Kampung Coklat, Tempat Wisata Favorit Kabupaten Blitar

Posted: September 25, 2018 by Eva in Ekonomi Bisnis, Jalan-jalan
Tags: , , , , ,

Saya sudah lama mendengar ada tempat wisata yang namanya Kampung Coklat. Beberapa kali lebaran di Banggle Blitar, saat saya masih di Pamulang pas pulang kampung, saya belum pernah sekalipun mampir, baru seminggu yang lalu, tepatnya hari Minggu 16 September 2018 saya kesana. Kalau Mas Arif sudah beberapa kali kesana acara kantornya.

 

1537863335882

Perjalanan dari rumah Kuningan ke Kampung Coklat ditempuh sekitar 45 menit. Lokasinya berada di Plosorejo, Kademangan Kabupaten Blitar. Kami naik motor menyusuri selatan jalur Blitar dan melewati beberapa daerah yang belum pernah saya lewati. Tidak lama setelah sampai disana, saya langsung masuk dan ramai sekali pengunjung akhir pekan.

Melihat Proses Pembuatan Coklat

Saat memasuki lokasi wisata Kampung Coklat, ada banyak spot menarik seperti ruang pertemuan, anjangsana keakraban untuk menyanyi dan makan, serta rumah joglo yang sangat kental nuansa Jawa dan sarat makna.

2018-09-24 18.54.57

Saya justru tertarik dengan aneka pohon kakao yang ada di tengah-tengah tempat wisata menyatu dengan tempat pengunjung menyantap kudapan, minuman ataupun bersantai.

Tempat duduk dan bangku-bangku banyak tersedia untuk menampung para pengunjung, setelah wara-wiri menyusuri jalan lurus dari pintu depan sampai belakang saya akhirnya beristirahat sambil makan bakso di rumah joglo.

1537863545607

Usai makan saya melihat video dengan durasi sedang menampilkan potensi kakao dan prospek industri coklat yang akan sangat bagus dikembangkan baik sebagai produk rumahan bahkan hingga dibuat industri dalam skala besar.

Video ini sangat lengkap karena ada data tentang peringkat Indonesia sebagai negara ketiga kakao terbesar di dunia. Proses penanaman bibit kakao, proses produksi hingga packaging ada dalam video yang menarik singkat dan padat.

Jika anda kesini jangan lupa ajak anak atau teman serta rombongan melihat bagaimana visi misi kampung coklat dan bagaimana perusahaan ini meniti harapan yang besar untuk memajukan warga kabupaten Blitar dan sekitarnya membudidayakan pohon kakao yang ada di kebun milik petani kakao menjadi industri yang ingin mendunia.

Benih Kakao, Ikan Koi dan Musholla yang Nyaman

1537861413246

Usai melihat video, saya kembali berjalan kali ini ke sebelah barat, atau belok kiri dari ruang anjangsana. Di sana banyak juga yang jualan aneka ikan bakar, sosis dan minuman beragam.

Sepertinya  mainan anak-anak atau tempat berkumpul keluarga yang bawa anak kecil nyaman berlama-lama disini.

Di sini juga anda bisa membeli benih kakao yang dijual dan sudah dikemas di polybag siap tanam. Di belakangnya ada proses pembuatan permen coklat dan aneka kreasi makanan coklat dari kue brownis, stik coklat dll.

Usai melewati arena permainan saya gagal fokus sama aneka ikan yang dibuat di kolam tengah untuk kesehatan dan ikan koi yang sangat indah mengitari musholla. Jika berkaitan dengan ikan koi saya selalu ingat almarhum ayahku Apa yang juga pernah beternak ikan koi selang-seling dengan ikan air tawar lainnya seperti ikan mujair, ikan mas, dll.

Cukup lama saya memperhatikan ikan koi warna – warni yang indah dengan gemericik air. Betah rasanya berada di sini dan tidak terasa saya harus menemui Mas Arif yang lagi makan.

Minum coklat Hangat dan Nikmatnya Coklat Oroginal

1537863278698

Setelah selesai menemui berbagai spot menarik di Kampung Coklat, jangan lupa memesan minuman coklat hangat yang tersedia menyerupai kafe kekinian. Enak banget dan harganya pun terjangkau.

Setelah minum anda bisa ambil gambar atau foto diri di berbagai spot menarik di  sini. Usai ambil gambar, tidak ada salahnya melihat aneka panganan dari coklat serta souvenir kaos dan lain sebagainya. Di tengah banyak orang mengantri membeli oleh-oleh buat di bawa pulang.

Namun saya tidak membeli di dalam karena terlalu ramai. Saya memilih belanja di luar ada semacam koperasi atau toko khusus aneka olahan yang berasal dari kakao dan dikemas menjadi aneka jenis makanan dan minuman coklat.

1537861452787

Akhirnya saya membeli dua macam saja, mengingat kita hanya tinggal berdua, yaitu coklat rasa original seharga 82.000 dan minuman coklat siap seduh seharga 12.000 isi empat.

Setelah saya coba di rumah rasanya enak banget tidak kalah dengan coklat asal Belgia (lebay gak sih hehehe…)

1537790739812

Usai belanja, akhirnya kita pulang dan saya sangat senang dan gembira karena di Blitar ada tempat wisata yang keren, kekinian dan favorit warga berlibur.

Jadi jika anda berada di sekitaran Blitar, Kediri, Tulungagung, Mojokerto dan Malang tidak ada salahnya berkunjung kesini. Mari kita hargai hasil jerih payah petani kakao atau para pemudi dan pekerja  yang berkebun kakao di Blorok Plosorejo, agar coklat yang di produksinya diminati masyarakat secara luas.

Perpustakaan Veteran 25 September 2018

Pukul 15.30

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s