Ulasan Singkat di Wordpress Meet Up 13 Jakarta

Posted: October 26, 2018 by Eva in Teknologi
Tags:

Sebenarnya pertemuan WordPress Meet up ke -13 Jakarta sudah berlangsung sejak April 2018 di Estubizi Jakarta Selatan. Namun saya baru tulis laporannya sekarang karena sibuk pindahan dan serba – serbi lainnya, hingga tertunda. Semoga saya belum lupa materinya.

WPJKT 13 ini mengambil tema besar “Dari Freelancer Menjadi Owner“. Pada bulan April lalu, Komunitas WP Jakarta mengadakan  Dimana pada waktu itu ada empat orang pembicara yaitu Mas Ivan Kristanto dari WP Jakarta, Mas Tiko dari Sinergi Antar Benua (SAB), Mas Anas dan Mas Leo dari Kompas.id

Acara yang berlangsung sejak sore hari ini berlangsung seru. Setelah dibuka oleh Pak Ruslan, owner (pemilik) rumah Estubizi, menyampaikan kegembiraannya kepada Peserta WP13 mejadi tuan rumah pertemuan kali ini.

Pembicara pertama adalah Mas Ivan Kristanto yang menjelaskan tentang perkembangan komunitas WP yang terus berkembang. Bagaimana menghadirkan topik bagus, membaut video menarik dan aneka tips-tips menarik yang berguna bagi pembaca.

Selain itu, Mas Ivan juga bercerita sedikit tentang penerjemahan artikel yang dilaksanakan oleh para komunitas WP di berbagai tempat. Seperti di Ubud Bali, ada khusus penerjemahan artikel oleh komunitas penerjemah.

Pembicara Kedua adalah Mas Trilastiko yang menyampaikan tema “From Freelancer to Bussines Owner” Apa yang disampaikan oleh Tiko menarik banyak perhatian peserta diskusi karena banyak hal baru yang disampaikan berkaitan dengan peningkatan kualitas dan kebonafitan freelancer.

Selama ini memang masih banyak para pemilik modal meragukan kemampuan freelancer. Dimana kalau istilah saya itu mereka kadang dianggap sebagai manusia kelas dua. Karena para owner mengatakan jika freelancer itu kerjanya sedikit saja.

Namun, menurut Tiko yang punya pengalaman sekolah di Jerman dan mitra kerjasama luas di dalam dan luar negeri, tidak selamanya freelancer akan menjadi kelas dua. Dia pun memberikan tips agar freelancer berubah kelas menjadi pemilik (owner).

Selain kiat agar lebih bonafit, untuk menjadi owner, freelancer bisa sharing jobs (berbagi pekerjaan, baik dengan programmer, penulis, dll). Karena dengan sharing jobs kita bisa meningkatkan perekonomian kita. Ketika freelancer bisa dengan mudah menjalankan semua kerjaannya, maka ketika menjadi owner, seorang freelancer akan lebih fleksibel.

Langkah berikutnya agar freelancer menjadi lebih mandiri dengan membuka usaha sendiri adalah menjaga integritas. Misalnya jangan terlambat dari deadline, juga member tenggat waktu yang pasti bagi rekan-rekan freelancer yang sudah sharing jobs.

Di sinilah tahapan seorang freelancer menjadi owner saat orang tersebut bisa memanage (mengatur) orang atau karyawan. Dan yang terakhir adalah Performa, Berkaitan dengan performa itu akan berbanding lurus dengan kualitas pekerjaan dan output yang kita hasilkan. Jika performa sudah baik maka dengan sendirinya anda sudah mencapai cita-cita menjadi owner.

Pembicara Ketiga dan Keempat adalah Mas Anas dan Mas Leo dari  Dimana  mereka menyampaikan perbedaan kompas.com dan http://www.kompas.id. Dimana kompas.com lebih ke berita online yang sangat bergantung pada kecepatan waktu dan kekinian berita. Sedangkan kompas.id adalah laman milik harian Kompas versi Digital e-paper. Jadi meski masih dalam satu payung Kompas Grup, namun beda manajemen.

Saya tidak akan menyampaikan rahasia bagaimana Mas Anas dan Mas Leo, mengelola ribuan artikel karena itu menyangkut rahasia perusahaan. Jadi hanya baik untuk dikonsumsi WPJKT13 aja ya (off thr record), karena kan nanti banyak ditiru media online lain.

Setelah selesai acara, masing-masing pembicara mendapat souvenir dari Dewa Web. Ada  Yasa dan Natasha yang hadir mewakili Dewa Web. Saya pun berbincang lama dan minta no kontak teman-teman peserta #WP13JKT di bloknote biru yang merupakan hadiah dari Wordcamp 2017 Sunter. Namun, karena catatan biru saya hilang di hotel Alana Jogjakarta, maka saya tidak ada kontak satu pun dengan mereka. (Semoga Tuhan tidak memaafkan pencuri itu…).

Acara yang berlangsung sampai malam ini seru dan gayeng. Makanannya juga sederhana, ada aneka minuman dengan beragam pilihan. Menyenangkan dan penuh keakraban. Usai tanya jawab, kita pun foto bersama dengan salam khas kita. Salam WordPress atau salam W.

Setelah acara WPjkt13 masih adalagi WP berikutnya yaitu WPJKT14 meetup dengan tema Optimalization and PWD yang dilaksanakan di kantor Dewaweb Kebon jeruk, dengan sponsor Dewaweb dan Google. WPJKT15 juga tidak kalah serunya mengambil tema SEO (Search Engine Optimalization, Amp dan Adsense) yang dilaksanakan di kantor Google Indonesia, WPJKT16 mengambil tema  Woo Commerce For Newbie dan Terakhir WPJKT17 mengulas tentang aplikasi android dengan WordPress.

Advertisements
Comments
  1. Unny says:

    Pasti seru yah mbak acaranya, bertemu dgn org2 hebat.

    Sukses terus Mbak! ☺

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s