Pemikiran Revrisond Baswir tentang Agenda Ekonomi Kerakyatan

Posted: November 19, 2018 by Eva in Ekonomi Bisnis
Tags: , , ,

Judul : Agenda Ekonomi Kerakyatan
Penulis : Revrisond Baswir
Penerbit: Pustaka Pelajar
Edisi : I, Juli, 1997
Pengantar: Sritua Arief

 

Salah satu tokoh ekonomi yang banyak meneruskan pemikiran Mohammad Hatta di Indonesia adalah Revrisond Baswir. Tenaga Pengajar di UGM ini saya kenal sejak masih di Jogja dan aktif mengkampanyekan  Agenda Ekonomi Kerakyatan.

Ketika  beberapa kali mengikuti diskusi dengan beliau yang menjelaskan tentang “Tiada ekonomi Kerakyatan Tanpa Kedaulatan” dan kita sudah lama mengenal beliau sebagai pengagas anti hutang luar negeri.

Membahas Teori, Kritik dan Strategi Kondisi Ekonomi

Buku ini setting ceritanya sekitar tahun 1997-an dimana saat itu masih banyak terjadi kesenjangan ekonomi dan sosial. Namun meskipun sudah tidak begitu kekinian tidak ada salahnya menjadikan buku ini sebagai rujukan.

Menurut Revrisond, Ramainya perbincangan ekonomi rakyat, dan perekonomian serta istilah-istilah baru dalam dunia ekonomi seolah-olah ada pendekatan ekonomi baru yang ditawarkan. Padahal, dengan menelusuri jika menelusuri pemikiran ekonomi pra kemerdekaan, akan segera diketahui jika istilah tersebut merupakan reinkarnasi saja.

Tiga bab pertama membahas tentang teori, kritik dan strategi pembangunan. Bung Hatta misalnya sudah menulis tentang ekonomi rakyat sejak tahun 1933.  (Ekonomi Rakyat, dalam Hatta (1954), Kumpulan Karangan ( Jilid 3), Balai Buku Indonesia, Jakarta.

Selain istilah kekinian, kritik terhadap target pertumbuhan juga menjadi sorotan Revrisond Baswir. Hingga strategi pembangunan, mengatasi kesenjangan ekonomi dan relasi buruh majikan.

Berbicara mengenai kemampuan rakyat untuk mengendalikan atau mengawasi jalannya perekonomian, berarti berbicara mengenai di tangan siapa kedaulatan berada; di tangan negara atau di tangan rakyat, tanpa kedaulatan rakyat tidak akan ada ekonomi kerakyatan,” halaman 7.

Koperasi dan Demokrasi Ekonomi

Setelah membahas agenda besar di tiga bab di atas, bab keempat ada sembilan sub bab yang membahas  perkembangan koperasi di Indonesia.

Koperasi dan demokrasi ekonomi merupakan dua konsep penting dalam ekonomi Indonesia. Bila demokrasi ekonomi merupakan konsep dasar yang mengungkapkan karakteristik institusional, ekonomi konstitusi Indonesia secara makro, maka koperasi adalah pengejawantahan konsep besar tersebut dalam dataran dataran institusi mikro.

Namun seiring perkembangan waktu sistem koperasi sudah tergerus dan mengalami banyak kemunduran. Terdapat perbedaan mencolok antara cita dan fakta penerapan prinsip usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan dalam penataan kelembagaan koperasi saat ini, maka pada tempatnya bila kita mempertanyakan paham ekonomi yang kita anut.

Selain membahas koperasi ada satu bab menjelaskan tentang Yang Hilang dan Berkembang dalam Tubuh Koperasi, Ekonomi Politik dan Perkembangan Koperasi, Strategi dan mengkaji ulang perkembangan koperasi, Kemandirian dan Kewirausahaan serta Koperasi Unit Desa.

Meredam Amarah Jika Ada Kebijakan yang Tidak Merakyat

Buku yang merupakan kumpulan tulisan ini bagus untuk menjadi referensi bagi para pengambil kebijakan. Mengembalikan sistem ekonomi kerakyatan, mengurangi korupsi dalam lembaga pemerintah dan LSM platmerah untuk mengurangi kemarahan masyarakat yang sewaktu-waktu bisa meledak jika kesenjangan terabaikan.

Dengan menanggulangi faktor-faktor ekonomi yang memecut kemarahan, rasa marah masyarakat jika ada sedikit saja kebijakan yang tidak memihak pada rakyat seperti faktor alam maupun faktor sulitnya bahan baku baik persoalan sandang, pangan dan papan, semoga segera diobati dengan cara damai.

Perpus Veteran, 19 November 2018

Pukul 09.53

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s