Seni Para Tokoh Dunia Dalam Mencari Uang

Posted: December 28, 2015 by Eva in Buku dan Media, Ekonomi Bisnis

Resensi Buku
Judul: Money Talking
(Para Pakar Internasional Bicara tentang Uang dan Cara Meraihnya)
Penulis: Zaenudin HM
Penerbit: Change
Edisi: I, November 2015
ISBN: 978-602-372-051-4

Menyebut nama Napoleon Hill, rasanya sulit melepaskannya dari predikat “Bapak Kesuksesan dan Kemakmuran”. Ya, dia memang berhasil merumuskan secara detail konkret dan aplikatif prinsip-prinsip kesuksesan hidup, khususnya dalam keuangan dan ekonomi. Semua itu diperolehnya secara ilmiah dari riset panjang (selama lebih dari 20 tahun) dengan mewawancarai tokoh-tokoh besar yang sukses dalam hidup mereka.

Sampul Buku Money Talking

Sampul Buku Money Talking

Dari kehidupan orang-orang besar inilah Napoleon mendapat pemahaman tentang rahasia kesuksesan hidup, dan mencatat serta menganalisanya ke dalam banyak tulisan. Selain membagikannya ke banyak orang lewat ceramah dan pidato, Napoleon menuliskannya ke dalam sejumlah buku. Alasan utama mengapa Napoleon menulis buku tentang bagaimana cara mendapatkan uang adalah karena fakta bahwa berjuta-juta orang dilumpuhkan oleh rasa takut pada kemiskinan.
Napoleon Hill adalah salahsatu tokoh yang dimuat dalam buku ini. Masih banyak tokoh lain yang juga sukses menghasilkan uang dan menjadi konglomerat. Para pakar itu antara lain Jack Canfiield, Brian Tracy, Joe Vitale, Richard Templar, John C Maxwell, Robert T.Kiyosaki, T Harv Eker, Zig Ziglar, dan Anthony Robbins. Semua tokoh itu diulas dalam sepuluh bab di dalam buku ini.

Buku karya Zaenudin HM ini adalah buku kedua yang saya resensi. Buku sebelumnya berjudul “Rahasia Hidup 30 Orang Sehat” https://evarohilah.wordpress.com/2014/09/23/kiat-hidup-sehat-dan-bugar-hingga-lanjut-usia/. Saya cermati penulis mempunyai konsen yang berbeda tidak hanya kesehatan namun juga ekonomi dan bahkan para pemimpin dunia, tapi ada kesamaan dimana Zaenudin HM menulis tentang beberapa tokoh yang berhasil di bidangnya.
Beberapa tokoh orang kaya di dunia barangkali anda pernah mendengar atau mengenal mereka yang saya sebutkan di atas. Tidak diragukan lagi, pemikiran mereka tentang kekayaan dan kemakmuran telah teruji dan terbukti. Mereka juga terbilang sebagai orang-orang sukses dalam pekerjaan dan karier.

Bicara tentang kesuksesan dan kekayaan, mereka memiliki kapasitas dan otoritas yang tinggi. Tak heran jika orang-orang terus berburu dan mempelajari pemikiran para pakar itu lewat buku-buku bestseller mereka yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
Pertanyaan besarnya: Apa inti dari ajaran atau pemikiran mereka. Tentu beragam, namun berorientasi pada pengembangan diri. Nah buku ini fokus memuat rumusan-rumusan pemikiran mereka tentang uang dan bagaimana cara meraihnya. Lewat buku ini anda mendapatkan rumusan praktis, sistematis dan aplikatif. Sehingga anda tidak perlu menghabiskan waktu yang lama serta menguras tenaga ekstra guna memahami seluruh isi pemikiran mereka.
Menarik dalam buku ini karena ada kutipan-kutipan cerdas dari para tokoh tersebut yang di kasih tanda. Sehingga kita mudah memahami pemikiran mereka. Seperti kutipan Jack Canfield yang mengatakan bahwa “untuk meraih kesuksesan, terutama mendapatkan uang, orang harus berbuat atau bertindak”.

Kutipan lain yang menarik adalah dari Joe Vita yang mengatakan bahwa “Sekarang adalah waktu yang Tepat Untuk Menciptakan Masa Depan,”. Kemudian ada juga kutipan dari T Harv Eker yang mengatakan bahwa “Orang-orang kaya tidak fokus pada masalah. Mereka fokus pada tujuan mereka.
Buku ini sangat bagus sebagai referensi anda yang berbisnis dan memiliki cita-cita yang kuat bagaimana seni mencari uang. Di tulis dengan bahasa ringan menjadikan anda dan kutipan-kutipan yang diblok membuat anda betah membaca buku ini berlama-lama. Bagi Anda yang ingin cepat kaya dan memutar otak bagaimana caranya mengelola uang. Buku ini wajib Anda baca.

Eva Rohilah
Writerpreneur, Pengamat Buku
Tinggal di Depok

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s