Sudah Siapkah Kita Dengan Perubahan Iklim? Pesta Sains 2015 dan Pra Peluncuran COP 21 Paris

Posted: November 27, 2015 by Eva in Artikel, Lingkungan
Tags: , , , ,

Kenaikan permukaan air laut, pelestarian keanekaragaman hayati dan kemampuan manusia untuk bertindak dan beradaptasi dalam menghadapi perubahan iklim adalah tantangan lingkungan terbesar yang pada tahun ini diangkat menjadi tema Pesta Sains 2015. Melalui berbagai pameran interaktif, diskusi dan pemutaran film, Pesta Sains mengajak publik Indonesia untuk lebih memahami tantangan terbesar yang sedang kita hadapi abad ini.

Mural Bumi Kita

Mural Bumi Kita

Kedutaan Perancis untuk Indonesia dan Institut Francais Indonesia (IFI) membawa berbagai pameran yang dirancang oleh lembaga-lembaga penelitian Prancis (IRD, CNRS, CIRAD dan AFD) ke Indonesia. Selain mereka, beberapa LSM, perusahaan Prancis dan Indonesia yang peduli dan aktif di bidang lingkungan juga turut mendukung penyelenggaraan Pesta Sains tahun ini dengan berbagi program dan pengalaman mereka di bidang ini. Beberapa media seperti KOMPAS yang menggunakan kertas daur ulang, dan lembaga Artha Graha dan sponsor lainnya ikut mendukung acara ini.

Tema perubahan iklim untuk Pesta Sains edisi ke-2 ini dipilih sesuai dengan fokus KTT Iklim PBB/COP21 yang akan berlangsung di Paris dari tanggal 30 November s.d. 11 Desember 2015 yang salah satu poin diantaranya adalah untuk menyepakati kenaikan suhu rata-rata global di bawah 2 derajat Karena jika kenaikan temperatur iklim terlalu tinggi, itu berarti permukaan laut juga akan naik dan terjadi bencana alam ekstrem, seperti banjir, hujan deras, gunung meletus dll. Perancis sebagai tuan rumah dalam konferensi yang diikuti oleh 106 negara ini, PBB sebagai lembaga penyelenggara adalah yang membuat inisiasi empat komponen yang harus disepakati oleh negara peserta United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC).

Bersama Melawan Perubahan Iklim

Bersama Melawan Perubahan Iklim

Kamis malam 26 November 2015, Pesta Sains 2015 di tutup dan sekaligus peluncuran prapeluncuran Konferensi Tingkat Tinggi Iklim “Paris Climate 2015″ atau COP-21. Sebanyak 106 negara akan bergabung dalam pertemuan tersebut untuk membahas isu perubahan iklim yang sedang terjadi, ” ujar Premier Conseiller de ambassadeur de France en Indonesie et Timor Stephane Baumgarth. Stephane menjelaskan, perhelatan internasional tersebut juga diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi seluruh pihak di dunia mengenai perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan.

“Jika kita tidak serius menangani masalah ini, memang dunia kita tidak akan hilang. Tetapi ini akan sangat menyulitkan kehidupan kita di masa depan,” tukasnya.
Sehubungan dengan peran Indonesia dalam upaya penanganan perubahan iklim, dia berpendapar bahwa Indonesia memiliki tugas yang besar dalam isu tersebut.
Sebagai negara berkembang yang masuk ke dalam “Group of 20” atau G20, Indonesia seharusnya bisa lebih berupaya untuk menegaskan komitmen dan dukungannya terhadap upaya menjaga lingkungan, ujarnya.Selanjutnya, terkait dengan kegiatan Pesta Sains 2015 tersebut ia menjelaskan bahwa tujuan dari acara tersebut ialah untuk memberikan kesadaran kepada kaum muda mengenai bahaya perubahan iklim. Selain itu, yang terpenting ialah kaum muda dapat lebih berkontribusi dalam usaha menjaga lingkungan dengan memulainya dari diri sendiri. Sarwano Kusumaatmaja dari Dewan Perubahan Iklim Indonesia juga memberikan sambutan dan menegaskan jika Presiden Jokowi akan hadir pada perhelatan tersebut. Untuk memeriahkan acara ini hadir juga artis yang juga aktivis lingkungan yaitu Oppie Andarista, Nugie dan Nadine Chandrawinata

Sarwono Kusumaatmaja bersama Oppie Andaresta, Nugie,Nadine Chandrawina di Prapeluncuran COP 21

Sarwono Kusumaatmaja bersama Oppie Andaresta, Nugie,Nadine Chandrawina di Prapeluncuran COP 21

Masing-masing artis itu memiliki kepedulian terhadap lingkungan dengan cara masing-masing. Oppie Andaresta misalnya membuat buku untuk anak-anak tentang lingkungan, Nugie mempraktekkan dan mengkampanyekan hidup sehat dengan naik sepeda kemanapun dia pergi dan mulai memperjuangkan untuk lebih selektif dalam gaya hidup dari mulai apa yang kita makan, mengurangi plastik, dan membeli yang baik. Menggunakan lampu seperlunya dan hemat listrik. Dia juga menyarankan agar kita jangan buang sampah kalau bisa semua bisa didaur dan ulang. Sedangkan Nadine Chandrawinata mengajak masyarakat untuk go Blue, atau peduli laut. Nadine yang memiliki hobi diving ini mengatakan jika saat menyelam ia juga sambil membersihkan laut dari plastik yang menyangkut di terumbu karang yang dikira hewan laut ubur2 sehingga mereka makan. Pada akhirnya menurut Nadine semua akan bermuara ke laut jadi Go Green itu penting tapi jangan lupakan Go Blue pesan mantan putri Indonesia itu semangat.

Lebih bijak dalam mencharge HP

Lebih bijak dalam mencharge HP

Acara ditutup dengan pemukulan kentongan sebagai tanda prapeluncuran Cop 21 dan peserta diskusi diajak keliling ke pameran dan mural tentang kampanye perubahan iklim seperti mengecharge sambil bersepeda, Healthy Charger dan lain sebagainya. Acara yang berlangsung di bentara budaya ini juga ada pameran perubahan iklim di dalam gedung yang menarik untuk dilihat. Berikut saya tampilkan beberapa foto pameran.

Healthy Charger

Healthy Charger

Kebutuhan Listrik Dunia yang Semakin Tinggi

Kebutuhan Listrik Dunia yang Semakin Tinggi

Tidak ada Foto Bagus Untuk Perubahan Iklim

Tidak ada Foto Bagus Untuk Perubahan Iklim

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi perubahan iklim? Mulailah kita peduli lingkungan di mulai dari kita sendiri. Dimulai dari hal-hal yang sederhana seperti hemat listrik, hemat plastik, bawa kantong belanjaan sendiri jika belanja, menggunakan sepeda atau naik kendaraan umum jika bepergian dan banyak hal lainnya yang bisa kita lakukan untuk bumi.

Kebayoran Lama 27 November 2015
Twitter: @evarhl Instagram: Eva Rohilah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s