menit udah sama bongkar tambalan lama dan bikin tambalan permanen. Saya senang dengan dokter gigi yang menangani saya karena saya merasa nyaman dan tidak sakit.

Tambal Gigi di Klinik Mitra Sehat

Tambal Gigi di Klinik Mitra Sehat

Alhamdulilah kini saya merasa nyaman dan makan pun enak setelah gigi saya ditambal dan kalau saya bandingkan dengan dokter gigi di tempat lain sekali periksa dan konsultasi Rp.80.000 dan tambal gigi Rp.300.000 tapi kalau di dokter gigi Mitra Sehat alhamdulilah gak bayar hanya pakai iuran BPJS. Kakak saya Hadijah, juga sudah bertahun-tahun menderita Diabetes sekali berobat Rp.600-700 rb sudah sama insulin tapi pakai BPJS di Rumah Sakit Bunut Sukabumi, bisa bebas biaya hanya menggunakan rekomendasi dari Puskesmas. Begitu juga Keponakan saya Kaki O di Jogja, juga dioperasi memakai fasilitas BPJS Kesehatan dari JKN. Alhamdulilah terasa lebih ringan, padahal operasi kaki itu menelan biaya jutaan.

Ini sangat membantu dan meringankan kami dan keluarga. Saya rasa saat ini indonesia sedang mengalami revolusi tata kelola sektor kesehatan. Berobat yang tadinya ratusan ribu sekali ke dokter sekarang bisa lebih murah dengan dicicil pake asuransi kesehatan lewat iuran BPJS Kesehatan. Meskipun banyak menuai protes disana sini terutama perusahaan asuransi dan kualitas dokter dan obat yang belum memadai, tapi begitulah proses revolusi harus berdarah-darah, saya yakin dengan semakin banyaknya premi yang terkumpul dan perhatian pemerintah terhadap sektor kesehatan, masa depan dunia kesehatan di Indonesia akan lebih baik. Oh ya sekarang ada juga no telfon klinik Mitra sehat yang bisa dihubungi berikut ini 081288172770. Selamat berobat, dan jangan lupa jaga kesehatan.

Advertisements
Comments
  1. Ety Abdoel says:

    BPJS kalau sesuai jatahnya bakal gratis biaya berobatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s