Mengembalikan Kejayaan Maritim Indonesia Melalui Pengelolaan Koperasi Nelayan

Posted: September 16, 2016 by Eva in Artikel

Resensi Buku
Judul : Koperasi Nelayan Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Tangkap Berbasis Ekonomi Gotong Royong
Penulis : Ono Surono, ST
Editor : Eva Rohilah
Penyelaras
Bahasa : Ahmad Mustofa
Penerbit: RM Books Jakarta
Cetakan : I, Desember 2015
ISBN : 9786027936447
Harga : Rp.70.000

Sampull buku Koperasi Nelayan

Sampull buku Koperasi Nelayan

Kebijakan pembangunan di sektor kelautan dan perikanan selama ini dapat dikatakan belum berhasil menyelesaikan permasalahan kemiskinan nelayan secara mendasar. Modernisasi perikanan belum mampu menghapus kemiskinan di masyarakat nelayan pembudi daya ikan dan petambak garam. Selain itu, faktor keamanan di laut masih kurang terlindungi. Baru di era pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla inilah perhatian terhadap pemberdayaan sektor kelautan ini dibenahi seperti masalah pemberantasan Illegal Fishing yang gencar pemerintah. Kondisi yang merugikan karena illegal fishing ini perlu diperbaiki di samping melakukan sejumlah langkah lain agar potensi maritim Indonesia bisa dikelola dengan baik sekaligus memberikan kontribusi yang besar pada peningkatan kesejahteraan nelayan.

Namun, pemberantasan illegal fishing saja tidak cukup, masih banyak permasalahan yang melilit masyarakat nelayan Indonesia seperti demografi masyarakat pesisisir, minimnya teknologi penangkapan ikan, masalah keamanan nelayan, isu perbatasan antarnegara, dan buruknya manajemen pengelolaan nelayan. Beberapa permasalahan mendasar yang dialami nelayan dikupas secara tuntas dan jelas dalam buku ini agar masyarakat dan pemerintah tahu bahwa persoalan nelayan bukanlah persoalan yang sederhana, tapi sangatlah kompleks. sehingga perlu langkah besar untuk menerobos kemandegan dalam pengelolaan nelayan.

Dalam kata pengantar buku ini yang ditulis oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, yang mengatakan bahwa Kedaulatan diartikan sebagai kemandirian dalam mengelola dan memanfaatkan sumberdaya kelautan dan perikanan dengan memperkuat kemampuan nasional untuk melakukan penegakan hukum demi mewujudkan kedaulatan secara ekonomi. Keberlanjutan dimaksudkan untuk pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan secara lestari sehingga dapat memperkuat daya saing bagi pencapaian kemajuan dan kemandirian bangsa di masa mendatang. Kesejahteraan dicapai melalui pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dasar, meningkatkan pendapatan dan pemerataan pendapatan, sehingga akan meningkatkan taraf hidup dan ketentraman masyarakat kelautan dan perikanan.

Oleh karena itu menurut Susi , dia menyambut baik penerbitan buku ini karena menyangkut pentingnya pelembagaan nelayan seperti koperasi. Hal ini sejalan dengan visi kementerian yang ketiga yaitu kesejahteraan. Kesejahteraan menjadi tujuan bersama serta menjadi salah satu program KKP. Jika nelayan berkoperasi maka kondisi perekonomiannya akan semakin meningkat dan nelayan lebih sejahtera. Saya harap Koperasi Nelayan menjadi distributor produk perikanan nelayan dan juga bisa menjadi ujung tombak pemasaran dari hasil perikanan tangkap.

Susi mengatakan bahwa ia besar di Pangandaran di bidang usaha perikanan. Dia melihat koperasi di Pangandaran sangat baik, seperti KUD Minasari, KUD Minapari, dan KUD Batu karas. Saya sempat menggadaikan 4,8 kg emas batangan untuk KUD Minapari, karena mereka tidak dapat pinjaman dari bank jika tidak ada jaminannya. Susi berani melakukan itu karena dia tahu KUD tersebut dikelola dengan benar, dan alhamdulillah lunas. Sementara itu Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, mengharapkan buku ini bermanfaat bagi para pelaku usaha perikanan untuk mengembangakn masyarakat pesisir melalui kelembagaan koperasi perikanan dan koperasi nelayan.

Selain itu, buku ini juga menampilkan tentang penerapan kearifan lokal dan budaya dalam pengelolaan sumber daya kelautan seperti pesta laut Nadran di Indramayu Jawa Barat, pesta nelayan Mappaande Sasi di Mamuju Sulawesi Barat, pesta menangkap ikan terbang di Pattorani, Takalar Sulawesi Selatan dan kearifan lokal lainnya.

Salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan adalah dengan pengelolaan koperasi nelayan. Gagasan dan pikiran tentang Koperasi nelayan; Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Tangkap Berbasiskan Ekonomi Gotong Royong yang merupakan pengalaman penulis mengelola Koperasi Perikanan Laut Mina Sumitra, Karangsong Indramayu Jawa Barat ini diharapkan akan bermanfaat bagi nelayan dan masyarakat yang ingin mengembangkan pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir, pemerintah, serta para pengambil kebijakan. Karena memperjuangkan nasib nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam adalah kewajiban sosial politik dari seluruh elemen anak bangsa ini, apalagi pemerintah dan tentu seluruh anggota legislatif untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Buku ini hadir ditengah gencarnya pemerintah dalam mengkampanyekan Indonesia sebagai poros maritim dunia, namun minim referensi. Sangat jarang ada penulis yang menuangkan ide-ide besar tentang maritim dan pengelolaan perikanan tangkap dan hasil laut. Untuk itulah Ono Surono, ST yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangkan komisi IV, menuangkan ide dan pengalamannya mengelola Koperasi Perikanan Laut Mina Sumitra Indramayu Jawa Barat dalam sebuah buku yang ringan dan enak dibaca. Ono Surono yang juga merupakan ketua Ikatan Koperasi Perikanan Indonesia periode 2015-2020 mengharapkan agar buku ini bisa menjadi best practise bagi koperasi perikanan lain di seluruh pelosok negeri agar maju dan lebih berkembang.

Eva Rohilah
Pengamat Buku, tinggal di Depok

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s