Kokohnya Pembangkit Jawa Bali, PLTA Lodoyo di Serut Blitar

Posted: November 5, 2018 by Eva in Lingkungan, Teknologi
Tags: , , ,

Sedikit cerita tentang akhir pekan kemarin, kami mengunjungi salah satu tempat yang menjadi tujuan wisata warga Kanigoro dan sekitarnya, yaitu Pembangkit Jawa Bali, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Lodoyo di Dusun Serut, Kecamatan Gogodeso, Kabupaten Kanigoro, kurang lebih setengah jam dari tempat kami tinggal.

Melewati jalur alternatif, kami melewati Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tlogo, almamater Mas Arif. Kami berjalan pelan menyusuri jalan sore itu. Tampak matahari sudah tenggelam meski hari masih jam lima sore.

 

Sesampainya di sana kami melihat bendungan air yang menjadi sumber tenaga listrik di sebelah kiri kanan luas membentang. Airnya tenang, dan aliran dari sungai-sungai sebelah kiri kanan deras kencang sehingga suasana sore itu sangat indah.

Kemarau panjang rupanya tidak mempengaruhi debit air yang ada. Meski di sepanjang perjalanan menuju kesana banyak pohon-pohon tinggi kering dengan daun berguguran, namun kondisi air di sini tetap melimpah dan bisa menjadi andalan untuk menerangi listrik yang ada di Jawa Bali.

Tidak terasa setengah jam lebih kita disana, bagus kan ya pemandangannya.  Banyak orangtua membawa anaknya ke sana. Pasangan muda mudi, remaja, dewasa, hingga lelaki setengah baya banyak berkunjung dan mampir disana sejenak untuk berfoto dan mengabdikan momen istimewa mereka.

Peranan PLTA sangat bergantung pada kondisi debit air yang ada. Mudah-mudahan jika kemarau panjang kelak, air yang ada bisa kita hemat semaksimal mungkin agar bisa menyinari Pulau Jawa dan Bali. Kita juga bersama keluarga harus menghemat penggunaan listrik mulai dari mengurangi main game di gawai, mengurangi nonton televisi dan matikan lampu jika tidak penting.

5 November 2018

Pukul 09.49

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s