Archive for the ‘Kesehatan’ Category

Sebenarnya sudah lama aku ingin menulis tentang Sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan terobosan dan revolusi besar dalam sistem kesehatan di Indonesia. Sebenarnya banyak yang belum bisa membedakan apa itu JKN dan BPJS Kesehatan. JKN merupakan program pelayanan kesehatan terbaru yang merupakan kepanjangan dari Jaminan Kesehatan Nasional yang sistemnya menggunakan sistem asuransi. Artinya, seluruh warga Indonesia nantinya wajib menyisihkan sebagian kecil uangnya untuk jaminan kesehatan di masa depan. Bagaimana dengan rakyat miskin? Tidak perlu khawatir, semua rakyat miskin atau PBI (Penerima Bantuan Iuran) ditanggung kesehatannya oleh pemerintah. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi rakyat miskin untuk memeriksakan penyakitnya ke fasilitas kesehatan.

Sementara BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS Kesehatan ini adalah perusahaan asuransi yang kita kenal sebelumnya sebagai PT Askes. Begitupun juga BPJS Ketenagakerjaan merupakan transformasi dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja). Antara JKN dan BPJS tentu berbeda. JKN merupakan nama programnya, sedangkan BPJS merupakan badan penyelenggaranya yang kinerjanya nanti diawasi oleh DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional).

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2013 jenis Iuran dibagi menjadi:
– Iuran Jaminan Kesehatan bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah daerah dibayar oleh Pemerintah Daerah (orang miskin dan tidak mampu).
– Iuran Jaminan Kesehatan bagi peserta Pekerja Penerima Upah (PNS, Anggota TNI/POLRI, Pejabat Negara, Pegawai pemerintah non pegawai negeri dan pegawai swasta) dibayar oleh Pemberi Kerja yang dipotong langsung dari gaji bulanan yang diterimanya.
– Pekerja Bukan Penerima Upah (pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri) dan Peserta bukan Pekerja (investor, perusahaan, penerima pensiun, veteran, perintis kemerdekaan, janda, duda, anak yatim piatu dari veteran atau perintis kemerdekaan) dibayar oleh Peserta yang bersangkutan.
Untuk jumlah iuran Jaminan Kesehatan bagi Peserta Pekerja Penerima Upah yang terdiri atas PNS, Anggota TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri akan dipotong sebesar 5 persen dari gaji atau Upah per bulan, dengan ketentuan 3 persen dibayar oleh pemberi kerja, dan 2 persen dibayar oleh peserta.
Tapi iuran tidak dipotong sebesar demikian secara sekaligus. Karena secara bertahap akan dilakukan mulai 1 Januari 2014 hingga 30 Juni 2015 adalah pemotongan 4 persen dari Gaji atau Upah per bulan, dengan ketentuan 4 persen dibayar oleh Pemberi Kerja dan 0,5 persen dibayar oleh Peserta. Namun mulai 1 Juli 2015, pembayaran iuran 5 persen dari Gaji atau Upah per bulan itu menjadi 4 persen dibayar oleh Pemberi Kerja dan 1 persen oleh Peserta.

Kartu BPJS Kesehatan

Kartu BPJS Kesehatan

Sementara bagi peserta perorangan akan membayar iuran sebesar kemampuan dan kebutuhannya. Untuk saat ini sudah ditetapkan bahwa:

– Untuk mendapat fasilitas kelas I dikenai iuran Rp 59.500 per orang per bulan
– Untuk mendapat fasilitas kelas II dikenai iuran Rp 42.500 per orang per bulan
– Untuk mendapat fasilitas kelas III dikenai iuran Rp 25.500 per orang per bulan
Pembayaran iuran ini dilakukan paling lambat tanggal 10 setiap bulan dan apabila ada keterlambatan dikenakan denda administratif sebesar 2 persen dari total iuran yang tertunggak paling banyak untuk waktu 3 (tiga) bulan. Dan besaran iuran Jaminan Kesehatan ditinjau paling lama dua tahun sekali yang ditetapkan dengan Peraturan Presiden.

Saya sendiri mulai awal tahun ini lupa kapan daftarnya menjadi anggota BPJS secara mandiri. Saat itu secara tidak sengaja sedang mengantri di BNI Pamulang mau nabung. Sebelah saya dua orang perempuan sedang mengantri mau bayar BPJS Kesehatan. Lalu saya tanya siapa yang sakit? Lalu dia jawab ayahnya sakit di sebuah rumah sakit di Gaplek Pamulang rawat inap atas rekomendasi dari klinik Mitra Sehat Jl.Surya Kencana Pamulang. Dia cerita kalau pihak klinik Mitra Sehat mengadakan pendaftaran secara massal untuk pasien yang biasa berobat di BPJS. Jadi yang mengurus pihak klinik ita gak usah capek-capek antri di kantor BPJS.

Klinik Mitra Sehat Pamulang

Klinik Mitra Sehat Pamulang

Karena prosesnya mudah dan tidak perlu mengantri esok harinya saya mendaftarkan diri menjadi anggota BPJS melalui jalur klinik seperti yang dilakukan orang yang saya temui di kantor BNI tempo hari. Saya melengkapi ktp kk dan mengisi formulir BPJS Kesehatan serta membayar uang administrasi sebesar Rp.30.000 dan diminta seminggu kemudian datang lagi ke Klinik Mitra Sehat untuk mengambil kartu. Jangan lupa mencantumkan nomor HP yang bisa dihubungi.

Setelah sekitar kurang lebih seminggu saya kembali dan alhamdulilah ternyata kartu saya sudah jadi dan saya diharuskan membayar angsuran pertama untuk saya dan suami yang mengambil kelas 1 dengan biaya 120.000 perbulan satu kk. Saya lebih memilih mandiri karena kalau dari kantor kan kita tidak tahu akan selamanya kerja atau akan berhenti jadi saya dan suami lebih memilih jalur mandiri meskipun dianjurkan juga oleh kantor masing-masing.

Bulan kedua atau ketiga pembayaran saya lupa, tiba-tiba suami saya meriang dan panas mungkin karena kecapekan kerja. Biasanya saya pergi ke Pamulang Medical Centre (PMC) dan biasa dengan dokter disana habis sekitar 300.000 – 400.000 sekali berobat. Akan tetapi karena sekarang sudah ada BPJS Kesehatan, kami mencoba memakainya ke klinik Mitra Mehat. Alhamdulilah meski dokternya masih mudan dan imut-imut beserta obat2nya yang minimalis suami saya sembuh setelah beberapa hari. Setiap bulannya saya utamakan membayar BPJS Kesehatan bareng bersama bayar listrik dan pembayaran lainnya sebelum tanggal 10. Saya berusaha tepat waktu agar tidak kena penalti.

Plang Klinik Mitra Sehat

Plang Klinik Mitra Sehat

Setelah itu lama tidak memakai lagi BPJS kesehatan dan pada bulan Agustus, suami saya sakit lagi ada jerawat di punggung dan berobat ke Mitra Sehat lagi. Namun, kali ini cukup mengecewakan karena obat dan salep yang dikasih kurang bagus dan kurang mempan. Akhirnya saya tanya ke teman yang kerja jd dokter spesialis kulit dan diberi obat kulit khusus jerawat dan obat minumnya. Alhamdulillah sekarang berkurang jerawatnya. Jadi ada benarnya juga jika memang banyak yang mengeluh tentang BPJS, terutama tentang kualitas obat dan dokter. Tapi saya memakluminya karena mungkin baru tahap awal saja pelaksanaan BPJS Kesehatan mengalami kekurangan disana-sini. Ke depan, premi asuransi dari anggota yang daftar juga makin banyak saya yakin pelayanannya akan semakin baik.

Terlepas dari kekurangan disana sini, yang saya rasakan besar manfaatnya dari BPJS Kesehatan ini adalah bagusnya pelayanan dokter gigi di Mitra Sehat yang saya akui bagus. Gigi kanan saya berlubang dan saya harus tambal gigi. Setelah beberapa kali yang memakai BPJS Kesehatan adalah suami, kini saya yang harus periksa gigi. Satu bulan yang lalu tepatnya bulan September saya ditambal di dokter gigi Mitra Sehat gigi saya diberi obat dan ditambal sementara serta saya diminta untuk kembali seminggu lagi. Namun karena saya sibuk kerja saya baru kembali dua minggu kemudian. Untuk daftar di dokter gigi, saya harus datang sebelum jam 5 untuk daftar, alhamdulillah saya selalu dapat urutan awal terus karena izin dari kantor pulang lebih awal. Pada pertengahan september saya periksa yang kedua kalinya dan dan tambalan sementara dibongkar lalu diberi obat dan ditambal lagi. Saya sarankan bagi yang mau tambal gigi sebelumnya harus makan karena setelah ditambal saya tidak boleh makan dan minum selama dua jam. Saya disarankan untuk datang seminggu lagi untuk tambal permanen.

Antri Pasien Dokter Gigi

Antri Pasien Dokter Gigi

Nah untuk kali ketiga ini saya antri lamaa banget, karena saya datang terlambat ke klinik Mitra Sehat. Saya datang jam 5 dan dapat antrian no 10, alhasil mengular dan saya dapat giliran setelah magrib. Tapi alhamdulilah penanganannya cepat tambal permanen paling 20 menit udah sama bongkar tambalan lama dan bikin tambalan permanen. Saya senang dengan dokter gigi yang menangani saya karena saya merasa nyaman dan tidak sakit.

Tambal Gigi di Klinik Mitra Sehat

Tambal Gigi di Klinik Mitra Sehat

Alhamdulilah kini saya merasa nyaman dan makan pun enak setelah gigi saya ditambal dan kalau saya bandingkan dengan dokter gigi di tempat lain sekali periksa dan konsultasi Rp.80.000 dan tambal gigi Rp.300.000 tapi kalau di dokter gigi Mitra Sehat alhamdulilah gak bayar hanya pakai iuran BPJS. Kakak saya Hadijah, juga sudah bertahun-tahun menderita Diabetes sekali berobat Rp.600-700 rb sudah sama insulin tapi pakai BPJS di Rumah Sakit Bunut Sukabumi, bisa bebas biaya hanya menggunakan rekomendasi dari Puskesmas. Begitu juga Keponakan saya Kaki O di Jogja, juga dioperasi memakai fasilitas BPJS Kesehatan dari JKN. Alhamdulilah terasa lebih ringan, padahal operasi kaki itu menelan biaya jutaan.

Ini sangat membantu dan meringankan kami dan keluarga. Saya rasa saat ini indonesia sedang mengalami revolusi tata kelola sektor kesehatan. Berobat yang tadinya ratusan ribu sekali ke dokter sekarang bisa lebih murah dengan dicicil pake asuransi kesehatan lewat iuran BPJS Kesehatan. Meskipun banyak menuai protes disana sini terutama perusahaan asuransi dan kualitas dokter dan obat yang belum memadai, tapi begitulah proses revolusi harus berdarah-darah, saya yakin dengan semakin banyaknya premi yang terkumpul dan perhatian pemerintah terhadap sektor kesehatan, masa depan dunia kesehatan di Indonesia akan lebih baik.

Advertisements

Resensi Buku
Judul : Rahasia Hidup Sehat 30 orang Tertua di Dunia
Penulis : Zaenuddin HM
Penyunting : Abu Ibrahim
Cetakan : I, Juni 2014
Penerbit : Pustaka Inspira

Pertamakali melihat buku ini saya melihat dari judulnya yang menarik, yaitu Rahasia Hidup Sehat 30 orang Tertua di Dunia dengan sampul foto seorang lelaki setengah baya yang sedang bersantai di taman terbuka hijau, terlihat cerah, bugar dan bahagia.

Sampul Buku

Sampul Buku

Buku ini merupakan rencana jangka panjang dari sang penulis, Zaenudin HM seorang jurnalis yang pernah meliput di redaksi kesehatan Harian Merdeka. Analisis yang mendalam dan berbagai hasil riset tentang rahasia sehat orang-orang tertua di dunia di paparkan dalam buku ini dengan sangat gamblang.

Terdiri dari Tiga bagian. Bagian pertama berisi tentang rahasia orang-orang berumur panjang dan tetap sehat. Menurut Zaenudin, ada 11 resep sehat 30 orang tertua di dunia, diantaranya yaitu pola pikir positif, bersykur dan berdoa, pola makan sehat, makan secukupnya, rajin berolahraga, aktif bergerak, kebiasaan jalan pagi, gemar makan tomat, hidup mandiri, gemar membaca buku dan suka memberi sedekah.

Jus Tomat

Jus Tomat

Pada bagian kedua, Buku ini mengisahkan tentang Kisah hidup orang-orang tertua masa kini. Dalam bagian ini diulas tentang 30 orang yang memiliki umur panjang, kebanyakan adalah yang memecahkan rekor orang yang tertua di dunia oleh Guinnes World Records. Rata-rata usia mereka adalah diatas 110 tahun. Dari 30 orang itu yang terbanyak adalah orang Jepang, dimana kebiasaan orang Jepang yang memiliki porsi makan sedikit dan cara pengolahan makannya di rebus, dikukus atau di bakar. Dari 30 orang itu hanya dua dari Indonesia, yaitu Dasiyem yang berusia 165 tahun dari Tuban Jawa Timur dan Mbah Katijah yang mencapai 120 tahun dari Kediri Jawa Timur.

Dasiyem 165 tahun

Dasiyem 165 tahun

Pada bagian ketiga Zaenudin memaparkan tentang Anjuran Ilmuwan dan Para Pakar Medis. Bagian ini hampir mirip dengan bagian pertama tapi lebih mendetail. Ada 11 resep sehat ilmuwan dan pakar medis. Pertama, makan dan tidur teratur. Makan sayuran mentah tiap hari dan diusahakan tidur siang juga di anjurkan agar tetap sehat. Tidurlah 6,5 jam sehari dan perbanyaklah makan buah apel. Kedua, Perbanyaklah tertawa, hilangkan amarah.

Tidur teratur

Tidur teratur

Dengan tertawa kita bisa membakar kalori, menghilangkan stress, memperbanyak kekebalan tubuh,menurunkan kadar gula darah dan membuat awet muda. Ketiga, Makan kacang bikin umur panjang, keempat Lakukanlah beberapa hal penting seperti lindungi DNA, lebih teliti, berhenti merokok, meditasi 15 menit sehari, jadilah sukarelawan, menikah atau berkeluarga, turunkan berat badan, dan batasi minum beralkohol.

Langkah yang kelima adalah mengikuti kegiatan keagamaan, yang keenam mengikuti olahraga ringan, yang ketujuh rukun dengan keluarga, teman dan tetangga. Berikutnya kedelapan adalah rajin berpuasa dan kesembilan meniru gaya hidup orang di beberapa negara yang memiliki rata-rata umur penduduknya diatas 80 tahun seperti Jepang, Scandinavia, Islandia, Mediterania, Prancis dan Spanyol.

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang

Langkah berikutnya masih menurut saran para ilmuwan dan pakar medis adalah yang kesepuluh menerapkan gaya hidup suku Hunza Pakistan yang menerapkan pola makan sehat dengan konsumsi utama makanan yang masih alami berupa sayuran, kacang-kacangan, gandum dan buah-buahan yang segar, juga memiliki sikap yang positif.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Terakhir langkah kesebelas, adalah menerapkan hidup gaya orang Ikaria. Orang Ikaria tinggal di pegunungan. Mereka makan sayuran, buah dan biji-bijian, minum susu kambing serta teh herbal. Mereka juga memiliki waktu istirahat yang cukup, menikmati waktu yang ada serta mempererat hubungan keluarga dan sosial.
Jika anda ingin tahu lebih mendalam dan ingin memiliki badan yang sehat dan bugar sampai usia senja, tidak ada salahnya buku ini jadi rujukan. Buku ini Cocok sebagai referensi bagi anda yang sedang menerapkan pola hidup sehat, atau juga sebagai kado buat orang tua atau orang terdekat Anda yang sangat berarti dan anda ingin melihat mereka sehat, bahagia dan diberi umur yang panjang.

Eva Rohilah
Pecinta buku tinggal di Depok
Twitter : @evarhl

Es Batu Lebih Kotor Ketimbang Air Toilet

Posted: February 1, 2008 by Eva in Kesehatan

Es Batu Lebih Kotor Ketimbang Air Toilet
Anda suka meminum minuman dingin dari restoran siap saji? Mulai sekarang Anda harus berhati-hati karena lewat penelitian telah terbukti es batu yang disediakan restoran fast food mengandung lebih banyak kuman daripada air toilet. Ihh…Anda kerap merasa kurang nyaman menggunakan air yang berada di kamar mandi umum? Tentunya Anda tak bisa menjamin kebersihan air tersebut bukan? Tapi apakah Anda pernah berpikir dari mana asal air yang dibekukan menjadi es batu di restoran siap saji?

Sepertinya Anda harus mengubah anggapan bahwa es batu yang berasal dari restoran siap saji aman untuk dikonsumsi. Sebuah penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa 70% es batu restoran siap saji lebih memiliki banyak kuman dibandingkan air toilet.

Penelitian ini dilakukan oleh seorang anak perempuan yang baru berusia 12 tahun, Jasmine Roberts. Lewat penelitian ini Jasmine berhasil mendapatkan penghargaan proyek sekolah menengah.

Jasmine membuktikan penelitian ini dengan mengambil contoh es batu dan air toilet dari lima restoran siap saji yang berada di wilayah Florida Selatan. Setelah lengkap, ia melakukan pengecekan bakteri dari contoh es batu dan air toilet itu di University of South Florida.

Dari hasil tes positif ditemukan bakteri E.coli yang biasanya terdapat dari sisa air pembuangan yang menyebabkan timbulnya beberapa jenis penyakit.

“Bakteri ini seharusnya tak berada di dalam es batu. Jasmine membantu kita memperingatkan adanya bahaya kesehatan yang bisa disebabkan oleh es batu ini,” ungkap Dr. David Katz komtributor masalah kesehatan ‘Good Morning Amerika’ seperti dilansir detikhot dari ABC News, Senin (27/2/2006).

Baik Jasmin dan Dr. David mengatakan bahwa es batu tersebut dinilai lebih kotor dari air toilet karena mesin es batunya tidak bersih dan orang menggunakan tangan yang kotor untuk mengambil es. Sedangkan air toilet dinilai lebih bersin karena berasal dari sumber air yang telah melalui proses penyaringan
(admin – diambil dari detikHot)

Ada yang nonton acara Investigasi di TransTV kemaren sore (minggu 27 Jan 08). Penyelidikan-penyelidikan yang kadang-kadang membuat saya ber “NAUDZUBILLAH MINDZALIK” berkali-kali. Setelah pengungkapan-pengungkapan peristiwa-peristiwa yang cukup mengagetkan seperti, pemakaian boraks pada beberapa jajanan favorit dipinggir jalan, pemakaian formalin yang berlebihan, pemakaian deterjen pada ikan asin biar keliatan lebih bersih dan putih atau pemakaian pewarna pada ikan kakap putih biar menjadi kakap merah yang di pasaran lebih mahal. (sekali lagi) NAUDZUBILLAH MINDZALIK!Nah tayangan kali ini mengungkap kasus es batu yang banyak digunakan di warung-warung seluruh Jakarta. Es batu ini ternyata berasal dari air sungai ciliwung yang kinclong banget warnanya itu. Pada awalnya mereka menggunakan zat pemutih agar air keliatan lebih jernih. Kemudian dimasukkan kedalam pendingin dan jadilah peti-peti es yang besar dan bening. Awalnya es ini hanya digunakan untuk mengawetkan makanan (ikan, buah dan sayuran) atau mendinginkan minuman botol pada kotak2 yang tidak memiliki sistem refrigerator. Tapi sialnya, para penjaja makanan dan minuman di jakarta (bahkan warung-warung yang besar) menggunakan es ini pada minuman dingin yang mereka jual. Es teh manis, aneka juice, es campur, es doger, dan lainnya yang membuat kita menelan ludah ketika melihat minuman ini kala terik menyengat. HANYA dengan alasan MURAH, OMG!Taukah kalian, setelah tim investigasi TransTV mencoba mengambil sampel secara acak di beberapa penjual yang menggunakan es ini pada aneka minuman, dan kemudian mengetesnya di laboratorium, terbukti dalam es itu mengandung bakteri E-COLI jauh diatas batas normal (10.000 – 20.000 per 100 mL). Dengan kata lain es ini mengandung bakteri hampir setara dengan (maaf) kotoran manusia. Yaikksssss… (saya aja mau muntah ketika menulis tulisan ini)Nah… Masih mau jajan sembarangan??? Emang Home made jauhhhhh lebih enak dan Sehat!!!!  *sebagai tambahan untuk referensi –>

Tips Bugar Sepanjang Hari

Posted: September 28, 2007 by Eva in Kesehatan

bugar.jpg

TIPS BUGAR SEPANJANG HARI

Sepanjang minggu kita bekerja, mulai pagi hingga petang. Tak jarang di akhir
minggu kita masih terus bekerja. Tak usah heran, karena tubuh kita dirancang

secara sempurna untuk bekerja, membangun bumi ini sebaik-baiknya demi

kesejahteraan kita dan generasi mendatang. Adakalanya kita melalui suatu

hari dengan penuh semangat, energetik, seolah tak kenal lelah. Sebaliknya,

tak jarang pula kita isi suatu hari dengan kelesuan, loyo dan murung. Memang

suasana hati dan fisik senantiasa naik turun. Meski begitu, bekerja seharian

penuh bersama hati dan fisik yang bugar selalu menyenangkan. Sedangkan,

bekerja bersama pikiran ruwet dan tubuh yang lesu, jauh dari kata

menyenangkan. Karena itu ada baiknya kita mensiasati bagaimana kita bisa

menumbuhkan kebugaran, menemukan energi dan semangat bekerja sepanjang hari.

Hukum bekerja itu sederhana saja: bila hati senang, kerja pun baik. Berikut

beberapa tips yang bisa anda coba untuk menemukan kebugaran jiwa dan tubuh

sepanjang hari kerja yang padat.

1. Mulailah hari anda dengan pikiran positif.

Ketika pertama kali anda membuka pelupuk mata di pagi hari, ucapkan syukur
bahwa anda masih diberi kesempatan untuk menjalani hari ini. Bersiaplah

untuk memberikan sesuatu yang terbaik dari diri anda untuk bumi ini. Lakukan

khusyu, kontemplasi, meditasi atau apa pun namanya. Ini baik agar pikiran

anda jernih dan positif. Setelah itu, ada baiknya anda setel musik ceria

kegemaran anda. Lalu, go, go, go, siap bekerja.

2. Lakukan olahraga ringan.

Berikan kebugaran pada tubuh anda dengan melakukan olahraga ringan. Hirup
udara banyak-banyak. Biarkan tubuh anda bergerak dan berkeringat. Namun, tak

usah terlalu ngoyo. Lebih baik lagi, bila anda lakukan itu bersama-sama

dengan pasangan, anak-anak, atau teman-teman anda.

3. Jangan lupa sarapan secukupnya.

Sarapan adalah pemasok bahan bakar terpenting  (gula darah) bagi tubuh.
Sarapan bukan hanya bermanfaat di pagi hari, namun juga siang dan sore hari.

Sarapan akan menghindari anda dari jajan di jam kerja, sehingga membantu

anda menjaga berat tubuh, menguatkan daya pikir dan mempertahankan semangat

kerja. Namun demikian, yang penting adalah jenis makanan yang anda makan

haruslah lengkap, terutama protein yang bisa mempertahankan kadar gula darah

sepanjang hari. Bila perlu tambahkan susu. Agar anda berselera, susun menu

yang bervariasi.

4. Atur kegiatan hari anda sebaik-baiknya.

Sebelum anda bekerja, aturlah rencana kerja anda hari ini. Susun sebaik-baiknya sesuai dengan skala prioritas pencapaian tugas. Aturlah tugas-tugas anda sedemikian rupa agar anda tidak mudah kelelahan di pagi hari. Buat jadwal yang selang-seling dan sediakan waktu untuk istirahat. Meski begitu bersikaplah fleksibel untuk mengubah rencana anda. Segala
sesuatunya bisa terjadi. Belajarlah untuk membagi dan mendelegasikan tugas.

 5. Jaga terus kesegaran tubuh anda.

Jangan melulu duduk di belakang meja, sekali-kali bergerak dan berkeringatlah. Rasakan darah anda mengalir, dan oksigen memenuhi rongga dada anda. Minum air putih segar banyak-banyak untuk menjaga kebugaran
tubuh.

6. Istirahat itu penting.

Bekerja terus boleh-boleh saja, namun tanpa diselingi istirahat, anda akan
cepat jatuh loyo. Bahkan, petinju yang bertanding pun harus rehat selama

satu menit setiap tiga menitnya. Lakukan relaksasi dan peregangan untuk

tubuh anda, tarik nafas dalam-dalam, pejamkan mata anda sejenak, di

sela-sela pekerjaan anda. Jangan sia-siakan waktu rehat makan siang, tetapi

jangan makan terlalu kenyang. Ini malah membuat anda mengantuk. Makanlah

banyak sayur dan buah segar. Jangan tergoda untuk mengkonsumsi makanan

ringan kecuali bila anda benar-benar membutuhkannya.

7. Temukan kegembiraan dalam setiap keadaan.

Bugar bukan hanya kuat, namun segar dan penuh kegembiraan. Jangan jauhkan humor dari pekerjaan anda. Seberat-beratnya persoalan pasti ada jalan keluarnya. Serius tapi rileks. Jaga terus pikiran positif anda. Jauhi emosi negatif yang menghabiskan energi saja. Tetap jalin hubungan sosial dengan rekan-rekan anda.

8. Selesaikan pekerjaan kantor di kantor

Tuntaskan pekerjaan kantor di kantor. Ini mendorong anda untuk bekerja
produktif. Gunakan waktu setelah kerja untuk kehidupan pribadi, keluarga dan

orang-orang yang anda cintai. Isi pula dengan kegiatan sosial yang

memperhatikan sesama, menyalakan api spiritual diri anda, memperbaiki

lingkungan, dan sebagainya.

9. Cukupkan kebutuhan tidur anda. Kendaraan pun perlu beristirahat. Juga tubuh dan jiwa anda. Dan tempat istirahat terbaik adalah tidur yang nyenyak dan cukup. Aturlah jam tidur dan bangun yang teratur. Ini baik untuk kebugaran anda esok hari.

10. Perbanyak bersyukur.

Buka hari anda dengan bersyukur, tutup juga hari anda dengan bersyukur. Jaga
terus pikiran positif anda. Sudahlah, jauhkan kecemasan karena terlalu

banyak harapan dan angan-angan. Nikmati apa yang dianugerahkan pada anda

selama ini. Rasakan betapa kaaaaayanya hidup anda…!

Dikutip dari milis inspirasi punya Bro Yunus  

Berbagai Khasiat Daun Kemangi

Posted: September 28, 2007 by Eva in Kesehatan

daun kemangi

Berbagai Khasiat Daun Kemangi

KEMANGI (Sunda: surawung) tidak asing lagi bagi kita, sering kita jumpai
di pasar tradisoinal ataupun dipajang di rak-rak pasar swalayan yang
dijual dalam ikatan-katan kecil. Harganya bisa dibilang relatif murah,
kita biasa membelinya sekadar untuk lalap atau sebagai bumbu aromatik
dalam masakan.
Kemangi merupakan anggota famili lamiaceae yang berarti kelompok tanaman
dengan bunga berbibir. Nama genus kemangi adalah ocimum yang berarti
tanaman beraroma. Aroma khas tersebut muncul dari daunnya. Kemangi
berkerabat dekat dengan tanaman selasih (ocimun sancium), daun mint
(mentha arvensis), dan daun bangun-bangun alias daun jinten (coleus
amboinicus). Daun mint di Sunda dikenal dengan karesmen, lazim dilalap
mentah. Kerabat yang paling dekat dengan kemangi adalah basil (ocimun
amboinicus).

Di Jakarta, basil segar hanya dijual di pasar swalayan yang dikemas
dalam wadah tabung kecil. Daun basil banyak digunakan sebagai bumbu
aromatik untuk campuran masakan Italia, seperti saus sphagetti atau saus
pizza. Tanaman basil inilah yang kemudian menurunkan bermacam-macam
varietas kemangi.

Kemangi yang ada di Indonesia bernama botani ocimum basillicum. Karena
tumbuhnya menyemak, kemangi dikelompokkan dalam kelompok basil semak
(bush basil).

Di Jakarta, kemangi lazim digunakan dalam sajian khas Betawi, seperti
laksa ataupun nasi ulam. Di Jawa Barat, kemangi alias surawung digunakan
dalam beragam masakan Sunda yang lezat seperti ulukutek oncom leunca
(tumis leunca), pais lauk (pepes ikan), laksa bogor ataupun karedok.
Sementara di daerah Jawa Timur, daun kemangi disajikan dengan nasi
krawu, botok, trancam (urap), pencek tempe ataupun ikan bumbu pesmol
yang rasanya kurang pas dan juga kurang nikmat tanpa daun kemangi. Dalam
khazanah masakan khas Menado — seperti bubur gurih komplet — dibubuhi
kemangi sebagai pelengkap sajian.

Di India dan sebagian wilayah di Afrika, seduhan ”teh kemangi” lazim
disajikan menggantikan seduhan daun teh asli. Minuman tersebut biasanya
disajikan pada saat pergantian musim, yaitu ketika orang mudah terserang
batuk, pilek, ataupun demam.

Berbeda dengan di Eropa, di sana kemangi disuling dan diambil minyak
atsirinya. Minyak atsiri kemangi banyak digunakan sebagai bahan campuran
pembuatan obat ataupun untuk perawatan tubuh seperti sabun mandi, biang
parfum, body lotion, minyak gosok, permen pelega tenggorokan, dan juga
minyak aroma terapi.

Menurut ”Daftar Komposisi Bahan Makanan” Direktorat Gizi Departemen
Kesehatan RI, kemangi termasuk sayuran kaya provitamin A. Setiap 100 g
daun kemangi terkandung 5.000 SI vitamin A. Kelebihan lainnya, kemangi
termasuk sayuran yang banyak mengandung mineral kalsium dan fosfor,
yaitu sebanyak 45 dan 75 mg per 100 g daun kemangi.

BANGSA kita telah lama mengenal kemangi sebagai makanan fungsional yang
lezat sekaligus berkhasiat obat. Secara turun-temurun, kemangi
dimanfaatkan untuk mengatasi perut kembung atau masuk angin. Apabila
bayi dan balita Anda menderita kembung atau demam, oleskan saja remasan
kemangi bersama bawang merah dan minyak kelapa pada bagian perut, dada,
dan punggung (karena bayi belum bisa makan).

Apabila kita menghadapi masalah-masalah dengan bau badan, bau mulut,
atau ASI macet, dapat diatasi dengan membiasakan diri mengonsumsi lalap
kemangi segar. Cara lainnya, minum air perasan daun kemangi yang telah
dihaluskan bersama daun beluntas dan daun kunyit. Dalam buku ”A
Dictionary of Practical Material Medical”, John Henry M. menyebutkan,
sari daun kemangi berkhasiat menyembuhkan diare, nyeri payudara, batu
ginjal, gangguan pada vagina, dan juga dapat mengatasi albuminaria,
yaitu adanya konsentrasi albumin di dalam urin.

Menurut tim peneliti dari Center for New Crops and Plant Products,
Purdue University, AS, daun kemangi terbukti ampuh untuk menyembuhkan
sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, dan gangguan ginjal.
Mereka pun mengemukakan keampuhan pengobatan menggunakan daun kemangi,
yaitu dapat mengatasi sakit maag, perut kembung, masuk angin,
kejang-kejang, dan badan lesu. Selain itu, aroma kemangi dapat menolak
gigitan nyamuk.

Sejak zaman dahulu, kemangi disuling untuk diambil sari minyak
atsirinya. John Henry menggolongkan minyak kemangi sebagai minyak atsiri
tinggi. Artinya, aroma kemangi segera hilang setelah 24 jam dioleskan ke
tubuh. Sebagai perbandingan, minyak atsiri katagori sedang, akan hilang
aromanya setelah 3 hari dioleskan, sedangkan minyak atsiri katagori
rendah, aromanya hilang setelah seminggu.

Minyak atsiri kemangi dapat digunakan untuk pijat aroma terapi karena
minyak atsiri kemangi dapat meringankan dan menyegarkan tubuh. Namun,
wanita hamil dilarang menggunakannya karena dikhawatirkan dapat
menyebabkan terjadinya keguguran.

Selain itu, minyak kemangi berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan
seperti salah cerna, muntah-muntah, infeksi usus, radang lambung, serta
gas dalam usus. Juga, gangguan kepala (seperti sakit telinga, demam,
sakit saluran hidung, migrain), gangguan otot (kejang-kejang atau kram),
dan gangguan saraf (kecemasan, depresi, histeria, lemah saraf, insomia).

Bagi pria, kemangi ada juga manfaatnya. Senyawa 1-8 sineol dalam kemangi
dapat mengatasi masalah ejakulasi prematur. Apigenin fenkhona dan
eugenol-nya dapat memudahkan terjadinya ereksi. Sementara zat arginin
yang terkandung dalam kemangi bisa memperkuat daya hidup sperma dan
mencegah kemandulan.

Sementara bagi wanita, kemangi termasuk makanan sehat yang sangat
bermanfaat. Kemangi kaya senyawa anetol dan boron yang merangsang hormon
estrogen, sedangkan senyawa eugenolnya dapat membunuh jamur penyebab
keputihan. Zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel
telur (ovulasi), tannin, dan sengnya mengurangi sekresi cairan vagina.
Zat triptofan bisa menunda monopause. Kemangi memang bukan sayuran
biasa, jadi jangan remehkan kemangi. (Sisca Dharmayanti)

Pikiran Rakyat Cyber Media