Archive for the ‘Kuliner’ Category

Sop Iga

Posted: February 10, 2014 by Eva in Kuliner

Hari Minggu adalah hari yang paling pas untuk masak besar, terutama karena dari hari Senin sampai Jumat makanan yang dimasak adalah yang cepet dan ringkas karena harus disajikan pagi sebelum kerja. Seperti minggu kemarin 8 Februari 2014 saya bikin Sop Iga. Selama ini belum pernah bikin dan kurang suka dengan sup iga, tapi mas arif suka dan akhirnya aku jadi ikutan suka. Berikut saya tulis resepnya:

Sop Iga

Sop Iga

SOP IGA
Bahan
– Iga Sapi 1/2 kg
– wortel 2 buah
– Daun Bawang dan Seledri secukupnya
– kayu manis secukupnya
– cengkeh sedikit kurang lebih 8 buah
– Tomat 1 buah
Bumbu yang dihaluskan
-5 siung bawang putih
-5 siung bawang merah
-Merica secukupnya
-Pala separuh
-Garam
Sambal
-rebus 10 butir lombok dan dua butir cabe merah
-garam


Cara Membuat

1. Rebus iga 30 menit pake presto sampai empuk dagingnya
2. Haluskan bumbu dengan diblender
3. Potong wortel bulat-bulat
4. Setelah iga selesai dipresto masukkan wortel dan buka tutupnya lalu rebus lagi kurang lebih 10 menit
5. masukkan bumbu yang telah dihaluskan aduk-aduk hingga bumbu meresap
6. iris daun bawang dan seledri masukkan beserta kayu manis
7. jika wortel sudah empuk dan daging sudah matang masukkan irisan tomat
8. Ulek cabe yang direbus masukkan dengan garam dan menjadi sambal
9. Hidangkan panas-panas dan sajikan dengan nasi dan sambal dan bawang goreng

Selamat Menikmati

Advertisements

Kue Lumpur

Posted: February 10, 2014 by Eva in Kuliner

Setiap ada arisan atau pengajian aku paling seneng makan kue lumpur. Karena setiap ada acara aku pesen sama bu Hardy, maka untuk kesekian kalinya aku memberanikan diri membuat sendiri kue lumpur untuk pengajian RT di rumahku. Setelah diajarin ama Bu Hardy aku akhirnya bisa juga bikin, berikut aku tulis resepnya

Kue Lumpur

Kue Lumpur

Kue Lumpur

Bahan:
-Tepung 180 gram
-Kentang 1/2 kg
-susu 350 ml
-margarin 140 gr
-Santan 150 ml
-gula 180 gr
-telur kuningnya aja 4 (pake telur bebek lebih bagus)
-kismis

Cara Membuat
1.Rebus kentang buang kulitnya kemudian blender beri sedikit air
2.cairkan mentega biarkan hingga dingin
3.masukkan tepung, kuning telur dan santan kemudian mixer, masukkan gula dan susu.
4.masukkan kentang yang telah diblender dan masukkan margarin cair yang telah mendingin lalu kembali mixer hingga kurang lebih 20 menit
5. Setelah benar-benar pas adonannya oleskan diatas cetakan margarin cair lalu nyalakan api kecil
6. Cetak hingga bener-bener matang lalu angkat dan hidangkan dengan teh panas

Selamat Menikmati

Pepes Ayam

Posted: February 10, 2014 by Eva in Artikel, Kuliner
Pepes Ayam

Pepes Ayam

Setelah punya presto, aku sekarang rajin bikin pepes, salah satunya adalah bikin aneka pepes dan botok. Pepes yang aku bikin diantaranya adalah pepes ayam, pepes ikan mas dan bothok. Berikut ini aku tulis resep masakan Pepes ayam yang merupakan resep dari kakaku teh jijah di sukabumi.

Pepes Ayam

Bahan
-Ayam dada atas separo/ 1/2 kg
-Daun Pisang
-Kemangi
-salam
-Daun Pisang
Bumbu yang dihaluskan
-5 siung Bawang merah
-5 siung Bawang Putih
-jahe
-kemiri
-merica
-garam
Bahan yang diiris
-sereh digeprek terus diiris
-bawang daun
-cabe merah

Cara Membuat
1. Cuci ayam dengan bersih, tiriskan
2. Blender bumbu yang dihaluskan
3. Tumis bumbu yang dihaluskan, lalu masukkan ayam dan aduk-aduk
4. Setelah dingin masukkan bahan yang diiris, salam dan kemangi
5. Bungkus dengan menggunakan daun pisang
6. Kukus dalam presto kurang lebih satu jam
7. Angkat dan tiriskan lalu hidangkan dengan nasi panas dan sambal

pepes ayam satuan-kcl

Selamat menikmati

Mencoba Masak Rendang Ayam

Posted: April 26, 2013 by Eva in Kuliner

Udah lama banget aku gak menulis tentang masakan di blog ini. Semalam mas Arif minta dimasakin ayam yang kayak pernah dibelinya di rumah makan padang. Aq agak bingung juga karena belum pernah nyoba, setelah ta pikir-pikir aku inget bahwa dulu aku pernah dikasih buku masakan oleh Ratna yang diedit oleh Aisyah dan Irul terbitan Pustaka Alvabet.

Buku itu berjudul 50 Rendang yang merupakan panduan dan cara praktis membuat rendang. Setelah aku baca, akhirnya aku menemukan ide untuk memasak rendang ayam bumbu kental yang ada di halaman buku itu.

Buku Resep terbitan Pustaka Alvabet

Buku Resep terbitan Pustaka Alvabet

Pagi-pagi aku beli ayam dan mulailah memasaknya. Berikut aku tulus bahan-bahan dan cara memasaknya.

Rendang Ayam Kental
Bahan-bahan
1/2 kg ekor ayam (dipotong 6)
5 siung bawang putih (diblender)
5 siung bawang merah (diblender)
2cm kunyit (diblender)
2cm lengkuas (diblender)
2cm jahe (diblender)
15 biji cabe rawit (diblender)
5 Helai daun jeruk
2 batang serai (dikupas, digeprek)
1 biji kelapa diambil santannya atau diganti Kara
1 Helai daun kunyit
kaldu ayam secukupnya
garam secukupnya
gula secukupnya

cara memasaknya
1. Tumis bahan yang telah diblender hingga berminyak
2. Kemudian masukkan santan, daun kunyit, daun jeruk, dan ayam
3. Masukkan hingga ayam empuk dan kuahnya kental
4. Siap untuk dihidangkan

Hasilnya seperti ini nii

Ini hasilnya Rendang Ayam Kental

Ini hasilnya Rendang Ayam Kental

Jusami, Waktu buat Keluarga

Posted: January 29, 2012 by Eva in Kuliner

Jus apa yang paling enak? saya pasti menjawabnya dengan Jusami apa itu? Jusami adalah singkatan dari Jumat Sabtu Minggu, dimana saya menikmati hari libur setelah bekerja selama tiga hari yatu, selasa, rabu, kamis. Sebenarnya masih ada hari senin waktu libur, tapi biasanya kalau hari senin, aku sama mas arif suka pergi keluar atau sudah sibuk dengan kegiatan lain berkaitan dengan usaha, maupun kebutuhan lainnya.

Nah, setelah melewati kamis sore, saya biasanya senang dan bergembira, karena jumat paginya bisa jadi bangsawan, alias bangsa tangi awan hahaha. Biasanya jumat pagi aku bangun, habis sholat langsung ke dapur. Aku betah berada lama di dapur karena dapur itu tempat berkreasi aneka macam masakan.

Dapurku tempat berkreasi

Dapurku tempat berkreasi

Pisang Bakar Coklat

Biasanya kalau pagi kita sarapannya pisang bakar coklat. Kita berdua gak suka sama roti karena gak tahu ya, kurang pas, mas arif lebih suka gethuk atau pisang. Kalau gethuk biasanya beli di yang lewat, kalau pisang bakar biasanya saya bikin sendiri, meniru teh neng a iwan di sukabumi yang suka bikin pisang bakar. Bikinnya juga gampang, panaskan wajan, beri mentega sedikit, watakan mentega hingga meleleh, terus masukkan pisang bangka, potong dua dan masukkan dalam wajan hingga berwarna kecoklatan, angkat dan taburi dengan coklat ceres.

Pisang Bakar Coklat

Pisang Bakar Coklat

Telur Bumbu Bali

Jumat ini aku masak yang simple aja, kebetulan masih banyak telur di kulkas, jadi hari ini saya aku bikin telur bumbu bali. Stok sayuran belum ada, karena Jumat saya belum belanja ke tukang sayuran langganan, biasanya saya masak bahan yang tersedia, kebetulan kamis kemarin beli tempe dan dimasukkin ke tupperware jadi masih bagus buat di orek.

Telur bumbu bali

Telur bumbu bali

Cara bikin telur bumbu bali juga sederhana dan cepat.

BAHAN:

* 4 butir telur ayam, rebus
* 1 ruas jari leng-kuas, memarkan
* 2 lembar daun jeruk
* garam dan gula pasir secukupnya
* 2 sendok makan minyak goreng

BUMBU HALUS:

* 5 buah cabai merah
* 4 butir bawang merah
* 2 siung bawang putih
* 1 buah tomat
Kalau malas ngulek blender aja,

CARA MEMBUAT:

1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas dan daun jeruk hingga harum.
2. Masukkan telur, garam, dan gula pasir, masak hingga matang. Angkat dan saji-kan sebagai lauk lontong.

Tempe Orek

Sebagai sajian pendamping saya bikin tempe orek, tempe ini aku suka bikin sejak masih tinggal di Condong Catur Jogja.

Tempe Orek

Tempe Orek

Cara membuat tempe orek
1 kotak tempe,iris kecil kecil.
Bumbu:
3 butir bawang merah,rajang halus
2 siung bawang putih,rajang halus
3 buah cabe merah,iris serong
2 lembar daun salam, dan dua lembar daun jeruk
1 cm lengkuas
100 gr gula merah,iris halus
2 sdm kecap manis
garam secukupnya
minyak goring
Cara membuat:
• Goreng tempe sampai agak kering. Sisihkan.
• Di wajan masukkan sedikit minyak, tumis cabe, bawang merah, bawang putih ,lengkuas dan daun salam sampai harum dan agak kering.
• Masukkan gula merah, aduk kembali hingga gula larut. Masukkan garam, kemudian masukkan kecap, sambil terus dicampur dengan semua bumbu.
• Masukkan tempe yang telah digoreng, sambil terus di aduk hingga rata.

Pisang Keju

Pada hari Sabtu seperti biasa setelah bangun, langsung bikin minum teh manis dan pisang bakar. Tapi hari ini coklat ceresnya habis jadi pake keju parut. Habis sarapan pisang, biasanya aku mencuci dan beres-beres rumah dan merawat tanaman.

Pisang Keju

Pisang Keju

Soto Ayam Bening

Kalau sabtu biasanya aku masak agak berat, hari ini aku bikin soto bening. Pagi-pagi sebelum masak, aku belanja ke tukang sayur untuk belanja kebutuhan masak soto ayam bening.

Soto Ayam Bening

Soto Ayam Bening

Bahan :
1/4 kg dada
1 liter air
3 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas digeprek
1 sachet masako rasa ayam
1 sdm garam
2 sdt gula pasir
Bumbu halus :
4 butir bawang merah
3 butir bawang putih
½ sdt merica, pala, kayu manis
Bahan pelengkap :
Soun, tauge, kol, daun bawang, jeruk nipis, bawang merah goring, saus sambal, kecap manis, dan saambal cabe rawit.

Cara Membuat :
Gongso bumbu halus hingga mengharum, masukan ayam aduk hingga menyerap dan ayam mulai sedikit matang. Masukan daun jeruk, masako, garam, gula pasir dan ayam.
Setelah ayam matang dan empuk lalu diangkat, pisahkan ayam dan kaldunya.
Ayam diggoreng hingga kecoklatan, lalu ayam di suwir-suwir.
Kaldu ayam dipanaskan lagi, masukan, aduk, didihkan lagi.

Masukan suwiran ayam ke dalam kaldu

Masukan suwiran ayam ke dalam kaldu

Penyajian :
Susun didalam mangkok, kol, soun, kentang goreng, tauge, daun bawang, ayam suwir, dan siram dengan kuah soto lalu taburi dengan bawang goreng, sajikan dengan saus sambal, sambal cabe rawit, jeruk nipis dan kecap manis.

Sayuran pelengkap soto disajikan terpisah

Sayuran pelengkap soto disajikan terpisah

Mangut Lele

Sedangkan pada hari minggu, aku masak Mangut Lele yang merupakan masakan Jawa Timur. Mas Arif suka banget sama mangut lele dan lele goreng, kalau gak bosan aku dua minggu sekali masak lele. Selang seling saja sama masakan yang lain.

Mangut Lele

Mangut Lele

BAHAN:
– ½ lele, buang isi perutnya, buang patilnya, cuci bersih dan dikerat-kerat
– 250 ml santan kental
– 1 batang sereh, dimemarkan
– 2 sendok makan gula putih
– cabe rawit dan daun kemangi
BUMBU HALUS:
– 5 siung bawang merah
– 5 siung bawang putih
– 3 cm jahe
– 3 cm lengkuas
– 3 cm kunyit
– garam secukupnya

CARA MEMASAK:
– Lele digoreng kering
– bawang merah, siung bawang putih, cm jahe, lengkuas, kunyit di ulek sampai halus, kemudian di tumis dengan api kecil. Setelah harum masukkan masukkan 250 ml santan kental dan 1 batang sereh yg sudah dimemarkan. Aduk jangan sampai pecah. Masukkan 2 sendok makan gula putih dan garam secukupnya. Masukan daun kemangi, cicipi bila perlu. Setelah mendidih masukkan lele yang telah digoreng kering dan beberapa cabe rawit. Biarkan beberapa saat dengan api kecil

Setelah lele mangut matang, makannya sama bakwan jagung dan sambal.

Bakwan Jagung

Bakwan Jagung

Habis masak, acara hari minggu ini banyak, karena aku harus membersihkan rumah, ngepel, nguras akuarium dan nyetrika. Kayak sekarang ni, nulis blog mulai sore menjelang malam, karena habis ini aku mau nyetrika, jadi setrikaanku sudah menanti. Semoga kegiatanku di akhir pekan ini berguna yaa, Selamat wiken teman, semoga besok aku bisa puasa hari senin, kalau gak jadi puasa, rencananya pengen berenang….

Heppy Wiken….

Mencari Oleh-oleh

Posted: June 28, 2011 by Eva in Kuliner

Alhamdulilah, hari ini selesai semua kerjaan, lega banget rasanya dan udah gak sabar pengen nulis di blog setelah hampir sebulan lebih gak mampir di blog tercinta ini. Nah sebenarnya udah lama aku ingin berbagi tentang makanan favoritku ketika aku membeli oleh-oleh buat pulang kampung.

Pertama kali beli roti bolen mayasari ini waktu aku pertama kali mampir ke sebuah bakery di jalan deket daerah durentiga pasar minggu, kalau dari daerah Pancoran tempatnya setelah lampu merah duren tiga kiri jalan, disitu ada bakery/toko kue dan camilan Mayasari. Tahun 2008 kalau gak salah pertama kali aku mampir kesana dan membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah baik itu rumah di Pamulang, ataupun di Sukabumi, dan sampai sekarang udah empat tahun berselang aku masih setia memesan roti mayasari.

Roti Mayasari (bolen)

Roti Mayasari (bolen)

Ada aneka macam rasa roti pisang (bolen) mayasari ini. Diantaranya adalah rasa durian, coklat, keju, tape, dan rasa kacang. Hal ini menjadikan roti mayasari banyak pilihan untuk dipesan, menyesuaikan dengan rasa kesukaan anda.

Tapi yang paling aku suka dari aneka macam rasa di atas adalah roti rasa keju, khususnya keluarga dari sukabumi mereka senang sekali jika aku pulang bawa oleh2 roti mayasari rasa keju. Saking seringnya aku bawa kadang aku sampai bingung mau bawa apalagi kalau pulang kampung selain bawa roti mayasari.

Roti mayasari lima rasa

Roti mayasari lima rasa

Roti mayasari ini adalah asli roti buatan Bandung. Kebetulan waktu aku ada tugas ke Bandung aku pernah datang langsung ke pusat toko ini,wah seneng banget rasanya, tepatnya di deket rumah makan Ampera dekat pusat Ex-Trans Bandung.

Tapi kini di toko Mayasari tidak hanya menjual roti bolen aja, ada juga kerupuk setan. Di mana kerupuk ini puedess banget rasanya. Aku suka banget dengan kerupuk ini dan pernah beli beberapa kali, meski mas arif tidak begitu menyukainya.

Kerupuk Setan

Kerupuk Setan

Nah, ada satu lagi makanan yang belakangan menjadi favoritku saat makan, yang ini bukan oleh- oleh lho, ini makanan biasa yang menjadi teman makan kalau tidak ada sambal. Namanya abon cabe ninoy. Ada tiga macam rasa abon yaitu rasa cabe, rasa teri dan rasa bawang.

Dari ketiga macam rasa itu aku paling suka sama yang namanya abon cabe rasa teri bawang, wah enak banget deh sampe cepet abisnya. Tapi kalau yang rasa cabe doang kurang aku suka. Nah ketiga makanan itu adalah makan favoritku baik untuk oleh-oleh maupun untuk di makan sendiri. Semoga bagi pembaca yang bingung mencari oleh-oleh di Jakarta, makanan ini bisa menjadi alternatif pilihan.

Abon cabe Ninoy

Abon cabe Ninoy

Bubur Candil Ketela Rambat

Posted: April 14, 2011 by Eva in Kuliner
Bubur Candil ketela rambat

Bubur Candil ketela rambat

Aku mendapat resep ini dari Bu Hardi, tetanggaku depan rumah yang sering bikin bubur candil. Aku pernah dikasinya dan setelah kucoba ternyata enak. Akhirnya aku bikin sendiri. Bubur ini juga sering aku bikin kalau lagi hari libur sabtu atau minggu dan ada temen atau saudara yang datang.

Mas Arif juga seneng ama bubur candil ini, kalau bikin pasti dimakannya sampai abis. Aku juga senang sebagai makanan selingan. Rencananya pada bulan puasa nanti mungkin bakalan sering bikin bubur ini karena bikinnya juga gam

Bubur candil ketela rambat
250 gr ketela rambat potong kecil-kecil atau segi empat
50 gr tepung kanji
100 ml air
200 gr gula jawa / gula merah
500 ml air
Saus santan:
500 ml santan
½ sdt garam
1 lbr daun pandan.
Cara pembuatan

Kupas ketela rambat, cuci bersih, potong dadu. Masukkan satu liter air dan Rebus ketela rambat yang telah dipotongi sampai empuk kurang lebih 15 menit, kemudian masukkan gula yang sudah dicairkan, setelah itu tepung kanji diberi air dulu atau dicairkan kemudian masukkan dalam panci berisi rebusan ketela rambat. Aduk-aduk hingga merata sampai kental dan matang. Setelah matang buat saus santan secara terpisah. Rebus santan di panci terpisah dengan dikasih garam dan daun pandan. Lalu tiriskan

Cara mengidangkan
Tuangkan bubur yang kental ke dalam mangkok, terus tuang santan. Hidangkan selagi panas.
Selamat menikmati

Maaf, fotonya kecil, soalnya diambil dari BB

Aku Suka Banget Asinan

Posted: September 24, 2010 by Eva in Kuliner

Hari ini tidak seperti biasanya aku rajin banget, dari semalam memang udah rencana kalau pagi ini mau bikin asinan. Selama ini aku makan asinan suka di beri sama teh Ida istrinya pak Ujang yang memang pintar dan enak bikin asinan, rumahnya di depan rumahku. Tapi hari ini aku pengen nyoba bikin sendiri.

Bahan Asinan Bogor

wortel
ketimun
kol
tauge
nanas
bengkoang
kacang bawang

Bumbu asinan
gula pasir
cuka
garam
terasi bakar
air hangat
cabe lombok
cabe rawit

Cara membuat
ulek cabe dan garam, kemudian masukkan ke wortel,bengkoang,nanas, ketimun dan kol yang sudah diris tipis-tipis, kemudian taburkan gula pasir dan cuka secukupnya, aduk -aduk hingga semua bahan bercampur, biarkan 15 menit sampai bumbu meresap dan keluar airnya. Setelah itu rasakan apakah sudah pas bumbunya atau belum. Tambahkan air hangat secukupnya dan tambahkan kacang goreng. Simpan di kulkas dan makan saat dingin.

Asinan bogor anda siap disantap selagi dingin bisa dimakan dengan krupuk juga enak, kata mas Arif Mak Nyosssssssssss manis dan pedasnya kerasa.

Setelah jadi siang tadi asinan kubagiin ke tetangga kiri kanan dan depan tidak lupa ama gurunya yang biasa bikin asinan teh ida hehehe, aku sendiri udah habis dua mangkuk dan semoga tidak atit iyut hiks hiks…

Selamat mencoba bikin asinan

Salam maknyossss

Asinan bikinanku

Asinan bikinanku

Resep Akhir Pekan 23 februari 2008

Posted: February 27, 2008 by Eva in Kuliner

3 menu

 Akhir pekan adalah waktu yang menyenangkanbuat kami sekeluarga. Aku dapat resep dari mamanya Keny teman kantorku. Karena hari minggu aku senam, aku sengaja masak banyak buat dua hari. Ada yang mau coba, silahkan!

Bakwan Jagung

Bahan:

Jagung Manis 2 bh disisir dengan pisau.

Daun bawang 1 batang iris halus.

Bawang putih 1 bh haluskan

Telur ayam 1 bh

Tepung Terigu 6 sdm

Soda Kue 1/2sdt

Air 50 cc

Gula pasir 2 sdt

Garam 1/2 sdt

Merica.

cara membuat:

Jagung manis yang sudah disisir ditumbuk setengah hancur.

Campurkan jagung manis, bawang putih halus, telur ayam dan daun bawang aduk rata, tambahkan tepung terigu gula, garam, merica aduk tambah air, terakhir sebelum digoreng tambahkan soda kue, aduk dan goreng sesendok demi sesendok sampai selesai.

Goreng dalam minyak banyak dan api sedang sampai kecoklatan.

Ikan Tuna Bumbu Kuning

Bahan:

10 potong daging ikan tuna (1/2 kg)
10 bh cabe merah
5 bawang putih
10 bawang merah
1 ruas jari jahee
1 bh tomat, potong-potong
Garam secukupnya
½ sdt gula pasir
½ sdt kaldu bubuk
2 gls air
1 genggam daun kemangi

Cara membuat:

  • Kukus ikan sampai empuk ± 1-2 jam atau bisa juga direbus berulang kali bersama sereh , daun salam, lengkuas, jahe, garam selama ± 2 hari.
  • Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe merah dan jahe.
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum, masukkan potongan tomat, garam, gula pasir dan kaldu, didihkan.
  • Masukkan ikan yang sudah dikukus atau direbus, didihkan lagi, terakhir masukkan kemangi, masak lagi tapi jangan sampai daun kemanginya layu, angkat.

Sambal

Bahan yang di haluskan
10 siung bawang merah
10 siung bawang putih
500 gr cabe merah

Bahan yang di haluskan
100 ml minyak goreng
1 sdt garam

Cara membuat
1. Panaskan minyak, masukkan bahan yang dihaluskan, aduk2 sampai sambal berwarna matang dan minyak cabe keluar
2. Masukkan garam, aduk, angkat

Es Buah Tralala

Posted: September 19, 2007 by Eva in Kuliner

es-buah.jpg (more…)

Resep Favorit Bulan Puasa

Posted: September 19, 2007 by Eva in Kuliner

cumi-hijau.jpg
Resep Favorit Bulan Puasa

Bulan puasa kali ini adalah bulan puasa kedua yang aku lewati bersama suamiku. Ada menu special seperti tahun tahun sebelumnya yang sangat aku suka.

Ada satu hal yang menjadi pelajaran dari puasa- puasa sebelumnya agar kita tidak lemas setelah berbuka. Jangan sampai kayak iklan sebuah rokok “Siang Dipendam, Malam Balas Dendam” kami sekeluarga diusahakan jangan makan-makan yang berat dulu seperti es atau langsung makan nasi saat buka puasa. Pertama kali minumlah segelas air putih seusai kita membaca do’a berbuka puasa. Setelah itu makanlah kudapan ringan seperti kurma, kue atau gorengan

Nah, selama ini aku suka banget bikin pisang goreng coklat atau pisang keju, cara membuat
a. Resep Pisang Goreng Cokelat Keju
Bahan:
1. 1 sisir pisang raja ukuran kecil
2. Sepuluh potong kulit lumpia
3. Mentega secukupnya
4. 1 sdm tepung terigu larutkan dengan 2 sdm air untuk perekat
5. Minyak goreng

Cara Membuat
1. Kupas pisang, kemudian belah dua
2. Lumuri pisang dengan mentega kemudian taruh diatasnya keju atau coklat
3. Ambil selembar kulit lumpia, masukan dan gulunglah pisang, tekuk kedua sisinya, gulung, rekatkan ujungnya dengan larutan terigu, sisihkan.
4. Panaskan minyak goreng, masukkan beberapa buah pisang yang sudah dibungkus lumpia, goreng sampai kering kecokelatan. Angkat, tiriskan, sajikan dalam keadaan hangat.
Nah habis bikin goring pisang, biasanya kami minum es buah, karena kami bikin sendiri menunya kami menamakan es buah ini adalah es buah campur TRALALA dijamin deh rasanya enak banget. Nanti resepnya aku bikin terpisah 

Nah, abis minum es, sholat dulu, baru habis itu baru makan. Jangan lupa saat bulan puasa, makanan saat buka dan sahur harus dibedakan. Saat buka boleh makan2 yang berat seperti opor ayam, aneka masakan ikan, dan sayuran. Sedangkan untuk makan sahur buatlah masukan yang segar dan berserat seperti sayur asam, sop, bayam dll. Berikut adalah masakan favorit.

Makanan Favorit
Cumi Asin Cabai Hijau
Disajikan Untuk : 5 Orang

Bahan-Bahan :
3 sendok makan minyak
200 gram cumi telor asin, seduh dengan air panas, tiriskan
4 siung bawang putih, iris tipis
8 siung bawang merah, iris tipis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
10 buah cabai hijau, iris serong
3 buah tomat hijau kecil, belah-belah
2 batang daun bawang, ambil bagian putihnya, iris serong
4 buah belimbing wuluh, iris ukuran 1/2 cm
10 butir petai, belah jadi 2, iris tipis
1 sendok makan gula pasir
100 cc air
1/2 sendok teh garam

Cara Mengolah :
1. Panaskan minyak yang cukup banyak, lalu masukkan cumi, goreng hingga setengah matang, angkat, sisihkan.

2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, lalu masukkan daun salam, lengkuas, cabai hijau, tomat hijau, daun bawang, belimbing wuluh, petai, dan gula, aduk rata, masak hingga layu.

3. Masukkan cumi tadi, aduk rata, lalu tambahkan air dan garam, aduk rata, masak hingga matang dan kental, angkat.

4. Sajikan Hangat

Oke deh, ini ceritaku di minggu pertama bulan puasa. selamat berbuka puasa ya…..

lumpia Mini

Posted: July 25, 2007 by Eva in Kuliner

Lumpia Mini

Bahan:
20 lbr kulit lumpia ukuran kecil
1 sdm tepung terigu larutkan dengan 2 sdm air untuk perekat
Minyak goreng

Isi:
2 sdm minyak untuk menumis
2 siung bawang putih, cincang halus
3 bh bawang merah, cincang halus
150 gr udang kupas, cincang kasar
150 gr daging ayam rebus, potong dadu kecil
150 gr rebung kalengan, tiriskan, iris korek api
25 gr udang kering, rendam air panas hingga lunak, tiriskan
1 btg daun bawang, iris halus
1 sdt garam
1 sdt lada bubuk
50 ml air

Cara membuat:
1. Buat isi: panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan udang cincang, aduk sampai berubah warna.
2. Masukkan ayam, rebung, udang kering, dan daun bawang, bubuhi garam dan lada, tuang air, ratakan, masak sampai matang dan kering, angkat.
3. Ambil selembar kulit lumpia, beri 1 sdm adonan isi, gulung sedikit, tekuk kedua sisinya, gulung, rekatkan ujungnya dengan larutan terigu, sisihkan.
4. Panaskan minyak goreng, masukkan beberapa buah lumpia, goreng sampai kering kecokelatan. Angkat, tiriskan, sajikan dengan acar mentimun.

Untuk 20 buah

Tempat Makan Enak di Jakarta

Posted: July 19, 2007 by Eva in Kuliner

Dear Teman-teman, aku punya referensi tempat makan yang enak-enak di Jakarta, ini aku dapat dari jalansutra dan juga pencarianku. Selamat makan ya…………..

Alamat Restoran yang menghidangkan Makanan Enak di Jakarta

CAKE and BREAD

RAVINO PATISSERIE, Jl. Raya perjuangan – Ruko Graha Mas B18, Kebun
Jeruk
Jakarta Barat Telp. 530-3360

Kue coklat Maison Benny, Jl. Cikini, dekat TIM
Pistales SMA III, Jl. Setia Budi
Kue Tradisional Ny. Ali, Jl. Kramat Pela
Toko Kue TV Jl. Cikajang:

BAKMI / BAKSO / YAMIN

Bakmi Mie Kita, Ruko Piazza Venesia, Jl. Trocadero 110 Lippo
Karawaci Utara,
telp 021-5576-1777

Bakmi Udin, Jl. Besuki, deket SD Besuki, Menteng
Bakso / Mie Bakso Jl. Tanjung
Mie Ayam Gang Kelinci: katanya sih yang enak di Gang Kelinci Ps. Baru
Bakmi Ps. Cikini
Bakso Komplek IKJ, deket Bioskop 21:tongkrongannya anak-anak IKJ
Bakso / Siomay LIA Pramuka
Bakso Matraman, di Jl. Matraman Raya, sebelahnya SD Marsudirini: Es
Durennya
Mie deket gereja, depan PARKIT, Sabang
Bakmi Tropik, Ambassador Mall, Jl. Casablanca
Mie Lomie, Karet: hati-hati ada *****-nya
Baso Lapangan Tembak, Senayan
Mie Ayam Buncit, di Jl. Warung Buncit
Mie Engkoh, depan Komp. Pertanian Ps. Minggu
Bakso Titoti, dari Pancoran kira2 400m dari Goro sebelah kiri jalan
kebon jeruk depan SMP 75
Bakmi Boy, Ps. Mayestik, Jl. Cikajang
Bakso Bola Tenis, dekat Lapangan Blok S (malam)
Bakso/Siomay Blok S, depannya RS Kebayoran: eh..Es Podengnya enak juga
Bakso Titoti Pasar Minggu, depan TK Pak Kasur
Bakmi Pangsit depan RSB Asih, Melawai (BARU)
Bakmi Permata, Permata Hijau-dekat Tops Supermarket, Wisma 46 Kota
BNI Lt.2
Cwie Mie Malang (HCM) di Arteri Simatupang
Baso Tirta Marta Pondok Indah, depannya Sekolah Tirta Marta: Mie
Ayam dpn
gardu juga enak
Mie Yamin Tri-M Pondok Indah, pdi pertokoan dekat Ora et Labora PI
Bakmi Villa, belakang Villa Cinere Mas, Jl.Karang Tengah, Cinere
Mie ceker bandung JL. Sambas, Jl. Tebet Barat Raya. pesen mi ceker yamin
hummm…enakkkkkkk

AYAM GORENG / BAKAR

Ayam Goreng Pemuda, Jl. Surabaya, Menteng; Casblanca
Ayam Bakar perempatan, Jl kebon jeruk
Ayam Bakar Menteng, seberang Menteng Plaza
Pecel Ayam Bu Bambang, Ps. Benhil
Ayam Bakar Jl. Denpasar, Kuningan, dari Casablanca sebelah kanan jalan
(BARU)
Ayam Berkah, Blok M belakangnya SMP 56: yang enak yang tenda kuning,
Ayam Taliwang, Tebet; Jl Wolter Monginsidi; Jl. P. Polim samping
Apotik Jaya
Ayam Bakar SoGO (Somay Gope’) sebelum Hero Kalimalang, kiri. Dari
arah Halim
Ayam Bakar Gantari, sebelah Blok M plaza adannya di pinggir jalan.
Ayam Bakar di Bioskop Metrropol, deket RSCM, sambelnya enak.

BUBUR AYAM

Bubur Ayam Cikini, depan KFC (malam)
Bubur Ayam bang TATANG, Rawa belong
Bubur Ayam ex depan ALFA, meruya.
Bubur Ayam Jl. Tanjung, Menteng
Bubur Ayam Cideng, Ps. Cideng Tanah Abang (malam)
Bubur Ayam Sukabumi, Tebet
Bubur Ayam Senayan, yang enak yang di depan Istora, Mobil Ijo
(Minggu pagi)
Bubur Ayam depan RS Pondok Indah (pagi)
Bubur Ayam Sawangan, depan Polsek Sawangan, Cinere (pagi)
Bubur Ayam Barito, depan makam jl. Barito

NASI GORENG

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih (malam)
Nasi Goreng Bumen Jaya, Jl pejompongan
Nasi Goreng Jl. Lembang, Menteng: jangan salah pilih cari yang rame
Nasi Goreng Jl. Lombok, Menteng (Ada Ayam Malaya, Kuluyuk, dll)
Nasi Goreng Sosis, seberang Lippo Menteng depan Nanaban Tei
Nasi Goreng Sea Food Cikini, dekat KFC
Nasi Goreng Kambing Bakti, dekat Senopati, masuk dari Pom Bensin
Senopati
Nasi Goreng Pekalongan, Jl. Fatmawati, Pondok Labu, depannya ex.
Circle K
Nasi Goreng Jl. Daksa: (tau deh sekarang masih buka apa ngga…?)

NASI UDUK / WARTEG

Nasi Uduk Mas Miskun, Jl. Kramat Raya, dekat Hotel Acacia
Nasi Uduk Gondangdia, di bawahnya Fly Over Kereta Jl. Gondangdia Lama
Nasi Uduk Babe Saman, Jl. Kebon Kacang II, kalau nggak salah
Nasi Uduk Rawa Mangun, dekat Terminal Rawamangun
Nasi Uduk Spesial Jl. Kali Malang, deket terminal, dekat perempatan Jati
Bening
Warteg Warmo, Tebet: setiap orang pasti tahu
Nasi Uduk Dikun, depan Komp. Pertanian, Ps. Minggu
Warteg Setia, Jl. Fatmawati, depan Ps. Mede: tempat makan selebriti

SEA FOOD

Sea Food Rawamangun, deket Ps. Rawamangun
Sea Food 99, Kp. Melayu, dekat RS Mitra Keluarga
Ikan Tude, Jl. Blora
Sarang Kepiting Jl. Gunung Sahari deket Ancol, sebrangnya Novotel
Mangga2
Sea Food di Pertokoan Bintaro Sektor 9, belakang Mc Donald Sektor 9
Sea Food depannya Bunderan PSKD IV Blok M
Sea Food Baruna, pojokan depannya Balemang Caf?
Sea Food Muara Angke: bisa beli Ikan (milih sendiri) dan minta bakarindisana.

SATE

Sate Kambing Muda, bintaro (perempatan bintaro, gerbang bintaro) top banget
Sate Kambing Jalan Karawang (makan siang) kalo bingung cari teriak Buyung aja
Sate Ayam bunderan Kolam Lembang
Sate Kambing pojokan jalan Sabang, depan kantor Polisi: ngantri selalu
Sate Kambing Ny. Semarang, Megaria/Metropole
Sate Kambing Jono, Jl. Pejompongan
Sate Pancoran, Jl Raya Ps. Minggu, deketnya ILP
Sate Kambing Bu Yanti, Duren Tiga
Sate Blok S, tetanggaan ama Baso Blok S, depan RS Kebayoran
Sate Cikajang, Ps. Santa
Sate Apotik Jaya, Panglima Polim
Sate Ayam Jl. Samba
Sate Ayam depan RS Pertamina: uenakk!
Sate Hadori, Jl. Bangka, cabangnya Bandung:
Sate Ayam di pertokoan Pondok Indah Plaza (Pertok), (malam)
Sate Tri-M Pondok Indah, di pertokoan deket Ora et Labora Pondok Indah(siang)
Sate Kambing Pak Haji Jl. Karang Tengah, dekat perempatan Lb. Bulus(Hero Lb Bulus) – Kr.Tengah

STEAK

Steak Cemara Art & Curio, Jl. Cemara
Steak Jakarta Steak. Meruya
Steak di dalam pelataran Komplek Taman Ismail Marzuki IKJ
Steak 41, Jl Tendean, sebelahnya Golden Truly
Steak Rollies, di Kampung Tenda Semanggi: Chicken Steak nya enak,murah lagi
Bebek Balap, di Tenda Bis Tingkat Semanggi
Abuba (Abu Bakar), Cipete: awas banyak asep! Kemang Steak, Jl. H. Nawi
Steak Lokananta Terrace Resto, Panglima Polim II / 2. Samping RS
Bersalin Asih.

GULAI / TONGSENG

Deket Mesjid Sunda Kelapa banyak yang gerobaknya
Sepanjang Jalan Karawang, hati-hati dikerubutin calo makanan (
Jl. Mendut, deketnya Prambors, pas tikungan deket KONTRAS

SOTO / SOP

Sop Buntut, deket Mesjid Cut Mutiah, siang doank, kadang-2 jam 13.00
udah
> abis
> Soto Mie Jl. Cilacap, Menteng
> Soto Mie YPK, depan RSB YPK, Jl. Gereja Theresia
> M. Soleh Kumis 999, Jalan Blora
> Soto Madura Ps. Baru, di pojokan seberang jalannya Mesjid Istiqlal
> Soto Mie Jl. Lautze, Ps. Baru
> Soto Madura Gubeng, Jl. Juanda, Sebelah Bank Mandiri (d/h Bank Exim)
> Sop Buntut-nya Hotel Borobudur
> Coto Makassar Kelapa Gading, Jl. Boulevard
> Soto Betawi, tembusannya jalan Minangkabau
> Soto Gebrak, di Lapangan Ros Tebet, yang enak tikungan, deketnya
tukang Ban
> Sop Konro, Makasar, di Jl. Lap Ros Tebet, awas ngantri
> Sop Kambing Irwan, seberang RSB Asih, Melawai
> Soto Kudus Blok A
> Soto Ayam UKI Cawang letaknya di tengah lapang, agak terperosok ke dalam
> Soto/Sop Ayam By Pass, di prempatan depannya Samsat Cipinang, yang
ke arah
> tembusan Otista, sebelah kiri setelah lampu merah
> Soto Ayam Ambengan Surabaya, Jl. Walter Monginsidi
> Soto Kudus Blok M, Jl. Radio Dalam
> Soto kambing di roxy, namanya ganda rasa, itu enak juga,
> soto mie di lautze itu enak loe.
> MAKANAN DAERAH..!!
>
> JAWA / SUNDA
>
> Pecel Lele, Jl. Juanda depan Bank DKI
> Dapsun (Dapur Sunda), (1) Jl Cipete 200m dari Golden Truly; (2) Jl.
Gatot
> Subroto ex MBAU
> RM. Nikmat Nusantara, jl. Kebon bawang 6/68, tg priok. deketnya
kantor pajak
> jak-ut. Adanya siangdoang. Cobain sop buntutnya deh…. top banget!!
> Dapur Sunda Laksana, sebelah Bakmie GM Melawai
> Gudeg di dalam Ps. Cikini
> Gudeg Mbak Trie, depannya Lintas Melawai Club
> Gudeg Lesehan Blok M, deketnya 5 a sec Blok M, Jl. Panglima Polim
> Gudeg Lesehan deketnya Hotel Melawai: Sorry disini juga banyak
PE..*#%..K
> nya
>
> SUMATERA
>
> Jalan Kramat deket Fly Over Senen, aneka masakan Padang di jual disana
> Sate Padang depan supermarket Tip Top, Rawamangun
> Sate Padang seberang Lippo Menteng
> Sate Padang Goyang Lidah depan C0inere Mall
> Sate Padang Mak Syukur, Food Court Pasaraya Blok M
> Sate Padang, Plaza Pondok Indah,
> Soto Padang Jl. Pintu Air, Ps. Baru
> Restoran Aceh di Ps. Baru, deketnya Antara: Masakannya dicampur pake
> rempah-rempah, termasuk Ganja, tapi ueenaakk
> Rumah Makan Medan Jaya, Gule Kepala Ikan sama Asam: ganja (?) nya Ok
banget
> Ayam Pop RM Sederhana: paling enak sih yang di Sabang
>
> ASIA
>
> Remaja (Chineese), Komp. Mal Kelapa Gading
> Tanpa Nama (Jepang), Jl. Kebun Binatang, Cikini
> Roku-roku (Jepang), sepanjang Jl. Fatmawati (dekat 5 a sec)
> Restoran Trio Jl. Gondangdia Lama sudah top dari jaman opa oma
>
> GADO-GADO / KETOPRAK
>
> Gado-gado Jl. Cemara (dekat Ps. Boplo), bumbunya pake kacang mede
> Gado-gado Jl. Kertajaya, jejeran Jl. Adityawarman
> Gado-gado Jl. Kertanegara
> Gado-gado Jl. Daksa
> Ketoprak Jl. Sunda (dekat Sarinah), deketnya GM sama Inter Studi
> Ketoprak Jl. Borobudur kalo ini deket kantor Divisi Tehnik Masima
> Ketoprak di Lapangan Parkir Pacuan Kuda Pulo Mas
> Ketoprak Atma Jaya, didalem Kantin Kampus Unika Atma Jaya
> Ketoprak STEKPI, dekat lapangan parkir STEKPI
> Ketoprak Jl. Ciragil
> Ketoprak Jl. Cikajang
> Gado-gado Jl. Tanjung
>
> SIOMAY / BAKPAU / LUMPIA
>
> Siomay Dorongan Borobudur
> Siomay Bulungan, depan GOR Bulungan
> Siomay Bandung, Jl Cipete.
> Siomay Senayan, Plaza Senayan Lt. Dasar, dekat Hero
> Bakpau Theresia, dekat kompleks Gereja Theresia
> Lumpia Jakarta, Jl. Pecenongan
> Siomay pas depan Menteng Plaza
>
> PEMPEK / OTAK-OTAK
>
> Pempek Jl. Garuda, Kemayoran
> Pempek Jl. Radio Dalam
> Pempek 76 Jl. Kramat Jati depan Hero Kramat Jati
> Pempek di depan Lapangan Blok S, sebelah salon: Top!!
> Otak – otak Jl. Sangaji, Tanah Abang:mahal oi…tapi es kelapa +
kopyornya
> enak
> Otak-otak deketnya Mesjid Istiqlal: yang jualan pake dorongan
>
> MARTABAK / KERAK TELOR
>
> Martabak Favorit Rawamangun, depannya Apotik Rini Rawamangun / Tiptop
> Martabak Mesir Kubang, Jl. Sahardjo
> Martabak Bandung, di Manggarai Jl. Minangkabau (3A kalau nggak salah
> mereknya)
> Martabak Tendean, di Restoran Mbok Berek Tendean
> Martabak Bandung Fatmawati, dkt Perempatan Cipete, sebelahnya Toko
Karpet
> Martabak Spotlite, (1) Jl. Fatmawati; (2) Jl. Cinere Raya
> Martabak Bandung Blok M, deketnya Duta, Barito
> Martabak Pela, cabangnya martabak Barito
> Martabak Bangka yang deket RCTI, deket toko buah
> Kerak Telor PRJ, pokoknya kalo yang jual orang Betawi pasti enak
>
> TAHU / TOGE GORENG
>
> Toge Goreng PLN Bogor, Top Banget, depannya Restoran Bogor Permai, Bogor
> yang di gubuk sebelah tukang sate
> Tahu Isi Tiptop, Rawamangun
> Toge Goreng Ps. Baru, belakang Metro, Gg. Tua Pek Kong
> Di Jalan Ateri Pondok Indah, sebelon perempatan Komplek KOSTRAD
(sore-malam)
> Di pelataran RuKo Pondok Indah Plaza, biasanya mangkal deket Mc Donald
>
> ES / JUICE
>
> Juice Duren Ps. Cikini
> Es Doger Jl Besuki
> Es Krim Ragusa (Italia), Jl Veteran
> Es Duren Matraman, Jl Matraman Raya
> Es Kelapa / Kopyor – Otak-otak Jl. Sangaji
> Es Doger / Es Kelapa Jl. Karawang
> Es Palu Butung, jualannya di Sop Konro, atau restoran Makasar
> Es Podeng Blok S, temenannya Sate Blok S
>
> ASINAN / RUJAK
>
> Asinan Jl. Kamboja, depan Tiptop Rawamangun, terkenal dari dulu.
> Rujak Ulek/Serut/Juhi di Jl. Sabang depan Robinson
> Di depan Markas KODAM JAK-SEL , dari Jl. Arteri Pondok Indah, yang
mo ke PI,
> pas di perempatan KOSTRAD, belok kiri, * 100 meter sebelah kiri (ada pas
> siang doank)
> Rujak Aceh di Pasaraya Blok M
>
> CAKE and BREAD
>
> RAVINO PATISSERIE, Jl. Raya perjuangan – Ruko Graha Mas B18, Kebun
Jeruk
> Jakarta Barat Telp. 530-3360
>
> Kue coklat Maison Benny, Jl. Cikini, dekat TIM
> Pistales SMA III, Jl. Setia Budi
> Kue Tradisional Ny. Ali, Jl. Kramat Pela
> Toko Kue TV Jl. Cikajang:
>
> ROTI BAKAR
>
> Roti Bakar Edi, terkenal sejak jaman taon 80’an,
> Jln Daksa, ada Nasi Uduk + Ayam, kalo pesen bilang aja, Nasi Uduk Ayam
> Injek-2
> Roti Bakar Wiwied, Jl Fatmawati, dpnnya ATM BCA Fatmawati, deket
Komp.Keu.
> Roti Bakar Pondok Indah, deket RS Pondok Indah
> Roti Bakar di Bunderan PSKD IV Blok M
>
>
> Lain-lain :
>
> Bebek Balap, di Tenda Bis Tingkat Semanggi.
> Kedai Kemangi – Masakan Manado, tempatnya sederhana tapi rasanya
orisinil
> banget, harganya juga sangat bersahabat.. jauh beda sama resto2
manado yang
> ada. Lokasi di Jl. Mampang Prapatan Raya 63C (Seberang Pom Bensin
SHELL atau
> sebelah kanan Pool Blue Bird), ada situsnya http://www.kedaikemangi. com
> Martabak yang enak: Jl. Kemurnian, depan Bakmi Aheng-Kemurnian, Nah
depannya
> martabak juga ada Sop Kambing (enak rek…)
> Rujak Juhi & Rujak Shanghai: di Pancoran-Glodok- Kota dengan Pos Hansip
> (cuma 1)
> Ikan Tim : Proyek Pasar Pagi lantai 1
> Bakmi & Chinese food 24jam: Bakmi Kemurnian
> Sinar Garut : ada dimana2…
> nasi tim – pasar pagi deket pasarnya THE BEST
> roku2 – di deket pom bensin
> terus di jln fatmawati di depannya 5 sec – ada makanan jepang itu enak
> banget dia bukanya jam 6
> Ayam goreng/bakar taliwang Blok S, di tengah!! (cbg 2 di Majestik
antara
> pintu masuk&keluar yg ada tamannya, tenda’an jam 7 malem keatas..)